Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Tas Desainer yang Cocok Dipakai Kapan Saja

Dicintai banyak orang, dimulai dari Ibu Negara sampai bintang Hollywood.

7 Tas Desainer yang Cocok Dipakai Kapan Saja
Courtesy of Bazaar US

Di luar sana ada banyak sekali jenis desain tas, tetapi hanya sedikit yang mampu bertahan melawan waktu, dan tetap sebagai tas must-buy dari musim ke musim. Tas-tas di bawah ini, tidak hanya indah, melainkan juga memiliki ceritanya tersendiri. Mereka dapat memperkaya segala outfit yang dipadankan dengannya, dan bisa dijadikan investasi yang bisa diwariskan secara turun temurun.

BACA JUGA: Aksesori Tas Terbaik dari Panggung Peragaan Mode Musim AW 2022

Dimulai dari tas Gucci yang diganti namanya menjadi Ibu Negara yang stylish hingga Louis Vuitton must-have yang biasa dibawa-bawa oleh Audrey Hepburn, inilah tujuh tas desainer yang tak lekang oleh waktu.

1. Dior Saddle

Courtesy of Bazaar US

Anda tidak perlu menjadi penunggang kuda untuk memahami keindahan tas Dior Saddle. Didesain oleh mantan direktur artistik Dior, John Galliano, tas ini memulai debutnya pada koleksi ready-to-wear Spring/Summer 2000. Para model mondar-mandir di catwalk membawa tas sambil mengenakan rok denim dengan keliman asimetris, atasan memamerkan perut, dan banyak bahan kulit.

Setelah diperkenalkan ke khalayak umum, tas itu mulai bermunculan di mana-mana. Carrie Bradshaw terkenal memakainya pada season ketiga dari Sex and the City. Selebritis awal 2000-an, seperti Paris Hilton dan Nicole Richie, juga sering terlihat menggunakannya. 

Apa yang membuat tas ini sangat diminati, bukan hanya bentuknya yang menarik, tetapi juga dikarenakan tas ini tersedia dalam berbagai motif dan warna. Macan tutul, beludru, monogram, bunga, sutra hijau, pilihannya sepertinya tidak terbatas. Lebih dari dua dekade setelah debutnya, aksesori ini masih dapat langsung dikenali.

Bella Hadid dan Dior Saddle Denim

Courtesy of Bazaar US

Bella tertangkap kamera di New York pada 2017 membawa versi denim dari tas ini. 

2. Hermès Birkin

Bayangkan jika Anda mempunyai tas desainer yang dinamai sesuai dengan nama Anda? Setidaknya bagi Jane Birkin, ini sudah menjadi kenyataan.

Pada tahun 1983, Birkin yang selalu bergaya duduk di penerbangan Air France dan secara kebetulan, Jean-Louis Dumas, CEO Hermès, duduk di sebelahnya. Jane, yang tidak memiliki keranjang anyaman khasnya, mengeluh karena tidak memiliki tas tangan yang cukup besar untuk menyimpan semua barang yang dia butuhkan, sehingga Jean memberikan solusi.

Ia membuat sketsa kasar tas yang bisa menampung lebih banyak barang, dan voila! Tas Birkin lahir, lalu memulai debutnya hanya satu tahun kemudian pada tahun 1984. Tas ini tidak hanya fungsional dan elok untuk dilihat, tetapi juga memiliki nilai jual kembali yang sangat tinggi hampir 200%. Tentu saja tas ini merupakan investasi yang bagus. 

Jane dan Birkin

Courtesy of Bazaar US

Sang penyanyi sekaligus aktris terlihat membawa tas Birkin miliknya ketika berjalan di konferensi pers "Jane Birkin Sings Serge Gainsbourg" di Tokyo.

3. Fendi Baguette

Courtesy of Bazaar US

Tas Fendi Baguette mungkin merupakan tas It terbaik. Tas penuh gaya ini dimulai pada akhir tahun 90-an ketika Direktur Kreatif Aksesoris Fendi saat itu, Silvia Venturini Fendi, menciptakannya sebagai kekagumannya terhadap bagaimana wanita Prancis dengan santainya membawa (roti) baguette di bawah lengan mereka. Anda mungkin pernah melihat tas ini di Sex and the City (ingat episode ketika Carrie dirampok?), serta pada bintang Hollywood yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun. Termasuk Paris Hilton, Gigi Hadid, dan Rihanna.

Di tahun 2022, tas tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke 25 dan masih bisa dibeli hingga saat ini.

Carrie Bradshaw dengan Fendi Baguette Sequin Terbaru

Courtesy of Bazaar US

Versi tas selempang memiliki momennya di sekuel SATC.

4. Louis Vuitton Speedy

Courtesy of Bazaar US

Louis Vuitton Speedy, yang berasal dari tahun 1930, memiliki daya tarik yang jauh dan luas. Tas ini i adalah "must-have" untuk banyak ikon tahun 1960-an, kembali pada masa-masa awal 2000-an, dan masih tetap menjadi tas pilihan bagi banyak bintang Hollywood saat ini. Dihadirkan dalam berbagai ukuran dan gaya sepanjang tahun. Mini, motif ceri, monogram Murakami, berpetak-petak, dan banyak lagi.

Tas serbaguna ini telah menjadi pelengkap outfit permanen.

Audrey Hepburn dan Speedy

Courtesy of Bazaar US

Di sini, Audrey terlihat membawa tas Speedy di bandara bersama putranya Luca. Pada 1960-an, aktris ini meminta Louis Vuitton untuk membuat versi yang lebih kecil, begitulah Speedy 25 dibuat.

5. Gucci The Jackie 1961

Courtesy of Bazaar US

Masuk akal jika salah seorang paling stylish di dunia, Jackie Kennedy Onassis, mempunyai salah satu tas yang paling didambakan dan dinamai berdasarkan namanya.

Awalnya dijuluki Constance, tas berbentuk bulan sabit itu sangat disukai oleh mantan Ibu Negara sehingga dia tidak hanya memiliki satu, tetapi beberapa. Seperti ceritanya, Jackie mengunjungi butik Gucci dan membeli enam langsung di tempat. Setelah dia terfoto dan kerap mengenakannya, Gucci pun memutuskan untuk mengganti nama tas populer ini menjadi "The Jackie."

Meskipun gayanya telah sedikit diubah selama bertahun-tahun. Pada tahun 1999, direktur kreatif Gucci saat itu, Tom Ford, mengganti kuncinya, kemudian pada tahun 2009 Frida Giannini mengembalikan kuncinya tetapi membuat tasnya lebih besar dan lebih jatuh, daya pikatnya masih tetap ada.

Out and About Bersama Jackie

Courtesy of Bazaar US

Jackie dengan "Jackie" miliknya.

6. Chanel Classic Flap Bag

Courtesy of Bazaar US

Sejauh mata memandang Flap bag, dengan tali pengikat rantai khasnya dan penutup double-C, dapat dengan muda dikenali.

Jangan tertukar dengan dompet Chanel 2.55 (berasal dari Coco Chanel pada tahun 1955), yang satu ini dirancang sebagai ode untuk model sebelumnya oleh Karl Lagerfeld pada tahun 1980-an. Tas ini tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, serta telah menjadi favorit selebriti sejak awal perilisannya. 

Flap Bag Chanel di 'Supermarket' Show

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2014, Chanel mengubah Grand Palais di Paris menjadi supermarket apik yang dipenuhi dengan barang-barang pantry sehari-hari yang dihiasi dengan logo double-C khas merek tersebut. Salah satu sorotan dari acara ini adalah flap bag khas Chanel ditata ulang agar terlihat seperti sesuatu yang Anda temukan dikemas di rak toko kelontong.

7. Prada Nylon

Courtesy of Bazaar US

Tidak ada yang seperti tas Prada Nylon. Meskipun gaya ini pertama kali menjadi terkenal di awal tahun 2000-an, tas ini tetap menjadi salah satu tas Prada yang paling dicari hingga saat ini. Dan berkat Prada yang merilis dua versi terbaru pada tahun 2020 (Prada Re-Edition Nylon 2000 dan 2005). Kini semakin mudah untuk mendapatkannya. Tidak perlu lagi mencari melalui situs reseller atau marketplace.

Kendall Jenner dan Prada Miliknya

Courtesy of Bazaar US

Kendall Jenner tertangkap kamera pada 2020 membawa tas chic-sporty ini ketika di Milan untuk Fashion Week.

BACA JUGA:
Bagaimana Jika Anda Membeli Tas Ikonis Fendi Baguette Berwarna Pink Seperti Carrie Bradshaw?
Melihat Proses Pembuatan Tas Dior Vibe yang Sporty

(Penulis: Brittany Natale; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas & Vala Makki; Foto: Courtesy of BAZAAR US)