Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Label Fashion yang Mencerminkan Tren 'Quiet Luxury'

Ketika "quiet luxury" kehilangan status, para desainer ini masih layak untuk dibeli.

10 Label Fashion yang Mencerminkan Tren 'Quiet Luxury'
Courtesy of Bazaar US

Hanya poin referensi budaya kami, seperti barang-barang tertentu yang dikenakan Shiv Roy di Succession atau kompleks taksonomi mode TikTok, yang membuat merek-merek mewah yang tenang tampak seperti fenomena baru-baru ini. Pakar gaya mengatakan perspektif ini kurang tepat. "Apakah disebut sebagai 'quiet luxury', 'hidden luxury', atau 'old aesthetics', konsep dan daya pikat desain minimalis yang abadi tetap konsisten selama beberapa dekade," ungkap Elizabeth Layne, kepala pemasaran Rebag.

BACA LAGI: 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik

Quiet luxury telah mempertahankan ciri khas estetika yang sama selama bertahun-tahun sebelum memiliki nama pilihan. Dari merek-merek baru dan desainer mewah warisan, etos yang mendasarinya selalu memprioritaskan keahlian, kualitas, dan keanggunan. "Gaya cenderung memancarkan subtlety dan kecanggihan melalui detail halus, dan estetika minimalis, daripada mengandalkan branding yang jelas," jelas Elizabeth.

Untuk tas, lanjutnya, genre ditentukan oleh "clean cut, warna lembut seperti cokelat, krem, atau hitam, dan hardware minimal, atau tidak sama sekali. Detail halus seperti jahitan tonal dan branding yang bijaksana menambah 'quiet luxury' daya tarik tas yang canggih.

Bagi beberapa desainer, quiet luxury bermuara pada filosofi atau pola pikir. "Saya tidak menganggapnya sebagai tren, saya melihatnya sebagai gaya hidup," ungkap Danielle Corona, direktur kreatif dari label aksesori Hunting Season, "Sebagian besar komunitas kami menghargai nilai dalam desain yang tak lekang oleh waktu dan mereka ,biasanya, tidak dipengaruhi oleh tren."

Berikut 10 label quiet luxury yang menentukan tampilan sebelum zeitgeist fashion tertangkap, dan yang akan kita pakai selama bertahun-tahun sesudahnya.

The Row

The Row Wool Vest
The Row Wool Vest ; Courtesy of Bazaar US

The Row Isidro Ribbed Midi Skirt
The Row Isidro Ribbed Midi Skirt ; Courtesy of Bazaar US

The Row Ginza Platform Flip Flops
The Row Ginza Platform Flip Flops ; Courtesy of Bazaar US

Didirikan oleh Mary Kate dan Ashley Olsen pada tahun 2011, The Row adalah pendatang baru dalam sejarah panjang desainer fashion. Tetap saja, Elizabeth Layne menganggap "desainnya yang ramping dan canggih" sebagai beberapa contoh yang menentukan dari kemewahan yang tenang di pasar.

Pendekatan The Row terhadap pakaian dasar seperti pakaian rajut berwarna solid dan celana wol tidak pernah terasa mendasar. Pada musim panas 2021, ia berhasil menjadikan celana linen khaki sebagai barang yang harus dimiliki hanya karena keahliannya dalam melipat. (Dukungan street style dari Kendall Jenner juga membantu.) Pada saat yang sama, runway The Row sering kali menyertakan gaun selubung yang dibungkus secara eksperimental dan mantel cantik yang menjadi holy grail bagi sebagian besar kolektor mode yang setia. Rute mana pun dalam merek yang berbicara kepada Anda, itu lebih dari sepadan dengan investasinya.

Objets Daso

Objets Daso Hye Bag
Objets Daso Hye Bag ; Courtesy of Bazaar US

Objets Daso Josephine Bag
Objets Daso Josephine Bag ; Courtesy of Bazaar US

Objets Daso Vivian Bag
Objets Daso Vivian Bag ; Courtesy of Bazaar US

Objets Daso, lini baru yang "volume" pertamanya mencakup tiga tas tangan yang ditunjukkan di atas, hadir di skema aksesori mewah dengan waktu yang tepat. "Sangat menarik untuk mengamati bagaimana konsep 'kemewahan yang tenang' telah mendapatkan momentum baru-baru ini," renung co-founder Pratik Vyas, "sama halnya dengan Catharine Wang, direktur kreatif dan salah satu pendiri Objets Daso, dan saya telah mendiskusikan hal yang persis sama ."

Ketiga gaya label tersebut disatukan oleh bentuk geometris, garis tajam, dan inspirasi mendasar dari wanita terkemuka dalam sejarah: Na Hye-Seok, Vivian Maier, dan Josephine Baker. Kisarannya, ucap Catharine kepada Bazaar, memiliki rasa keabadian yang berasal dari kesederhanaannya yang elegan. Tetapi bahkan merek-merek baru pun berusaha menemukan tanda tangan desain, bahkan yang halus sekalipun.

Objets Daso 'adalah kunci yang terinspirasi dari Bauhaus. "Sketsa dan prototipe yang tak terhitung jumlahnya digunakan untuk membuat kunci yang langsung dapat dikenali dan mewujudkan esensi kecanggihan minimal merek kami," Catherine Wang menjelaskan.

Pada akhirnya, "objek kami dirancang untuk menjadi bagian penting dari rutinitas sehari-hari pelanggan kami, perpanjangan dari kepribadian dan gaya unik mereka, dan cerminan dari karakter mereka," kata Pratik, "Dan itu secara inheren menciptakan hubungan emosional yang lebih dalam daripada tren lain."

Fear of God

Fear of God mendekati siluet netral yang versatile yang merupakan elemen khas quiet luxury dalam perspektif yang menyegarkan. “Gaya hidup California di dalam/luar ruangan inilah yang benar-benar menginformasikan banyak hal tentang apa yang kami lakukan,” ungkap direktur kreatif Jerry Lorenzo sebelumnya kepada Bazaar.

Pakaian rajut oversized yang santai dan sepatu slide-on adalah beberapa penawaran yang ideal untuk mengisi padding di sekitar rumah tepi pantai di Malibu. Namun setelan merek ini juga sempurna untuk acara malam hari, seperti yang ditunjukkan Zendaya saat melakukan press dalam setelan Fear of God berwarna abu-abu musim semi lalu.

Fear of God Green Padded Bomber Jacket
Fear of God Green Padded Bomber Jacket ; Courtesy of Fear of God

Fear of God Gray Single-Button Polo
Fear of God Gray Single-Button Polo ; Courtesy of Fear of God

Fear of God Birkenstock Edition 'Los Feliz' Sandals
Courtesy of Fear of God

Toteme

Toteme Oversized Washed Jacket
Toteme Oversized Washed Jacket ; Courtesy of Bazaar US

Toteme Strapless Sateen Top
Toteme Strapless Sateen Top ; Courtesy of Bazaar US

Toteme Grain de Poudre Slim-Leg Pants
Toteme Grain de Poudre Slim-Leg Pants ; Courtesy of Bazaar US

Jaket selendang Toteme mungkin menjadi karya pertamanya yang menjadi viral di fashion TikTok, tetapi tentu saja itu bukan yang terakhir. Label yang berbasis di Stockholm mengatakan berusaha untuk membuat "aturan berpakaian dan lemari pakaian" dengan sendirinya, tetapi potongannya tidak pernah terasa seperti cut-and-paste dari lemari orang lain. Baik itu atasan satin hijau zaitun, trench coat katun, atau mantel yang secara objektif dimiliki banyak orang, ada anonimitas halus yang membuat pintu terbuka untuk peluang gaya yang tak ada habisnya.

Hunting Season

Hunting Season Iraca Woven Raffia Tote
Hunting Season Iraca Woven Raffia Tote ; Courtesy of Bazaar US

Hunting Season Striped Bucket Bag
Hunting Season Striped Bucket Bag ; Courtesy of Bazaar US

Hunting Season Nomad Bucket Bag
Hunting Season Nomad Bucket Bag ; Courtesy of Bazaar US

Direktur kreatif Hunting Season, Danielle Corona, menganggap serius longevity. "Kami merasa bertanggung jawab saat kami menampilkan sesuatu ke dunia sebagai sebuah merek, dan kami percaya bahwa pembeli kami merasakan hal yang sama tentang membeli atau memperoleh sesuatu dalam hidup mereka," ungkapnya kepada Bazaar. "Ide bagi kami adalah untuk menciptakan karya yang dibanggakan oleh seseorang dan dapat dibayangkan untuk diwariskan kepada generasi mendatang untuk digunakan dan dihargai."

Danielle mengatakan nilai dari setiap karya labelnya berasal dari ceritanya. "Siapa yang membuatnya? Bagaimana membuatnya dan di mana?" ia bertanya. Untuk Hunting Season, jawabannya melibatkan perpaduan teknik artisanal berusia berabad-abad dan perkembangan baru untuk memperbarui (tetapi tidak pernah berlebihan) tas jinjing rafia atau bucket bag kulit.

"Saya suka hubungannya dengan masa lalu dan saya menghargai bahwa beberapa hal tidak perlu diubah," tambah sang desainer.

Max Mara

Max Mara Manuela Belted Cashmere Long Coat
Max Mara Manuela Belted Cashmere Long Coat ; Courtesy of Bazaar US

Max Mara Valdez Cotton Cape
Max Mara Valdez Cotton Cape ; Courtesy of Bazaar US

Max Mara Long Belted Cashmere Coat
Max Mara Long Belted Cashmere Coat ; Courtesy of Bazaar US

Max Mara telah lama menjadi tujuan para power dresser yang menyampaikan rasa percaya diri mereka melalui kehadiran mereka. Setiap koleksi melampaui kebisingan runway lainnya dengan penjahitan yang tepat, bahan berkualitas tinggi, dan perasaan bahwa seseorang dapat menaklukkan apa pun yang dihadapinya saat mengenakan lini koleksi tersebut.

Layaknya seperti baju besi yang tidak terlihat. Mulailah dengan status outerwear (Max Mara menyempurnakan mantel kasmir dua sisi beberapa dekade yang lalu), lalu perhatikan saat seluruh lemari pakaian kerja Anda perlahan-lahan diambil alih oleh merek tersebut.

Savette

Savette Slim Symmetry Pochette
Savette Slim Symmetry Pochette ; Courtesy of Bazaar US

Savette Symmetry Pochette
Savette Symmetry Pochette ; Courtesy of Bazaar US

Small Tondo Hobo in Bone Leather
Small Tondo Hobo in Bone Leather ; Courtesy of Bazaar US

Dari Editor Fashion Bazaar hingga direktur pasar Net-a-Porter, Libby Page, pembeli selektif menganggap Savette sebagai merek pendatang baru dengan potensi pusaka. "Untuk merek tas mewah untuk masuk ke pasar yang sangat kompetitif, itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan," ungkap Libby kepada kami. Savette mewujudkannya dengan rangkaian bentuk semi-vintage yang elegan dan perangkat keras jepitan yang khas.

Loro Piana

Loro Piana Cable-Knit Sweater
Loro Piana Cable-Knit Sweater ; Courtesy of Bazaar US

Loro Piana Embroidered Linen Shorts
Loro Piana Embroidered Linen Shorts ; Courtesy of Bazaar US

Loro Piana Summer Charms Suede Slides
Loro Piana Summer Charms Suede Slides ; Courtesy of Bazaar US

Kemewahan sejati dimulai pada tingkat material. Hal ini terbukti bagi siapa saja yang mengenakan sweater wol merino atau sandal berbahan suede dari Loro Piana, yang secara luas dipuja karena perhatiannya yang cermat terhadap sumber dan hasil kainnya yang memanjakan. "Kami selalu ingin mengutamakan kain dan material," Francesco Pergamo, yang mengepalai divisi interior Loro Piana, mengatakan kepada Bazaar saat pembukaan pop-up interior Aspen. "Kami adalah perusahaan sentuhan, kami adalah perusahaan pengetahuan tentang cara membuat sesuatu dengan cara terbaik."

Ada bukti baru yang mendukung pernyataan misi Francesco. Tahun ini, Loro Piana telah meningkatkan ketertelusuran di seluruh rantai pasokannya, sehingga pembelanja yang cerdas dapat melihat dengan tepat bagaimana pakaian rajut mereka yang menggemaskan dibuat, hingga ke peternakan domba khusus tempat asal wol tersebut.


Bottega Veneta

Bottega Veneta Veneta Hobo Intrecciato Large
Bottega Veneta Veneta Hobo Intrecciato Large ; Courtesy of Bazaar US

Bottega Veneta Silver Drop Earrings
Bottega Veneta Silver Drop Earrings ; Courtesy of Bazaar US

Bottega Veneta The Pouch Intrecciato Napa
Bottega Veneta The Pouch Intrecciato Napa ; Courtesy of Bazaar US

Tambahkan Bottega Veneta ke daftar desainer yang mewujudkan "quiet luxury" sebelum dinamai ulang sebagai quiet luxury, terutama jika menyangkut aksesori. "Label ini telah membuat tas tangan bersahaja dengan kulit intrecciato yang ikonis sejak pertengahan tahun enam puluhan," jelas Elizabeth dari Rebag. Bahkan dalam potongan-potongan seperti anting-anting favorit selebritasnya yang sering terjual habis, ada kualitas pahatan minimalis dengan daya tarik abadi.

Khaite

Khaite Scarlet Cashmere-Blend Cardigan
Khaite Scarlet Cashmere-Blend Cardigan ; Courtesy of Bazaar US

Khaite Dallas Suede Ankle Boots
Khaite Dallas Suede Ankle Boots ; Courtesy of Bazaar US

Khaite Olivia Medium Leather Tote
Khaite Olivia Medium Leather Tote ; Courtesy of Bazaar US

Khaite memulai debutnya di New York Fashion Week beberapa tahun yang lalu, pada tahun 2019. Popularitas merek ini terus meningkat sejak saat itu, mendapatkan penggemar yang setia di seluruh industri mode dan membuka toko brick-and-mortar pertamanya pada tahun 2022, di mana ia juga mengadakan peragaan busana terbarunya.

Lini ini mengambil pendekatan mewah yang jelas untuk barang-barang yang sudah dikenal: kardigan berkancing kasmir dengan bralette yang serasi, denim kaki lurus, sepatu bot Western-meet-minimalist berbahan suede dan motif ular.

Seperti yang dikatakan oleh desainer Catherine Holstein sebelumnya kepada Bazaar, "Etos kami selalu tentang menciptakan pakaian yang benar-benar ingin dikenakan oleh wanita sejati, merevitalisasi gaya klasik Amerika untuk menawarkan barang-barang yang dapat dikoleksi." Nafsu untuk penemuan itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat: Penelusuran untuk label naik sepuluh persen pada indeks mode Lyst kuartal terakhir, dengan pembeli tertarik pada gaun dan aksesoris kulitnya yang seksi dan sederhana.

BACA LAGI:
5 Rekomendasi Tas Branded Buat Pemula
15 Tas Selempang Wanita Terbaru yang Bisa Anda Miliki

(Penulis: Halie Lesavage; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR US)