Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Jenis Olahraga dan Tips Diet yang Cocok Untuk Pria

Menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

10 Jenis Olahraga dan Tips Diet yang Cocok Untuk Pria
Courtesy of Pexels

Sebelum melakukan olahraga secara rutin tentu Anda harus mengetahui dahulu apa tujuan sebenarnya yang Anda inginkan.

Baik Anda ingin membentuk pola hidup sehat, berkumpul dengan teman, melepas penat, ataupun menguruskan badan, Bazaar sarankan Anda untuk turut mengatur pola makan yang tepat. 

Pada dasarnya, Anda cukup menjaga hidrasi dengan minum air putih, lalu tidak mengonsumsi kopi terlalu berlebihan, mengurangi makanan kemasan serta siap saji, dan yang paling penting dan utama adalah tidak melewati sarapan. 

Setelah memerhatikan pola makan yang baik, maka pola hidup yang sehat akan terbentuk dengan sendirinya. Olahraga dapat menjadi pendukung dari pondasi utama yang sudah terbangun, setelah itu silahkan Anda mencari olahraga yang cocok dengan kebutuhan Anda. 

Kini semakin banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di mana saja. Dengan ini, Bazaar akan membawa Anda untuk mengenal lebih dalam 10 rekomendasi olahraga yang mungkin cocok dengan gaya hidup yang bisa Anda jalani, yuk simak berikut! 

  1. Strength Training

    Latihan kekuatan otot memiliki tujuan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, yang juga tentunya menjadi andalan untuk membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Olahraga ini tergolong singkat dan disarankan untuk dilakukan secara rutin, dalam satu hari Anda dapat melakukan set latihan seperti 1-3 set dengan masing-masing gerakan dilakukan selama 40 detik. Usahakan juga saat melakukan olahraga ini Anda melibatkan tubuh bagian atas sebanyak 30% dan 70% tubuh bagian bawah. Berikut gerakan strength training yang dapat Anda lakukan di rumah:

    Squat: Gerakan setengah jongkok dan menahan bagian bokong serta perut, kegiatan ini akan melatih kekuatan otot bagian bawah.

    Lunges: Pertama, Anda harus berdiri dengan kaki terbuka lebar dan tangan di pinggang untuk mengunci perut Anda, langkahkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang, tekuk lutut kanan sampai membentuk 90 derajat dan tekuk lutut kiri sampai menyentuh lantai. Lakukan gerakan yang sama dengan perpindahan posisi kaki, gerakan ini akan membantu Anda untuk melatih kekuatan otot bawah.

    Lunges
    Courtesy of Pexels

    Plank: Salah satu olahraga yang bisa memperbaiki postur tubuh, membentuk six-pack, memperkuat otot punggung, dada, dan bahu Anda. Cukup posisikan tubuh telungkup ke lantai dengan tumpuannya pada lengan dan ujung kaki, pertahankan postur tubuh lurus dari ujung kepala hingga kaki.

    Plank
    Courtesy of Pexels

    Push Up: Gerakan olahraga ini dapat membantu untuk memperkuat otot tubuh bagian atas yang meliputi trisep, otot dada, dan bahu. Posisikan lengan lurus dengan telapak tangan sedikit lebar dari bahu dan kaki, untuk menghindari risiko cidera pastikan punggung Anda lurus. Lalu, tekuk siku dan turunkan tubuh hingga siku membentuk sudut 90 derajat, lakukan berulang sambil menarik napas.

    Sit Up: Hampir sama dengan plank, gerakan ini dapat mengencangkan otot perut. Bedanya gerakan sit up dilakukan dengan Anda berbaring telentang pada matras, lalu tekuk lutut dan letakan telapak kaki Anda di lantai, silangkan kedua tangan di depan dada atau di belakang telinga, angkat tubuh bagian atas hingga ke arah lutut sambil menghembuskan napas, turunkan tubuh secara perlahan ke posisi semula sambil menarik napas.

    Selain itu, Bazaar sudah kurasi kanal YouTube yang bisa Anda jadikan sebagai referensi yaitu dari para kreator ini, Jordan Yeoh Fitness, Jeremy Ethier, dan Juice & Toya.

     
  2. High Intensity Interval (HIIT)
    Merupakan olahraga intensitas berat yang dilakukan selama 10-30 menit. Olahraga ini akan membakar kalori cukup besar karena gerakan yang dilakukan dalam olahraga ini hampir sama dengan strength training, tetapi yang menjadi perbedaannya adalah adanya varian lompatan dalam setiap gerakan HIIT. Manfaatnya, membentuk massa otot, meningkatkan penyerapan oksigen ke otot, meningkatkan proses pembakaran lemak, dan membakar kalori dalam waktu singkat. Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga ini tentu saja dapat langsung melakukannya di rumah, hanya butuh membuka YouTube dan tonton beberapa kanal rekomendasi Bazaar berikut ini yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dari olahraga HIIT, seperti oleh Oliver Sjorstom dan Nobadaddiction

    Push Up to Plank
    Push Up to Plank
    Courtesy of YouTube Channel Oliver Sjostrom

    Squat Jump
    Squat Jump
    Courtesy of YouTube Channel Oliver Sjostrom


  3. Basket
    Bagi Anda pencinta olahraga ini Bazaar memiliki rekomendasi tempat latihan atau bermain basket bersama teman-teman Anda. Kedua tempat rekomendasi ini berada di daerah Jakarta yang mudah Anda sandangi, yang pertama di Basket Hall Gelora Bung Karno yang memiliki ruangan berstandar internasional dengan konstruksi besi dan ketinggian 15 meter. Terdapat pilihan area outdoor juga dengan lapangan yang memiliki 4 court olahraga yang strategis juga lokasinya. Kedua di Brick House yang terletak di Kalibata, desain yang diusung di lapangan basket ini adalah industrial yang tetap menghadirkan suasana sporty kaya akan elemen bola basket.

  4. Kickboxing
    Apa yang hadir di benak Anda bila mendengar kalimat kickboxing? Nyatanya, olahraga ini juga memiliki beberapa manfaat yaitu menambah kekuatan tubuh, baik untuk jantung, meredakan stress, dan tentunya, membakar kalori. Selanjutnya, kickboxing kerap kali disamakan dengan olahraga Muay Thai karena dua olahraga ini tampak mirip, walaupun sebenarnya mereka memiliki perbedaan yaitu teknik kickboxing lebih mengandalkan volume serangan berapa pukulan dan tendangan serta kelincahan, untuk Muay Thai lebih membutuhkan keahlian dalam melemparkan satu serangan pamungkas untuk melumpuhkan lawan. Nah, meski begitu, tempat latihan dari dua olahraga ini kerap berada pada tempat yang sama, Anda bisa di Dynamite Training Center Kemang, Arena Mixed Martial Art Indonesia, atau Saharsa Studio.

  5. Bulu Tangkis
    Bulu tangkis juga dikenal dengan istilah badminton yang merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat terkenal di Indonesia. Awalnya bulu tangkis hadir di Indonesia pada tahun 1933 dan pada tahun 1934 Indonesia menyelenggarakan sejumlah kejuaraan bulu tangkis yang berpusat di Bandung. Olahraga ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, karena olahraga ini kerap kali menjadi olahraga yang dapat menyatukan komunitas. Selain menjadi olahraga yang menyatukan masyarakat Indonesia, ada beberapa atlet dari Indonesia yang berhasil melangkahkan kaki sampai internasional dengan olahraga bulu tangkis seperti Susi Susanti, Taufik Hidayat, Rudi Hartono, dan Budi Kusuma.

  6. Rock Climbing
    Olahraga rock climbing atau yang juga dikenal sebagai panjat tebing merupakan olahraga di alam bebas yang selain meningkatkan adrenalin juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Panjat tebing pun memiliki beberapa jenis di antaranya ada:

    Bouldering: Panjat tebing yang menggunakan peralatan tambahan yaitu tali pengaman, dilakukan di dinding rendah dengan menggunakan crash pad untuk melindungi pendaki ketika jatuh.

    Speed climbing: Ini adalah climbing yang menekankan pada kecepatan, para pendaki berlomba untuk mencapai puncak tertinggi dalam waktu singkat.

    Lead climbing: Tipe pendakian yang melakukannya secara berdampingan, bersamaan, dan saling terhubung di mana pendaki yang jadi pemimpin mengikatkan tali pengaman pada trek pendakian sebagai pelindung untuk tim.

    Deep water soloing: Pendaki akan mendaki ketinggian tertentu yang bawahnya langsung air, jika terjatuh pendaki akan jatuh ke dalam air dan pendakian ini tergolong cukup ekstrem.

    Dry Tooling: Pada panjat tebing ini pendaki menggunakan alat khusus yaitu kapak dan crampon untuk memanjat.
    Dry Tooling
    Courtesy of YouTube Channel Dry Tooling


  7. Tenis
    Pertandingan tenis yang dapat berlangsung selama tiga puluh menit sampai tiga jam akan membantu Anda membakar kalori sebanyak 600-1,200 kalori. Selain itu olahraga ini juga akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan memperpanjang usia, untuk menunjang semangat Anda bertenis, Bazaar rekomendasikan beberapa produk yang bisa Anda dapatkan.

    Hermès Toile Chevron Tennis Bag
    Hermes Toile Chevron Tennis Bag
    Courtesy of Hermès

    Off-White Diag Stripe shorts
    Off-White Diag Stripe shorts
    Courtesy of Off-White


  8. Renang
    Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang paling membantu penurunan berat badan, karena olahraga ini akan membuat Anda menggerakkan seluruh tubuh dan berenang selama satu jam dapat membantu Anda untuk membakar kalori sebanyak 800 kalori. Selain itu, Anda juga meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan ketahanan tubuh, dan membantu mengurangi stress.

  9. Yoga
    Yoga
    Courtesy of Pexels

    Tidak hanya diperuntukan untuk wanita, olahraga ini juga sudah konon berguna untuk pria yang bisa melancarkan pernapasan, menguatkan keseimbangan tubuh, membentuk otot, meringankan nyeri dan cedera, meningkatkan jangkauan gerak tubuh. Yoga sendiri memiliki beragam jenis, di antaranya adalah Hot Yoga, yaitu latihan yoga yang akan membuat Anda berlatih yoga di dalam ruangan yang sengaja di panaskan. Panas ruangan akan mencapai sekitar 42 Celcius dengan rangkaian yoga sebanyak 26 postur. 

    Selain Hot Yoga, ada Chakra Yoga yang merupakan sebuah teknik yoga yang fokus pada 7 energi yang meliputi teknik pernapasan, teknik penguncian energi, meditasi, sampai afirmasi. Chakra Yoga biasanya berlangsung selama 1,5 jam yakni sebelum memulai Anda akan diberikan kesempatan untuk menganalisa energi dan melhat secara batin keadaan tubuh Anda, kegiatan yoga ini bisa Anda temukan secara mudah dengan teknik terdepan di Bali. Tetapi jangan sedih untuk Anda yang tinggal di Jakarta, ada beberapa rumah Yoga yang dapat Anda kunjungi seperti Laca Studio yang berada di Cipete dan Yoga @42 yang berada di wilayah Senayan. 

    Yoga
    Courtesy of Pexels




  10. Running
    Salah satu olahraga yang dapat membantu Anda melancarkan sirkulasi darah, mengurangi kolestrol jahat di dalam darah, dan menyehatkan jantung apabila Anda melakukan olahraga ini dengan rutin. Untuk membangkitkan semangat, lirik rekomendasi produk dari Bazaar untuk menunjang aktivitas ini. 

    Balenciaga Running Shorts
    Balenciaga Logo running shorts
    Courtesy of Balenciaga

    Dior Runner Sneaker
    Dior Runner Shoes
    Courtesy of Dior


Selamat mencoba!

BACA JUGA:
17 Cara Sosok Ternama Pria Menata Celana Jeans
(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Pexels, Dior, Balenciaga, Hermes, Off-White, YouTube Channel Dry Tooling, Oliver Sjorstorm)