Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Urutan Brand Termahal di Dunia 2023

Vibe old money, logomania, hingga quiet luxury dari rumah mode Louis Vuitton, Giorgio Armani, hingga Loro Piana. 

15 Urutan Brand Termahal di Dunia 2023
Courtesy of Dior

Dunia fashion terkenal dengan kemewahannya, terutama karena nama-nama legendaris rumah mode yang mendominasi dunia ini. Masing-masing label tentu memiliki sejarah dan ceritanya sendiri, menciptakan sebuah warisan yang dijaga hingga kini.

BACA LAGI: 10 Label Fashion yang Mencerminkan Tren 'Quiet Luxury'

Lalu, dari banyaknya brand fashion ikonis yang terkenal, apa saja yang dikenal sebagai brand termahal di dunia?

Berikut 15 urutan brand termahal di dunia di tahun 2023.

1. Louis Vuitton

Louis Vuitton
Courtesy of Louis Vuitton

Didirikan pada tahun 1854, merek fashion ini awalnya dikenal dengan brand koper mewah dan barang-barang kulit lainnya yang berkualitas sehingga digemari oleh kelas orang elit atau ‘upper class’. Monogramnya yang ikonis dan khas menjadi salah satu daya tarik utama merek asal Prancis ini.

Merupakan brand termahal di dunia, Louis Vuitton terus menjaga esensi kemewahannya dalam setiap desain. Barang Louis Vuitton termahal adalah Steiff Louis Vuitton Teddy Bear yang bernilai US$2,1 juta (atau setara dengan Rp30 miliar).

2. Hermès

Hermès
Courtesy of Hermès

Siapa yang tidak familiar dengan Hermès?

Terkenal dengan produk-produk kulitnya yang berkualitas dan handcrafted, merek ini juga diincar karena produk parfum dan koleksi ready-to-wear. Merek luxury ini juga tidak terjangkau, terutama karena mereka pun sangat eksklusif dan setiap produknya memiliki stok terbatas, sehingga tidak mudah untuk membeli produk merek yang sudah ada sejak 1837 ini.

Salah satu tas termahal mereka adalah Blue Crocodile Hermès Birkin Bag yang bernilai US$150,000 (atau setara dengan Rp2,6 miliar).

3. Dior

Courtesy of Dior

Merek yang juga berasal dari Prancis ini masuk sebagai salah satu merek fashion termahal di 2023, dan juga di tahun-tahun sebelumnya.

Bagaimana tidak? Semua produk Dior memiliki nilainya tersendiri dan selalu memiliki ciri khas yang mewah dan sentuhan artsy, sebuah hal yang tidak berubah dari tahun 1946. Rumah mode ini kerap dipakai oleh kalangan selebriti papan atas, seperti Natalia Portman dan Nicole Kidman. Sebagai contoh, gaun chartreuse yang dikenakan Nicole ke Oscar pada tahun 1997, yang dirancang oleh John Galliano, dihargai US$2 juta (atau setara dengan Rp29 miliar), yang merupakan barang termahal dari brand ini. 

4. Tom Ford

Courtesy of Tom Ford

Didirikan oleh Tom Ford, Tom Ford merupakan label fashion dan beauty asal Amerika yang terkenal dengan desainnya yang stylish, dan juga lini aksesori dan makeup-nya. Selain itu, ada juga made-to-measure suit dan parfum yang menjadi incaran para perfume lovers.

Salah satu produk termahalnya, Tom Ford Diamond Loafers yang di-custom oleh Jason Arasheben dan dikenakan oleh Nick Cannon berharga US$2 juta (atau setara dengan Rp29 miliar). Selain itu, parfum favorit para penggemar Tom Ford Soleil Brulant Eau de Parfum 250ml dibandrol seharga US$895 (atau setara dengan Rp13,422,762).

5. Oscar de la Renta

Courtesy of Oscar de la Renta

Rumah mode yang terkenal oleh gaun-gaun glamor khasnya tentu masuk ke daftar ini.

Merek ini sering kali ditemukan di karpet merah acara-acara besar, terutama di Hollywood. Aktris ikonis Anne Hathaway pun menjadi salah satu penggemar gaun-gaun kreasi Oscar de la Renta, desainer yang lahir tahun 1932 di Republik Dominika di tahun 1932. Gaun termahal dari merek ini adalah gaun pernikahan off-the-shoulder yang dipakai oleh Amal Clooney, yang dihiasi oleh hand-embroidered pearls dan French lace, seharga US$380,000 (atau setara dengan Rp5,7 miliar). 

6. Yves Saint Laurent

YSL
Courtesy of Yves Saint Laurent

Kerap dikenal dengan singkatannya, yaitu YSL, merek ini terkenal dengan desain fashion-nya yang high end, aksesori mewah, tuxedo suit yang chic, serta gayanya yang termasuk androgini.

Ditambah lagi, mereka pun memiliki lini beauty sendiri, yaitu Yves Saint Laurent Beauty. Salah satu produk termahal brand asal Prancis ini adalah Yves Saint Laurent Sunflower Jacket, yang hanya ada 4 di dunia ini, dengan detail embroidery penghormatan untuk Vincent van Gogh. Jaket ini memiliki nilai US$382,000 (atau setara dengan Rp5,6 miliar).

7. Chanel

Chanel
Courtesy of Chanel

Brand asal Prancis ini pastinya sudah tidak asing di telinga Anda, terutama di kalangan para wanita. Didirikan oleh Gabrielle “Coco” Chanel pada tahun 1909, warisan Chanel yang memiliki desain berkualitas dan timeless terus terjaga hingga kini, dan terus menjadi incaran para fashion enthusiasts.

Merek ini memiliki tas Chanel Diamond edisi terbatas yang dihiasi oleh 334 berlian, dengan gold carrying chain 18 karat bernilai US$261,000 (atau setara dengan Rp3,8 miliar).

8. Giorgio Armani

Courtesy of Giorgio Armani

Didirikan pada tahun 1975 di Italia, merek ini telah berkembang pesat dan mencakupi Emporio Armani, Armani Colleczioni, Armani Jeans, Armani Exchange, dan Armani Prive. Walaupun begitu, Giorgio Armani lebih menargetkan ke segmen yang mewah.

Oleh karena itu, merek ini selalu memprioritaskan kualitas dan ketahanannya agar dapat menjadi investment pieces untuk Anda. Gaunnya yang didekorasi dengan kristal Swarovski, yang dipakai oleh Cate Blanchett pada Oscars 2007, masih menjadi kreasi paling berharga yang bernilai US$250,000 (atau setara dengan Rp3,6 miliar). 

9. Gucci

Courtesy of Gucci

Kini dimiliki oleh Kering, Gucci ‘diciptakan kembali’ oleh Direktur Kreatif Alessandro Michele yang menyulap merek Italia tersebut menjadi lebih modern dan playful, sehingga tetap dapat mengikuti zaman tanpa mengorbankan desain-desainnya yang ikonis dan mewah.

Rumah mode yang didirikan oleh Guccio Gucci pada tahun 1920 ini sudah lama terkenal dengan gayanya yang high-end, terutama kualitas produk kulitnya. Contohnya, sabuk Gucci Stuart Hughes berharga US$250,000 (atau setara dengan Rp3,6 miliar).

10. Versace

Courtesy of Versace

Menjadi salah satu brand fashion termahal, Versace selalu menjadi opsi yang sempurna bagi Anda yang gemar desain inovatif, kostum teatrikal, atau bahkan kreasi ultra-glamorous. Merek desainer Italia yang didirikan pada tahun 1987 ini juga sering dikenakan oleh Putri Diana, Jennifer Lopez, dan Elizabeth Taylor.

Jaket malam “The Face” manik-manik milik Elizabeth Taylor pun menjadi salah satu mahakarya termahalnya, yang dijual di Christie’s pada tahun 2011 seharga US$128,500 (atau setara dengan Rp1,8 miliar). 

11. Burberry

Courtesy of Burberry

Trench coat yang stylish? Motif tartan? Dua tren ini merupakan signature Burberry, sebuah merek asal Inggris yang didirikan sejak 1856 oleh Thomas Burberry.

Label ini juga memiliki Royal Warrant dari Pangeran Charles sebagai ‘Outfitter’ dan juga Royal Warrant dari Ratu Elizabeth II sebagai ‘Weatherproofer’. Trench coat double-breasted dengan panjang tiga perempat milik rumah mode ini pernah dimiliki oleh aktris legendaris Audrey Hepburn, dan dijual oleh Christie’s London pada tahun 2017 seharga US$94,906 (atau setara dengan Rp1,4 miliar).

12. Salvatore Ferragamo

Courtesy of Salvatore Ferragamo

Pertama dikenal dengan sepatu handmade-nya, merek Italia ini digemari oleh para aktris ikonis Hollywood, seperti Audrey Hepburn, Judy Garland, dan Marilyn Monroe. Selain sepatu signature-nya, Salvatore Ferragamo juga memiliki serangkaian produk ready-to-wear, aksesori, dan parfum untuk wanita dan pria. Salah satu produk termahal kreasi merek mewah ini adalah sepatu hak stiletto satin scarlett yang dihiasi dengan rhinestones, dan pernah dimiliki oleh Marilyn Monroe, dilelang oleh Christie’s pada tahun 1999 seharga US$48,300 (atau setara dengan Rp725 juta). 

13. Loro Piana

Courtesy of Loro Piana

Dinobatkan sebagai salah satu brand “quiet luxury”, merek luxury asal Italia ini memang sudah terkenal luas dengan kualitasnya, terutama dengan bahan wool dan cashmere. Banyak juga yang setuju bahwa Loro Piana merupakan merek “old money” karena desainnya yang memiliki gaya effortless, smart casual, dan juga chic.

Salah satu coat-nya, Women Arvel Coat yang terbuat dari vicuna berharga US$34,800 (atau setara dengan Rp522 juta).

14. Fendi

Courtesy of Fendi

Fendi merupakan salah satu brand fashion ikonis yang didirikan oleh Adele dan Edoardo Fendi pada tahun 1925 di Roma, Italia.

Terkenal dengan kreasi high-quality craftsmanship dan canggih dalam menggunakan bahan-bahan luks, semua produk mereka dapat disebut sebagai investment pieces karena desainnya yang tak lekang oleh waktu. Fendi First Medium Leather Bag dalam nuansa putih bernilai US$34,000 (atau setara dengan Rp509 juta), yang merupakan produk termahal milik rumah mode ini. 

15. Balmain

Courtesy of Balmain

Di bawah arahan kreatif dari Olivier Rousteing, Balmain dikenal menjadi sebuah rumah mode yang dapat memadukan gaya klasik dengan tren modern secara sempurna sehingga menciptakan tampilan yang unik. Pertama didirikan pada tahun 1945 oleh Pierre Balmain, merek asal Prancis ini juga dikenal luas oleh statement pieces yang edgy dan high-end. Sebagai contoh, Atelier Balmain Short Macramé Dress, yang memiliki nilai US$30,000 (atau setara dengan Rp449 juta). 

BACA LAGI:
Balai Lelang Christie's Siap Melelang Koleksi Hermès dan Louis Vuitton Langka Miliknya
Jennie Blackpink Ditunjuk Sebagai Wajah Baru Tas Chanel 22

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Louis Vuitton, Hermès, Dior, Tom Ford, Yves Saint Laurent, Oscar de la Renta, Chanel, Giorgio Armani, Gucci, Versace, Burberry, Salvatore Ferragamo, Loro Piana, Fendi, Balmain)