Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Extension Bulu Mata untuk Pemula

Kami telah melaksanakan "pekerjaan rumah" kami untuk Anda.

Panduan Extension Bulu Mata untuk Pemula
Courtesy of Bazaar US

Andaikan jika hanya dengan menepuk tangan, bulu mata Anda bisa langsung tumbuh panjang. Namun kenyataannya, beberapa dari kami memang memiliki bulu mata yang pendek mau bagaimanapun kami menggunakan mascara. Jika Anda gemar menggunakan bulu mata palsu, solusi jangka pajang terbaik adalah: extension bulu mata.

BACA JUGA: 5 Cara Mencegah Agar Rambut Tidak Kering

Extension semi-permanen ini yang diaplikasikan oleh sebuah profesional akan memberikan Anda tampilan bulu mata panjang yang bertahan lama dan sangat customizable

Bazaar US berbicara dengan Clementina Richardson, seorang ahli bulu mata untuk selebriti dan penemu dari Envious Lashes di New York City, dan Sara Edwin Wayne, makeup dan lash artist, dan pemilik dari Outlaw Cosmetics, untuk menuang semua informasi detail mengenai esktensi bulu mata, dari durasi waktu sampai kisaran dan ekspektasi harga. 

Courtesy of Instagram @enviouslashes

Apa Sebenarnya Extension Bulu Mata?

“Extension bulu mata terdiri dari faux mink atau silk fiber sintetis yang semi-permanen dan diaplikasikan helai per helai ke bulu mata asli Anda,” kata Clementina. Pastinya, proses implimentasi extension bulu mata ini sangat membosankan. “Extension-nya diaplikasikan satu per satu dengan sangat rapih menggunakan lem semi-permanen dengan formula khusus yang tidak akan membuat bulu mata asli Anda rusak atau iritasi,” ia menambahkan. 

Tidak seperti bulu palsu biasa dimana strip atau bulu ditempelkan di kulit bulu mata, bulu dari proses extension ini ditempel langsung ke bulu mata asli Anda. Hasilnya kemudian akan lebih melekat, dan padat sehingga Anda bahkan tidak harus menggunakan mascara. 

Courtesy of Instagram @enviouslashes

Apakah ada berbagai jenis extension bulu mata? 

Berdasarkan Sara, ada banyak gaya bulu mata yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan panjang, potongan, dan lengkungan yang berbeda. “Set bulu mata yang paling terkenal adalah Classic, Hybrid, Volume, dan Mega Volume,” ucapnya. “Extension bulu mata datang dalam berbagai bentuk, panjang, tipe lengkungan, diameter, dan tekstur.” Bulu mata tersebut juga datang dalam berbagai macam bahan. “Kebanyakan bulu mata terbuat dari bahan plastik sintetis untuk meniru bentuk dan rasa bulu mata yang berbahan mink, kasmir, atau sutra,” kata sang pro. 

Apakah extension bulu mata terlihat natural? 

Hasil akhir dari prosedur ini adalah untuk meningkatkan tampilan bulu mata asli Anda dengan tampilan yang lebih panjang, pekat, dan lentik. Tampilan yang lebih dramatis atau natural bergantung kepada keinginan klien.

Tetapi secara general, lebih banyak bulu mata yang dipasang, akan memberi efek yang lebih dramatis. Berdasarkan Clementina, treatment tipikal biasanya mengandung 80-140 bulu extension per mata, dengan kisaran panjang dari 6-18mm. “It’s not one size fits all,” ucapnya.

“Misalnya, jika Anda memiliki bulu mata yang rusak, atau secara natural lebih lemah atau pendek, mendapatkan tampilan dramatis tidak selalu memungkinkan dibandingkan klien yang memiliki bulu mata lebih kuat dan tebal.”

Berapa durasi proses treatment ini? 

Berita buruk dari pertanyaan ini adalah bahwa treatment seperti ini membutuhkan satu sampai dua jam, tergantung dengan model bulu mata yang diinginkan. Berita baiknya adalah prosedur ini bisa menjadi alasan untuk berbaring, bersantai, dan menjadikannya break dari handphone Anda. 

Berdasarkan Clementina, teknisi bulu mata yang mahir dan terlatih akan mengambil waktunya dengan sangat teliti. “Keamanan Anda harus menjadi prioritas pertama Anda. Mencari seseorang yang bersertifikat untuk mengaplikasikan bulu mata pun sangat penting. Tergantung dengan wilayah di Amerika Serikat, stylist pun juga harus memiliki lisensi praktek."

Courtesy of Instagram @enviouslashes

Berapa harga esktensi bulu mata? 

Harga bergantung kepada lokasi, teknisi atau ekspert bulu mata, dan model yang diinginkan. Di Envious Lashes (salon bulu mata Clementina), set pemula berharga $105 USD (Rp. 1,570,000), dan “Bombshells” (set favorit salah satu klien seleb Clementina yaitu Mary J. Blige) yang bisa sampai $550 USD (Rp.8,234,000). Bulu mata yang lebih panjang adalah sebuah komitmen dari segi waktu dan finansial, dan bisa berharga sampai puluhan juta per tahun berdasarkan seberapa sering Anda melakukan refill extension bulu mata. 

Bagaimana cara merawat extension bulu mata? 

Hindari air dari area mata di hari pertama sampai lem bulu telah kering secara sepenuhnya. Rawatlah bulu mata dengan sangat halus.

Hindari menggunakan jepitan bulu mata, menepuk, atau menggosok bulu mata secara keras. Pada dasarnya, jauhilah aktivitas apapun yang membuat Anda memegang bulu mata baru tersebut, dan hindari juga produk atau cleanser berbasis minyak.

Maskara bisa digunakan hanya di ujung bulu mata jika berkesan, tetapi lebih baik untuk tidak dilakukan. Lain hal, bulu mata Anda seharusnya sudah terlihat dramatis tanpa produk-produk tersebut.

Sampai kapan extension bulu mata bertahan lama? 

Karena bulu dari hasil prosedur ini menempel di bulu mata natural Anda, mereka bertahan selama siklus natural pertumbuhan bulu mata asli Anda, yaitu sekitar enam minggu.

Untuk membuat bulu hasil extension lebih tahan lama, Clementina memberi saran untuk menggunakan lash conditioner, dan menyisirkan produk tersebut menggunakan spoolie brush kering secara pelan. Ia juga merekomendasikan “refills” setiap dua atau tiga minggu untuk mengisi area yang sudah menipis karena bulu yang rontok. 

Apakah ada sisi negatif dari treatment extension bulu mata?

Seperti banyak treatment kecantikan, Sara mengatakan bahwa “Downside terbesar adalah betapa mahal dan menagih treatment tersebut bisa menjadi untuk kliennya. Sekalinya Anda memulai treatment extension bulu mata, terkadang akan jadi sulit untuk balik ke tampilan bulu mata polos.” Sang ahli menambahkan bahwa mendapatkan treatment tersebut akan membuat Anda “seperti masih menggunakan makeup saat bangun tidur.”

Kebutuhan perawatannya juga akan mengejutkan beberapa orang. “Untuk tetap terlihat cantik dan terawat, Anda membutuhkan refill reguler setiap dua minggu,” kata Sara. “Maka dari itu, extension bulu mata sebenarnya adalah sebuah investasi finansial.”

“Teknisi bulu mata yang mahir tidak murah, dan jika extension bulu mata tidak ditempel dengan benar, atau jika ada terlalu banyak bulu yang ditempel sehingga membuat bulu natural sangat berat,  garis bulu natural Anda bisa rontok dan rusak.” Ia juga menegaskan bahwa “memilih lash artist yang bagus adalah sangat krusial.” 

Apakah extension bulu mata bisa menganggu pertumbuhan bulu natural Anda? 

Dengan perawatan yang tepat, pertumbuhan bulu mata natural Anda akan tetap normal. Namun, Sara memperingati bahwa “Jika klien tidak mengikutin aftercare yang tepat, bulu mata prematur mereka bisa terus rontok.” 

Mencari teknisi bulu mata yang memiliki kualifikasi yang tepat adalah sangat penting. “Selama Anda merawat dan berkonsultasi kepada teknisi bulu mata yang berpengalaman dan terlatih, bulu mata Anda akan sehat juga,” tutur Sara.

Ia juga merekomendasikan serum bulu mata untuk meningkatkan kesehatan bulu. “I Love Lashes Growth Serum milik Outlaw dibuat khusus untuk mereka yang menggunakan extension bulu mata.”

“Itu membuat bulu mata selalu sehat dengan bahan seperti green tea, chamomile, vitamin kuat dan peptide untuk menjaga pertumbuhan bulu mata walaupun menggunakan extension.”

Alternatif dari extension bulu mata

Tentunya, extension bulu mata bukan opsi satu-satunya. “DIY lash cluster, strip bulu mata palsu, menggunakan growth serum dan maskara akan secara natural meningkatkan panjang dan volume bulu mata,” ucap Sara.

Berikut merupakan rekomendasi produk pilihan Bazaar untuk yang ingin mendapatkan bulu mata tebal dan lentik tanpa melaksanakan treatment extension bulu mata. 

  1. Maybelline Lash Sensational Sky High Lengthening Mascara

    Courtesy of Bazaar US

  2. Thrive Causemetics Liquid Lash Extensions™ Mascara
    Courtesy of Bazaar US

  3. Essence Lash Princess False Lash Effect Mascara
    Courtesy of Bazaar US

  4. Ardell Naked Lash #421

    Courtesy of Bazaar US

  5. Kiss Looks So Natural Lash Shy

    Courtesy of Bazaar US

  6. GRANDE Cosmetics GrandeLASH-MD Lash Enhancing Serum
    Courtesy of Bazaar US

BACA JUGA:

9 Cara Agar Lipstik Anda Tahan Lama

Gaya It-Girl dari Kendall Jenner, Hailey Bieber, dan Lori Harvey

(Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Vala Makki; Foto: Courtesy of Bazaar US)