Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Label Aksesori Indonesia untuk Menunjang Kebaya Anda

Namun, kecantikan yang sebenarnya datang dari hati.

10 Label Aksesori Indonesia untuk Menunjang Kebaya Anda
Courtesy of Instagram @happysalma, @rinaldyyunardi, @mahija.official

Jika Anda belakangan ini sedang nyaman untuk berkebaya, Bazaar merekomendasikan beberapa brand lokal Indonesia yang menyedikan aksesori sebagai penunjang gaya. Dari anting-anting sampai tas genggam, simak opsinya berikut ini:

1. Tulola jewelry

Courtesy of Instagram @tuloladesigns

Diluncurkan pada tahun 2008, Tulola Jewelry, milik Dewi Sri, Happy Salma, dan Franka Franklin, sudah tidak asing lagi dalam kalangan selebriti tanah air. Terlihat digunakan Maudy Ayunda saat pernikahannya baru-baru ini, Prilly Latuconsina, Luna Maya, Rosa, Bunga Citra Lestari, hingga Asmara Abigail di ajang Locarno Film Festival. Disini, Anda dapat temukan berbagai aksesoris perak Bali, dari anting, jepitan rambut, hiasan sanggul, subeng, bros, dan masih banyak lagi. 

Franka Makarim, Happy Salma, Maudy Ayunda (Courtesy of Instagram @frankamakarim, @happysalma, @maudyayunda)

2. Rinaldy Yunardi

Courtesy of Instagram @rinaldyyunardi

Rinaldy Yunardi adalah seorang desainer Indonesia yang karyanya telah mendunia. Tidak sebatas aksesori untuk kebaya, Rinaldy terkenal akan mahkota dan show stopping pieces yang dikenakan oleh bintang internasional, dari Rihanna, Madonna, Kaia Gerber, Kendall Jenner, Beyonce, dan juga bintang tanah air, dari Anggun, Cinta Laura, Kelly Tandiono, dan masih banyak yang lain. Meskipun Rinaldy terkenal akan aksesorisnya yang mewah, ia juga membuat aksesoris kebaya, tergantung apa yang diinginkan oleh klien. 

Eva Celia, Sophia Latjuba, Via Vallen (Courtesy of Instagram @rinaldyyunardi)

3. Subeng Klasik

Courtesy of Instagram @subengklasik

Memperkenalkan dirinya sebagai 'Perhiasan Nusantara', Subeng Klasik juga merupakan merek tanah air yang kerap digunakan para selebriti Indonesia, dari Angel Pieters hingga Yuni Shara. Bahkan, terlihat digunakkan oleh Ibu Negara, Ibu Iriana saat mendatangi acara HUT Bhayangkara Ke-76. Disini, Anda dapat temukan bros, aksesori sanggul, kalung statement, anting-anting besar, semua yang dibuat oleh pengrajin Indonesia. 

Ibu Iriana untuk HUT Bhayangkara ke-76 (Courtesy of Instagram @subengklasik)

4. EPA Jewel

Courtesy of Instagram @epajewel

EPA Jewel, brand asal tanah air ini, menyediakan berbagai koleksi, dari bridal, sangjit, hingga yang everyday-wear. Anda dapat menemukan berbagai macam aksesori, dari gelang cuff, aksesori sanggul, bros, dalam warna perak atau emas, cocok untuk dikenakan bersama kebaya. Gayanya yang berani untuk membuat aksesori besar dan mencolok namun tetap anggun membuat EPA Jewel sering digunakan oleh para artis tanah air, seperti Bunga Citra Lestari, Luna Maya, dan Cinta Laura. 

Bunga Citra Lestari, Luna Maya, Cinta Laura (Courtesy of Instagram @epajewel)

5. Litany

Courtesy of Instagram @litanyofficial

Semua dari koleksi Litany merupakan kerajinan tangan yang dibuat untuk orang-orang yang menyukai aksesori simple namun tetap anggun. Dibuat dari bahan kuningan, tembaga, dan perak, dan warna antik kuningan menjadi warna dominannya. Di koleksi ini, Anda dapat temukan anting, gelang, dan yang lainnya, dengan tema yang lebih mengangkat alam. 

6. Mahija 

Courtesy of Instagram @mahija.official

Dari koleksi biasa, hingga bespoke jewelry, Mahija menyediakan serangkai aksesori yang terbuat dari berlian, batu permata, perak, dan berbagai pilihan logam. Anda dapat menemukan ear cuff, tusuk sanggul, cincin, kalung, dan hairpiece. Baru-baru ini terlihat digunakan oleh Yura Yunia, Tara Basro, dan Jefri Nichol.

Yura Yunia, Tara Basro, Jefri Nichol (Courtesy of Instagram @mahija.official)

7. Sapto Djojokartiko

Courtesy of Instagram @saptodjojokartiko

Sudah tidak asing lagi dengan nama dan juga karya khas dari Sapto Djojokartiko. Terlepas dari koleksi ready-to-wear-nya, Sapto juga menyediakan serangkai aksesoris, dari headband, tas, sepatu, bahkan hinga cincin yang di-embelish dengan tangan. Semua yang dibuat untuk menyeselaikan dan menunjang tampilan Anda. Tidak hanya itu, karya dari desainer ini sudah sering dikenakan oleh artis-artis tanah air, beberapa adalah Vannya Bakrie, Noi Aswari, Nagita Slavina, Raffi Ahmad dan juga Titi Radjo Padmaja dan anaknya, Miyake Keinaka.  

Noi Aswari, Nagita Slavina, Titi Radjo Padmaja (Courtesy of Instagram @saptodjojokartiko)

8. Aidan and Ice

Courtesy of Instagram @aidanandice

Koleksi Aidan and Ice identik dengan yang unik dan juga membuat statement. Dari kalung-kalung besar yang terbuat dari mutiara dan juga detail lainnya, ada juga bando yang dihias dengna kristal, tas-tas yang dibuat seutuhnya dengan manik-manik, bros beads dan kristal, dan masih banyak lagi. Bahkan, mereka baru saja meluncurkan koleksi kolaborasi mereka bersama Nagita Slavina. Meskipun aksesori mereka lebih ke arah besar dan menarik perhatian, hal ini dapat menunjang pakaian kebaya yang lebih simple

9. Rosalyn Citta

Courtesy of Instagram @rosalyncitta

Seorang desainer perhiasan yang berbasis di Jakarta menyediakan serangkai aksesori unik, dan juga timeless. Dari desain statement yang dibuat oleh satu lempengan perak yang dirangkai menjadi kalung ataupun cincin, hingga koleksi dengan detail mutiara, merek tanah air ini hadir dengan berbagai gaya, namun tetap minimalis dan tidak mengalihkan perhatiannya dari penampilan Anda. 

10. Bagteria 

Courtesy of Instagram @bagteriaofficial

Dengan setiap tas dibuat menggunakan tangan, Bagteria, yang pertama kali dipasarkan pada tahun 2000, sudah menjadi merek tanah air yang menduniai. Sering terlihat digunakan oleh orang-orang ternama di Indonesia, dari mendiang, mantan ibu negara, Ani Yudhoyono, hingga Aggun C Sasmi, dan masih banyak lagi. Dalam setiap tas, Anda dapat temukan detail-detail yang sangat rapi, dari penjahitan pernak-pernik yang simetris, hingga sulaman yang rumit, dan juga bentuk karya yang unik.

Veronica Tan, Anggun C Sasmi, Maria Rahajeng (Courtesy of Instagram @bagteriaofficial)

(Penulis: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of Instagram @aidanandice, @bagteriaofficial, @epajewel, @litanyofficial, @mahija.official, @rinaldyyunardi, @rosalyncitta, @saptodjojokartiko, @subengklasik, @tuloladesigns, @frankamakarim, @happysalma, @maudyayunda)