Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lash Lift VS Extension Bulu Mata, Mana yang Lebih Cocok?

Kedua treatment kecantikan ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Lash Lift VS Extension Bulu Mata, Mana yang Lebih Cocok?

Bulu mata yang lentik dan tebal merupakan bagian penting dalam make-up routine banyak orang. Tampilan bulu mata yang lentik dan bervolume biasanya dilakukan dengan cara menggunakan penjepit bulu mata dan beberapa lapisan mascara. Namun, langkah ini sering dianggap rumit atau memakan banyak waktu sehari-hari bagi yang hampir menggunakan make-up setiap hari. 

BACA JUGA: Operasi Hidung Non-Bedah Dijelaskan oleh Para Ahli

Dengan perkembangan metode kecantikan yang semakin cerdas dan efisien, sekarang Anda bisa mendapatkan tampilan bulu mata yang sangat lentik atau tebal secara instan (dan yang akan bertahan selama berminggu-minggu bahkan beberapa bulan). Hasil yang instan ini (walaupun membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2.5 jam untuk dipasang) disebut treatment lash lift atau extension bulu mata. 

Apa perbedaan lash lift dan extension bulu mata? 

Pertama, kedua treatment ini memiliki tujuan yang serupa, yaitu untuk membuat bulu mata Anda tampak lebih lentik dan tebal tanpa Anda harus menggunakan maskara setiap hari. Perbedaan dari kedua treatment ini ada dari segi proses pemakaian dan hasil akhir bulu mata yang bisa tampak lebih natural atau dramatis.

Untuk lash lift, treatment ini memiliki tujuan untuk menjaga kelentikan bulu mata natural Anda dan membuatnya tampak lebih tebal. Prosedur ini juga sering menggunakan lash tint yang akan membuat warna bulu mata Anda lebih gelap sehingga terlihat lebih tebal. 

Courtesy of Youtube @Huyanabeauty

Bahan apa yang digunakan lash lift untuk melentikan bulu mata?

Metode ini menggunakan bahan keratin (aman untuk area sensitif) yang diaplikasikan ke bulu mata yang sudah tersisir dan menempel di bantal silikon kelopak mata. Serum keratin tersebutlah yang akan membuat kelentikan bulu mata Anda lebih tahan lama sampai beberapa minggu.

Courtesy of Youtube @Huyanabeauty

Berbeda dengan extension bulu mata, lash lift tidak mengaplikasikan helai bulu palsu atau hal semacam, sehingga hasil akhir akan terlihat sangat natural.

Courtesy of Instagram @byralashbar

Selebihnya, aftercare untuk menjaga hasil lash lift (hanya menggunakan lash serum bernutrisi seminggu dua kali) juga tidak serumit extension bulu mata dimana sesi refill setiap dua minggu untuk bulu yang telah rontok sangat disarankan. 

Courtesy of Instagram @everlash_lash_expert

Jika Anda gemar tampilan make-up “full glam” atau menggunakan bulu mata palsu tebal, treatment extension bulu mata dapat memberikan Anda hasil yang lebih memuaskan. Untuk extension bulu mata, metode kecantikan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bulu mata bervolume yang lebih tahan lama agar tidak harus menggunakan set bulu mata palsu atau mascara setiap hari.

Courtesy of Youtube @GinnyxBeauty

Treatment ini lebih rumit dibandingkan lash lift, karena di awal prosedur, ahli kecantikan Anda harus mengaplikasikan primer dan lem secara aman dan teliti kepada bulu mata asli Anda sebelum menempelkan bulu mata palsu per helai di antaranya. Secara teliti, extension bulu mata tersebut harus per helai melekat dekat akar bulu mata asli Anda, dan bulu mata harus tersisir secara berkala selama prosedur. 

Keunggulan dari extension bulu mata adalah Anda bisa mendapatkan berbagai model bulu mata sesuai selera. Banyak yang gemar model fox-eyes karena memberikan efek dramatis pada mata, dan terdapat banyak model lainnya yang bisa Anda request kepada ahli sesuai bentuk mata. Ahli kecantikan salon Anda dapat memberikan bentuk bulu mata yang Anda inginkan dengan cara mengatur panjang dari setiap helai rambut agar mengikuti volume yang Anda inginkan. 

Courtesy of Instagram @everlash_lash_expert

Walaupun extension bulu mata memiliki aftercare yang rumit agar tahan lama dan tidak iritasi (bulu mata harus sering disisir dan dicuci secara lembut), hasil dari metode ini dapat bertahan cukup lama (4-6 minggu) dan membuat Anda terlihat seperti selalu menggunakan bulu mata palsu. Keunggulan ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki tampilan glamorous.

Hal penting yang harus diperhatikan untuk lash lift atau extension bulu mata adalah Anda harus pastikan bahwa treatment tersebut dilaksanakan oleh ahli yang bersertifikat dan memiliki pengalaman profesional yang terjaminkan. Dengan area mata yang sensitif, Anda tidak bisa melakukan treatment  ini secara sembarangan tanpa sesi konsultasi yang tepat karena bisa menyebabkan infeksi mata jika tidak dilakukan secara higenis.

Secara keseluruhan, jika Anda sudah memiliki bulu mata natural yang panjang dan lentik, lash lift merupakan treatment yang akan memberikan Anda (yang gemar gaya natural) hasil yang cukup memuaskan. Namun, jika Anda memiliki bulu mata yang relatif pendek atau tidak lentik, extension bulu mata dapat memberikan Anda (yang gemar bulu mata bervolume dan dramatis) hasil yang juga memuaskan. 

BACA JUGA:

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Menggunakan Gel Extension

 Panduan Extension Bulu Mata untuk Pemula

(Penulis: Vala Makki; Foto: Courtesy of Instagram @everlash_lash_expert, @byralash, Youtube @Huyanabeauty, @Ginnyxbeauty)