Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Rumah, Coba Sekarang!

Langkah kecil berdampak besar.

10 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Rumah, Coba Sekarang!

Mengatakan tidak kepada penggunaan plastik memang butuh sedikit usaha. Ketergantungan kita terhadap pemakaian plastik selama ini tidak dapat dipungkiri. Hampir segala aktivitas dalam hidup memiliki keterkaitan dengan plastik. Saat kita berbelanja hingga memilih kepraktisan dalam penggunaan wadah makanan dan minuman sekali pakai.

Plastik memberikan kemudahan, tetapi di sisi lain juga memberikan dampak buruk yang akan ditanggung kelak. Bazaar tidak bergurau, efek buruk penggunaan plastik secara berlebihan mulai nyata terasa. Iklim yang semakin panas, udara berpolusi, hingga area hijau yang semakin berkurang menjadi beberapa di antaranta.

Plastik membutuhkan waktu selama ratusan tahun untuk dapat terurai dengan sempurna, karena plastik sulit terdegradasi. Oleh karena itu, aktivitas serta gerakan yang mendukung pengurangan penggunaan plastik saat ini tengah ramai beredar.

Untuk sebuah perubahan besar, dibutuhkan beberapa komitmen langkah kecil yang dapat dimulai dari rumah sendiri. Simak 10 langkah awal untuk bersama selamatkan bumi.



1. Kenakan tas belanja yang dapat dipakai berulang kali



Hal ini mulai didukung oleh sejumlah supermarket lokal. Anda perlu membayar untuk menggunakan plastik. Dengan kata lain, akan lebih baik jika Anda membawa tas belanjaan sendiri.

2. Siapkan bekal dengan kotak makan sendiri



Tentu setiap dari kita menginginkan hal yang praktis. Tetapi siapa yang akan bertanggung jawab jika hal tersebut berujung kerugian? Langkah selanjutnya, biasakan diri untuk membawa wadah makanan yang dapat dicuci dan dipakai lagi.


3. Lanjutkan dengan menggunakan perangkat makan bebas plastik



Tidak sulit sama sekali untuk menemukannya. Perangkat makan serta minuman dengan material bebas plastik tengah menjadi tren. Seperti halnya terlihat dari sedotan yang terbuat dari aluminium di foto atas.

4. Kurangi penggunaan tisu basah



Sama halnya seperti wadah dan tas belanja yang kita bahas sebelumnya. Untuk megurangi penggunaan plastik, sebaiknya gunakan segala sesuatu yang reusable dan dapat dicuci ulang. Mungkin, Anda dapat mencoba kain penyeka dengan kualitas linen premium?

5. Gunakan sabun batang



Sabun batang tidak memerlukan kemasan plastik sebanyak sabun cair. Selain itu, sabun batang cenderung mengandung bahan kimia yang lebih sedikit dan tentunya bertahan lebih lama.


6. Pilih perangkat memasak bebas plastik



Selain lebih aman bagi kesehatan, penggunaan perangkat makan dari bahan bebas plastik akan membantu menyelamatkan lingkungan. Langkah kecil yang berarti.


7. Termasuk peralatan rumah lainnya



Sama halnya dengan perangkat pembersih rumah lainnya, mulai gunakan material yang ramah lingkungan. Mungkin harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan plastik. Namun, tidak ada salahnya untuk sedikit berinvestasi yang berujung kepada kebaikan.


8. Simpan bumbu dan bahan makanan di stoples yang terbuat dari kaca



Lanjutkan dengan menggunakan stoples atau wadah kaca yang dapat dipakai berulang kali. Sebelum Anda membuang wadah-wadah bekas tersebut, coba pikirkan kembali, apakah masih bermanfaat?


9. Manfaatkan botol kaca bekas yang dapat dipakai ulang



Berlaku juga untuk kosmetik dan obat-obatan yang biasa disimpan di rumah, biasakan untuk menggunakan botol yang terbuat dari kaca serta dapat dibersihkan dengan mudah. Hal ini tentunya lebih baik daripada menggunakan tempat yang terbuat dari plastik.


10. Selalu siapkan botol minum sendiri



Langkah terakhir ini cukup sederhana dan mudah, namun tepat sasaran. Bawalah botol minum dari rumah saat bepergian. Hal ini akan mencegah Anda membeli minum berkemasan plastik.


Semoga setidaknya beberapa dari 10 langkah untuk hidup bebas rekomendasi Bazaar barusan dapat mulai dipraktikkan segera.


(Foto: Courtesy of Instagram @lifewithoutplastic, @mindaengstyle)