Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Istana Berkebaya Menjadi Panggung Inovasi dan Impian

Tradisi yang dirayakan berbarengan dengan inovasi anak bangsa.

Istana Berkebaya Menjadi Panggung Inovasi dan Impian

Pada tanggal 6 Agustus 2023 lalu, gemerlap Istana Merdeka di ibu kota menjadi saksi kehadiran Istana Berkebaya. Sebuah acara yang memukau ribuan hadirin dari berbagai lapisan masyarakat.

BACA JUGA: Perjalanan Kebaya dari Masa Ke Masa di Indonesia

Para peserta meliputi menteri wanita dari Kabinet Indonesia Maju, pendamping Duta Besar Negara sahabat, serta masyarakat umum. Kehadiran Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, juga menjadi sorotan utama. Meskipun merasa campuran antara senang dan gugup saat melangkah di catwalk, ia bersama dengan para ibu menteri lainnya dengan bangga mengenakan kebaya Betawi, menggambarkan semangat budaya Jakarta.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang ikut serta, juga merasakan kegugupan yang sama. "Ini merupakan salah satu penghargaan untuk kebudayaan Indonesia, berkebaya yang menunjukkan keberagaman dan keindahan budaya Indonesia. Rasanya deg-degan karena tidak pernah kerja jadi pelaku catwalk jadi kita insyaallah nanti lancar," tuturnya. Selain para menteri, Desi Anwar, seorang jurnalis yang ikut meramaikan acara, berharap bahwa Istana Berkebaya akan menjadi tradisi berkelanjutan, sebagai upaya untuk tetap menghargai dan melestarikan warisan budaya.

Namun, acara ini tak hanya sekadar mempertunjukkan tradisi.

Rumah kain Bin House turut meramaikan acara dengan peragaan mode yang menyatukan tradisi dan inovasi, memberikan sentuhan segar dalam payung kebaya. Temui ragam kebaya dalam palet cerah yang penuh getaran muda.

Selain itu, ada juga perwakilan Abang-None Jakarta Barat tahun 2023, Teresa dan Wanda, yang turut berbagi impian. "Mulai dari hari ini hingga ke depan kebaya tetap terus bersinar, banyak inovasi-inovasi lebih lagi bagaimana kebaya kita bisa beradaptasi khususnya di industri mode yang kita tahu makin berkembang ke depannya dan makin semoga kebaya kita juga lebih go internasional dan lebih dikenal ke mancanegara," jelasnya.

Dengan penuh semangat, acara ini menunjukkan bagaimana pesona dan impian bersatu dalam perpaduan antara tradisi dan modernitas, sekaligus menghargai akar budaya yang kaya dan beragam.

BACA JUGA:
Cerita Menarik Tentang Evolusi Kebaya di Indonesia dan Kaitannya dengan Feminitas
10 Label Aksesori Indonesia untuk Menunjang Kebaya Anda

Foto: Courtesy of Bin House