Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Film Klasik Hollywood yang Harus Anda Tonton Minimal Sekali Seumur Hidup!

Film klasik merupakan salah satu cara untuk bernostalgia.

Film Klasik Hollywood yang Harus Anda Tonton Minimal Sekali Seumur Hidup!
Courtesy of IMDb

Film memang merupakan pelarian yang tepat bagi Anda yang penat dengan realita. Tapi dengan semua film yang pernah ditonton, apakah Anda pernah merasa bingung untuk menentukan tontonan Anda berikutnya? Bila iya, maka Anda telah berkunjung ke laman yang tepat. Bazaar telah merangkum deretan film klasik Hollywood yang harus Anda tonton minimal sekali seumur hidup.

Istilah klasik mengacu pada hal yang tidak lekang waktu. Ya, daftar film yang disajikan di sini merupakan film yang kualitasnya tidak tergerus zaman. Mulai dari genre romansa, aksi, komedi semua ada disini : 


1. The Breakfast Club (1985)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Dirilis pada tahun 1985, film ini pernah menjadi favorit para remaja zamannya. Mengisahkan tentang lima orang pelajar dengan latar belakang berbeda yang dipertemukan dalam sebuah sesi hukuman di sekolah. Sekilas terdengar biasa, namun hal tersebutlah yang justru menyatukan kelima remaja tersebut, di samping popularitas, kekayaan, dan juga kecerdasan, mereka berlima dihadapkan pada satu isu yang sama yang berasal dari keluarganya, akankah mereka bersatu dan menjalin pertemanan? Tonton trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

2. Sound of The Music (1965)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film ini mengisahkan tentang Maria, seorang calon biarawati yang akhirnya menjadi asisten rumah tangga untuk menjaga anak-anak dari Kapten Von Trapp. Dibumbui dengan romansa, film ini dikemas dalam genre musikal. Di sini, Anda bisa menyaksikan penampilan ikonik Julie Andrews dalam membawakan lagu My Favorite Things. Anda bisa menonton trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


3. The Godfather (1972, 1974, 1990)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Cerita dari The Godfather ini berpusat pada salah satu keluarga paling berpengaruh di New York yang dipimpin oleh Don Vito Corleone, yang dikenal dengan panggilan "Godfather". Namun, persaingan bisnis yang ketat di New York kala itu membuat kelima keluarga paling berpengaruh menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan satu sama lain, mengakibatkan Don Vito hampir terbunuh, melihat itu, keluarganya tidak tinggal diam. Dibawakan oleh aktor kawakan Marlon Brando, Al Pacino dan Diane Keaton, film ini didapuk sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Film ini juga disusul dengan sekuel yang membentuk trilogi. Anda bisa menyaksikannya di Netflix atau menonton trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

4. Roman Holiday (1953)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Tidak cukup rasanya bila tidak melibatkan sang ikon Hollywood Audrey Hepburn ke dalam daftar ini. Film ini merupakan film debut Audrey Hepburn sebagai aktris dan berkat Roman Holiday pula, Audrey berhasil mengantongi piala Oscar pertamanya.

Audrey Hepburn memerankan Putri Ann yang sudah kelelahan dengan tugas diplomatiknya dan memutuskan untuk kabur. Dalam pelariannya, sang putri bertemu dengan wartawan Joe Bradley yang diperankan oleh Gregory Peck, aktor yang juga sangat terkenal pada masanya.

Meski disajikan dengan layar hitam putih, jalan cerita romansa yang ringan dan realistis membuat kisah ini layak ditonton hingga sekarang. Oh, film ini juga merupakan salah satu film favorit karakter Blair Waldorf di Gossip Girl!  Intip cuplikannya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


5. Pulp Fiction (1994)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan tulisan “Written and Directed By Quentin Tarantino” pada baju-baju yang beredar di pasaran. Pulp Fiction merupakan salah satu film yang benar-benar ditulis dan disutradarai oleh Quentin Tarantino.

Mengisahkan kehidupan dua orang pembunuh bayaran, seorang petinju dan juga istri dari mafia yang ternyata berhubungan satu sama lain. Bergenre kriminal, pembawaan cerita dari film ini dikemas secara unik dan diberi bumbu komedi.

Saking bagusnya, film ini sering dijadikan referensi untuk lagu dan film modern, lho! Dibintangi oleh Uma Thurman, John Travolta, Samuel L Jackson dan juga Bruce Willis. Anda bisa menonton trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


6. The Princess Bride (1987)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Romansa, dongeng dan petualangan digabung menjadi satu. Film ini mengisahkan Westley, seorang petani yang berpetualang untuk menyelamatkan kekasihnya, Putri Buttercup dari Pangeran jahat bernama Humperdinck. Para pencinta novel The Princess Bride pasti akan menyukai adaptasi dari Rob Reiner ini lantaran kisahnya masih diberlakukan sesuai dengan narasi dari novel. Berikut trailer-nya

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


7. 2001 : A Space Odyssey (1968)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film ini sukses menarik perhatian publik lewat sinematografi dan premisnya. Sesuai dengan judulnya, film ini mengusung cerita petualangan luar angkasa. Meski dirilis pada tahun 1968, film ini menyajikan latar mewah dan juga futuristik. Melalui karya Stanley Kubrick yang satu ini, Anda bisa melihat bagaimana interpretasi orang-orang setengah abad lalu. Saksikan trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


8. Singin’ In The Rain (1952)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Disebut sebagai drama-komedi musikal terbaik yang pernah diproduksi, film ini berlatar pada tahun 1920-an di Hollywood, dimana transisi dari film bisu ke film bersuara sedang berlangsung. Gene Kelly melakoni Don Lockwood, dikisahkan Don sebagai seorang aktor yang serba bisa dan Lina Lamont (Jean Hagen), aktris yang kurang berbakat merupakan pasangan yang terkenal di layar. Namun, Lina salah tafsir dengan menganggap romansa di layar sebagai cinta sejati. Padahal, Don sebenarnya mencintai Kathy Seiden (Debbie Reynolds).  Saksikan trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


9. Rebel Without A Cause (1955)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

James Dean, heartthrob Hollywood pada masanya memang tidak banyak berperan dalam film semasa hidupnya. Namun film-film yang ia bintangi masih membekas di hati banyak orang hingga sekarang.  Menceritakan tentang seorang remaja bernama Jim Stark (James Dean) yang bermasalah dengan kedua orang tuanya. Suatu malam, ia ditangkap dalam keadaan mabuk. Dalam proses investigasi di kantor polisi oleh Inspektur Rey, Jim bertemu dengan Plato (Sal Mineo) dan Judy (Natalie Wood) akibat tindak kenakalan remaja. Mereka bertiga kemudian memulai hubungan pertemanan mereka. Tonton trailer-nya di sini. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


10. Schindler’s List (1993)

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


Anda akan disuguhkan dengan perdebatan moral dari tokoh Oskar sebagai orang Jerman yang seharusnya membenci orang-orang Yahudi, namun ia justru melakukan hal sebaliknya dengan menyelamatkan orang-orang tersebut. Di adaptasi dari novel Schindler’s Ark dan disutradarai secara apik oleh Steven Spielberg, film ini telah tersedia di Netflix. Bagi Anda yang ingin menonton trailer-nya terlebih dahulu, bisa mengunjungi link ini

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

(Penulis : Jeslin L Tang, Layout : Sophie El Fasya, Foto : Courtesy of IMDb)