Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Menggunakan Gel Extension

Para ahli menganggapnya sebagai "alternatif sehat" dibanding akrilik.

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Menggunakan Gel Extension
Courtesy of Bazaar US

Kuku panjang yang tampaknya tidak bisa dipatahkan yang selalu dimiliki para selebriti?

Kemungkinan besar itu adalah gel extension. Agak mirip dengan kuku akrilik, gel adalah cara yang bagus untuk memalsukan kuku Anda yang lebih panjang dan lebih kuat (plus, mereka memberi Anda banyak area permukaan untuk desain kuku). Seperti manikur gel biasa, gel extension diaplikasikan ke kuku menggunakan sinar UV, tetapi di situlah kesamaannya berakhir.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang set populer ini, kami meminta Queenie Nguyen, ahli manikur selebriti, dan Brittney Boyce, spesialis gel extension dan pendiri Nails of LA, untuk membagikan semua wawasan ahli mereka.

BACA LAGI: Cara Menggunakan Cat Kuku Seperti Kate dan Meghan

Apa itu Gel Extension?

Orly GelFX Builder in a Bottle; Courtesy of Bazaar US

Gel extension, sederhananya, digunakan untuk memanjangkan kuku.

Apa yang membedakannya dari akrilik adalah cara pengaplikasiannya, menggunakan apa yang disebut ‘builder gel’. “Ini adalah oligomer, artinya monomer dan polimer yang sudah tercampur, dan untuk menempel pada kuku Anda, perlu 'disembuhkan' dengan lampu LED atau UV,” jelas Brittney, yang menyukai Builder in a Bottle dari Orly. “Daripada mencampur produk, produk ini dikemas dalam satu botol yang mudah diaplikasikan dan meratakan sendiri, artinya para teknisi tidak perlu mengikir bagian atasnya untuk membentuknya dengan baik, dan tidak lengket atau berantakan.”

Anda akan sering melihat gel extension digunakan dalam nail art karena teknik ini menciptakan base yang jelas. “Gel extension sangat bagus untuk semua jenis nail art yang berbeda, termasuk nail art 3D dan tampilan tip jelly-french yang sedang tren,”

Apa Saja Manfaat Gel Extension?

Menurut para profesional, ada beberapa hal yang membuat gel extension lebih unggul:

  • Mereka serbaguna. “Builder in a Bottle dari Orly hadir dalam warna bening, yang bagus untuk ujung gelas Prancis, atau warna concealer, yang meniru warna kuku dengan warna netral seperti susu,” ungkap Brittney. "Ini bagus untuk negative space nail art atau untuk siapa pun yang mencari tampilan kuku yang lebih alami."
  • Mereka menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada kuku. “Mereka tidak terlalu merusak alas kuku,” jelas Queenie, yang menambahkan bahwa “Mereka mudah dibentuk dan tidak memerlukan banyak drilling yang intens.”
  • Mereka lebih mudah untuk dihapus. “Anda juga bisa menghilangkannya dengan merendamnya, sehingga tidak terlalu merusak kuku Anda,” jelas Brittney.
  • Mereka tidak memiliki bau. Akrilik memiliki bau yang kuat, yang dapat mengiritasi teknisi kuku. Namun, dengan gel, "Tidak ada bau yang saya sukai sebagai nail artist," ungkap Brittney.

Bagaimana Proses Mendapatkan Gel Extension?

“Proses mendapatkan gel extension dimulai mirip dengan mendapatkan gel polish biasa,” ucap Brittney. “Teknisi kuku akan melakukan persiapan dengan mendorong kembali kutikula dan menghilangkan kuku yang rusak, membentuk kuku, mengeringkannya dengan aseton atau alkohol gosok, lalu mengoleskan primer untuk meningkatkan daya rekat.”

Lalu, ada dua cara untuk menerapkan extension. “Beberapa teknisi kuku akan menggunakan "Perfect Fit Form", yang pas di bawah kuku agar mereka memahat ujung kuku Anda ke tepi bebas kuku Anda dengan mengaplikasikan Builder di atasnya,” jelas Brittney. Cara lainnya melibatkan "Fast Forms", yang dibentuk dari tangan, lalu ditempelkan ke kuku. “Mereka menerapkan Builder pada form yang terlihat hampir seperti press-on nails, menekannya ke kuku, ‘menyembuhkannya’, lalu menghapus form-nya," jelasnya.

Jika Anda hanya ingin kuku yang lebih panjang dan kuat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan gel Builder. “Builder gel sangat bagus untuk mereka yang lebih suka memperpanjang kuku alami mereka,” ungkap Queenie, yang mengatakan prosesnya memakan waktu lebih lama “karena seniman kuku memanjangkan setiap kuku pada satu waktu dan kemudian membentuk semua extension setelahnya sebelum memoles. ”

Setelah extension selesai ‘disembuhkan’, "teknisi akan mengikir, membentuk, dan memoles kuku, mengaplikasikan nail art apa pun, lalu menyelesaikannya dengan lapisan atas," ucap Brittney, yang menambahkan bahwa "Beberapa lapisan atas memerlukan pembersihan untuk menghilangkan lengket, sementara yang lain tidak.'

Secara keseluruhan, perkiraan prosesnya akan memakan waktu satu hingga dua jam, tergantung apakah Anda memilih nail art atau tidak.

courtesy of instagram @nailartbyqueenie

Siapa yang Bisa Mendapatkan Gel Extension?

Hampir semua orang. “Selama alas kuku alami Anda sehat, Anda bisa mendapatkan gel extension,” ungkap Brittney. Tapi ada pengecualian. Jika alas kuku Anda terinfeksi atau sangat tipis, Anda mungkin ingin menundanya. Ini juga membantu untuk memiliki kepanjangan kuku sebelum mendapatkan extension. “Saya tidak akan merekomendasikan gel extension untuk pemula yang memiliki kuku yang sangat tergigit atau kuku yang sangat pendek karena Anda memerlukan alas kuku untuk menahan extension atau extension tersebut tidak akan memiliki penyangga dan cepat lepas,” jelas Queenie.

courtesy of instagram @nails_of_la

Berapa Lama Gel Extension Bertahan?

"Mereka bisa bertahan dari dua hingga empat minggu, tergantung pada keterampilan teknisi kuku serta seberapa berminyak kuku alami Anda," ungkap Brittney. "Orang-orang yang cenderung memiliki kuku yang lebih berminyak akan melihat pengangkatan lebih cepat."

Berapa Biaya Gel Extension?

Itu tergantung pada lokasi Anda, salon yang Anda kunjungi, dan teknisi kuku Anda. Tetapi perkirakan untuk membayar mulai dari $80-$200 (atau setara dengan 1,2 juta Rupiah hingga 1,5 juta Rupiah). Tentu saja, semakin rumit desain Anda, semakin mahal pula harga akhirnya.

Bagaimana Gel Extension Dihapus?

Mineral Fusion Vegan Cuticle Treatment; Courtesy of Bazaar US

Gel extension dihilangkan dengan merendamnya dalam aseton, meskipun disarankan untuk menghilangkan gel extension secara profesional. “Beberapa orang mengikir bagian atas sedikit sehingga lebih mudah untuk direndam. Jika tidak, itu dihilangkan dengan cara yang sama seperti Anda menghilangkan manikur gel biasa, ”jelas Brittney

Dan meskipun gel lebih lembut pada kuku, sedikit TLC pasca pencabutan tetap membantu. “Selain itu, jangan lupa untuk mengkondisikan kutikula Anda pasca penghilangan gel dengan minyak kutikula untuk membantu menutrisi dan menenangkan bantalan kuku dan kutikula,” jelas Queenie, yang merekomendasikan minyak kutikula vegan dari Mineral Fusion.

Apa Perbedaan Antara Gel Extension dan Akrilik?

Gel extension umumnya dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat dibanding akrilik, baik untuk Anda maupun teknisi kuku Anda. “Gel extension lebih ringan dan terlihat lebih alami daripada kuku akrilik,” ucap Queenie. Dan selain tidak terlalu merusak alas kuku, "Mereka mudah diaplikasikan dan tidak berbau menyengat seperti akrilik," katanya.

Ada juga proses aplikasi yang berbeda. Akrilik “biasanya diaplikasikan dengan mencampurkan polimer (bubuk) dan monomer (cairan) untuk menciptakan konsistensi seperti adonan yang kemudian dibentuk oleh teknisi kuku menjadi bentuk dan diarsipkan untuk mengencerkannya,” jelas Brittney.

Temui Para Ahlinya

  • Queenie Nguyen adalah manikur selebriti dan brand ambassador untuk Mineral Fusion.
  • Brittney Boyce adalah spesialis gel extension dan pendiri Nails of LA.

BACA LAGI:

25 Rekomendasi Desain Kuku Minimalis

13 Nail Art Terbaik di Met Gala 2023

(Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR US)