Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ketahui 10 Essential Oils Terbaik untuk Kesehatan

Dari lavender hingga ylang ylang, temukan minyak esensial yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan Anda.

Ketahui 10 Essential Oils Terbaik untuk Kesehatan
Layout: Kania Ardania

Essential oils atau minyak esensial telah lama digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan dan kecantikan. Tak hanya memberikan aroma yang menenangkan, minyak-minyak ini juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesejahteraan fisik dan mental Anda—dari perawatan kulit hingga peningkatan konsentrasi dan daya ingat. Untuk mempermudah Anda yang ingin mempelajarinya, Bazaar telah merangkum 10 essential oils yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Benarkah Jojoba Oil Dapat Membantu Mengatasi Masalah Jerawat?

1. Lavender Oil

Courtesy of Sensatia Botanicals

Terkenal dengan manfaatnya yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh, lavender oil sering digunakan untuk membantu tidur lebih nyenyak dan mengurangi stres. Cukup teteskan beberapa tetes pada bantal atau gunakan diffuser sebelum tidur, maka Anda akan merasakan ketenangan yang luar biasa. Essential oil ini juga dapat meredakan sakit kepala yang mengganggu.

2. Peppermint Oil

Courtesy of Organic Supply Co.

Peppermint essential oil dikenal karena sifatnya yang menyegarkan dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Tidak hanya itu, minyak ini juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Cobalah campurkan dengan carrier oil dan oleskan pada perut untuk meredakan gangguan pencernaan atau gunakan dalam diffuser saat Anda membutuhkan dorongan semangat ekstra. Dengan aroma yang menyegarkan, peppermint oil siap menemani hari-hari Anda.

3. Tea Tree Oil

Courtesy of Young Living

Essential oil multifungsi ini memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi, menjadikannya pilihan populer untuk perawatan kulit, terutama dalam mengatasi jerawat. Oleskan langsung pada area yang berjerawat atau tambahkan pada produk perawatan kulit Anda untuk hasil yang optimal. Selain itu, oil ini juga dapat digunakan sebagai antiseptik alami untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

4. Eucalyptus Oil

Courtesy of Edens Garden

Sangat baik untuk kesehatan pernapasan, eucalyptus oil sering digunakan untuk meredakan gejala flu dan pilek, dengan cara menambahkan pada air mandi untuk inhalasi uap yang menenangkan. Tidak hanya itu, minyak ini juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, menjadikannya teman terbaik saat musim flu datang.

5. Lemon Oil

Courtesy of Now Foods

Lemon oil memiliki aroma yang menyegarkan dan sifat pembersih alami, dan juga dikenal baik untuk meningkatkan mood dan sebagai bahan pembersih alami. Tambahkan beberapa tetes pada air minum untuk detoksifikasi atau pada produk pembersih rumah Anda untuk hasil yang lebih alami dan menyegarkan. 

6. Rosemary Oil

Courtesy of Plant Therapy

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat? Jika ya, maka rosemary oil dapat menjadi jawaban agar otak dapat bekerja lebih baik. Lebih dari itu, oil ini dapat dicampurkan dengan shampoo untuk memperbaiki kesehatan rambut. 

7. Chamomile Oil

Courtesy of Atsiri

Selain memiliki efek menenangkan dan anti inflamasi, chamomile oil juga sering digunakan untuk meredakan stres dan membantu tidur. Dapat ditambahkan juga pada air mandi, essential oil ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin tidur nyenyak dan bangun dengan perasaan segar setiap hari.

8. Frankincense Oil

Courtesy of Blomera

Frankincense essential oil dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan membantu memperbaiki suasana hati. Minyak ini juga memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

9. Bergamot Oil

Courtesy of Nusaroma

Tidak hanya beraroma citrus yang menyegarkan, oil ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, permasalahan kulit seperti jerawat dan iritasi pun dapat ditangani. Anda hanya perlu mencampurkan dengan produk perawatan kulit untuk mendapatkan manfaatnya.

10. Ylang Ylang Oil

Courtesy of Banaransoap

Essential oil yang memiliki aroma bunga yang eksotis ini dapat membantu menyeimbangkan emosi serta meningkatkan suasana hati, serta dikenal dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Menggunakan essential oils dalam rutinitas harian Anda dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, maka pastikan untuk memilih minyak esensial yang berkualitas dan menggunakannya dengan benar untuk mendapatkan hasil terbaik.

BACA JUGA:
Ingin Punya Kulit Wajah Sehat Seperti Pevita Pearce? Simak Langkah-langkahnya!

Bikin Lebih Lembap, Ini 7 Jenis Face Oil untuk Kulit Kering!