Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Urutan Makeup yang Tahan Lama Agar Tampil Menawan Sepanjang Hari

Dapatkan tampilan makeup yang segar dan menawan sepanjang hari dengan mengikuti urutan dan trik yang tepat.

Urutan Makeup yang Tahan Lama Agar Tampil Menawan Sepanjang Hari
Layout: Kania Ardania

Tampil sempurna sepanjang hari memerlukan trik khusus dalam pengaplikasian makeup. Mulai dari persiapan kulit, penggunaan primer, hingga sentuhan akhir dengan setting spray, setiap langkah memiliki peran penting. Simak urutan makeup yang benar agar tahan lama, memastikan riasan Anda tetap segar dan menawan dari pagi hingga malam, terlepas dari aktivitas yang padat dan cuaca yang menantang.

BACA JUGA: Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari yang Dianjurkan Ahli, Apa Anda Sudah Terapkan?

1. Persiapan kulit (Cleansing, toning, moisturizing)

Courtesy of (left to right): Anua, Farmacy, La Roche-Posay

Sering dilupakan, persiapan kulit menjadi langkah krusial untuk memastikan riasan menempel dengan sempurna. Dimulai dengan pembersihan, toning, dan pelembapan, tahap ini menjaga kulit tetap sehat dan siap menerima makeup, membuat hasil akhir lebih tahan lama dan tampak alami.

2. Primer

Courtesy of Benefit

Langkah pertama setelah persiapan kulit adalah menggunakan primer. Langkah ini membantu menyamarkan pori-pori, menghaluskan tekstur kulit, dan memastikan makeup menempel lebih baik serta tahan lama sepanjang hari.

3. Foundation

Courtesy of Armani Beauty

Foundation adalah kunci untuk mendapatkan tampilan kulit yang sempurna. Pilih warna foundation yang sesuai dengan jenis kulit dan aplikasikan secara merata untuk menyamarkan ketidaksempurnaan dan menciptakan kanvas yang mulus.

4. Concealer

Courtesy of NARS

Tidak cukup hanya dengan foundation, concealer berperan penting untuk menutupi area yang memerlukan perhatian ekstra. Lingkaran hitam di bawah mata dan noda bisa disamarkan dengan concealer yang tepat.

5. Setting Powder

Courtesy of Huda Beauty

Setelah foundation dan concealer, gunakan setting powder untuk mengunci semua riasan dasar. Powder ini membantu mengontrol minyak dan kilap, sehingga makeup tetap terlihat segar lebih lama.

6. Eye Makeup

Courtesy of (left to right): Guerlain, Natasha Denona, Shu Uemura, Anastasia Bevery Hills

Untuk mata yang memikat, aplikasikan warna eyeshadow favorit, eyeliner untuk garis mata yang tegas, dan maskara untuk bulu mata yang lentik. Jangan lupa bentuk alis agar wajah terlihat lebih terbentuk.

7. Blush, Bronzer, dan Highlighter:

Courtesy of (left to right): Mac Cosmetics, Esqa, Rare Beauty

Sentuhan warna pada pipi dengan blush memberikan kesan yang lebih segar. Bronzer digunakan untuk menambah dimensi dan efek sun-kissed, sementara highlighter memberikan kilau alami pada tulang pipi dan area lainnya.

8. Setting Spray

Courtesy of Laura Mercier

Jangan remehkan kekuatan setting spray. Semprotkan ke seluruh wajah setelah makeup selesai untuk mengunci riasan dan memastikan hasil akhir yang tahan lama dan tidak mudah luntur.

9. Lip Makeup

Courtesy of (left to right): Dior & Make Up For Ever

Terakhir, jangan lupa untuk memperindah bibir. Gunakan lip liner untuk membentuk bibir, lalu aplikasikan lipstik yang tahan lama. Pilihan lip tint atau lip gloss bisa menambah kesan akhir yang sempurna sesuai dengan preferensi Anda.

BACA JUGA:

15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya

Berikut Daftar Rilis Produk Kecantikan Terbaru yang Harus Diketahui Bulan Ini!