Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Kota dengan Bangunan Tertua di Dunia

Dimana saja letak kekayaan peninggalan masa lalu tersebut?

8 Kota dengan Bangunan Tertua di Dunia

Momen berpelesir ke benua seberang tentu jangan disia-siakan. Sudah menempuh durasi perjalanan yang terbilang tidak sebentar, klimaks momen traveling harus diraih. 

Salah satunya dengan mengunjungi ikon arsitektur yang berada di kota tujuan Anda. Bangunan tua dengan segala kisah yang tersimpan di balik keberadaannya dijamin meninggalkan kesan.

Jika digambarkan, kurang lebih sama seperti keberadaan sejumlah bangunan tua yang tersebar di berbagai kota di dunia berikut ini. Tidak akan bisa terlupakan. Demikian kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan pengalaman saat mengeksplorasi destinasi arsitektur historikal berikut.

Bazaar mengurasi sejumlah bangunan tua ini bukan hanya berbasis kepada umurnya. Tetapi, tiap bangunan ini dapat menorehkan makna. Sampai dampaknya tetap terasa hingga terhadap generasi masa kini.

Tidak hanya dibawa melintasi gerbang waktu. Ini saatnya belajar sejarah dengan cara menyenangkan bersama Bazaar. Apalagi kalau bukan melalui subjek cara ‘traveling.’


1. Roma - Colosseum




Sebagian besar pasti setidaknya sudah pernah melihat sekilas visual mengenai bangunan historikal ini. Colosseum atau dikenal dengan istilah Amfiteater Flavian terletak megah di kota Roma. Walaupun bangunan bersejarah ini telah setengah runtuh, tetap tidak meninggalkan kesan agung. Colosseum dibangun sekitar tahun 70 hingga 80 Masehi.


2. Paola - Hypogeum of Ħal-Saflieni



Tidak seperti Roma yang ternama. Mungkin ini kali pertama Anda mendengar mengenai kota Paola. Kota yang hanya berpopulasi sekitar 7 ribu penduduk ini terletak di Republik Malta, Eropa bagian Selatan. Di kota ini pula terdapat salah satu peninggalan warisan UNESCO World Heritage Site yang bernama Hypogeum. Bangunan tua ini merupakan situs kuburan yang didirikan sekitar tahun 2.500 sebelum Masehi.


3. Nubia - Temple of Amada




Seolah tengah berada dalam adegan film petualangan sejarah, kita berlanjut ke kuil tertua ada di Nubia, Mesir. Di mana terletak kuil Amada yang dibangun sekitar tahun 1.500 dan 1.189 sebelum Masehi. Terlalu tua dan bersejarah, hingga tidak ada yang tahu pasti tahun didirikannya bangunan kuil tua ini.


4. Giza - Great Pyramid of Gyza




Sudah mulai terasa keseruan berpetualang menelusuri arsitektur historikal di berbagai pelosok kota dunia? Jangan berpindah laman terlebih dulu. Karena sekarang giliran sebuah bangunan piramida bersejarah bernama Great Pyramid of Giza alias Piramida Khufu. Sesuai namanya, piiramida ini terletak di kota Giza, yang merupakan kota ketiga terbesar ketiga di Mesir.


5. Khuzestan - Chogha Zanbil



Didirikan di tahun 1,250 sebelum Masehi, perjalanan menelusuri sejarah kita lanjutkan ke sebuah provinsi di Iran. Chogha Zanbil merupakan situs historikal sekaligus destinisi religi bagi penduduk lokal di sekitarnya. Kabarnya, komplek bersejarah ini ditemukan oleh sebuah perusahaan minyak yang tengah menjalankan proyek di kawasan tersebut.


6. Athena – Parthenon




Parthenon di kota Athena, Yunani, awalnya dibangun sebagai tanda penghormatan kepada Dewi Athena. Konstruksinya dimulai pada tahun 447 sebelum Masehi silam. Hingga hari ini, Parthenon menjadi salah satu destinasi favorit para turis yang tengah mengunjungi Ibukota Yunani ini.


7. Egypt - Djoser Pyramid




Kota Egypt di Mesir juga turut menyimpan kekayaan peninggalan sejarah. Apalagi kalau bukan berwujud piramida. Seperti yang sering kita saksikan di cuplikan film Blockbuster. Kota Egypt merupakan salah satu destinasi paling terkenal untuk melihat kemegahan bangunan arsitektur berbentuk segitiga tiga dimensi ini. Salah satu yang paling tua dan ternama, Piramida Djoser.


8. ‎Örencik - Gobleki Tepe






Bazaar berani bertaruh. Pasti ini pertama kalinya Anda mendengar nama kota sekaligus bangunan di foto atas. Terletak di Turki, Gobleki Tepe merupakan kuil yang terbentuk secara alami dari erupsi batu sekitar. Dan faktanya, kuil yang diperkirakan berdiri pada tahun 10.000 sebelum Masehi silam diklaim oleh seorang arkeolog asal Jerman, Klaus Schmidt, sebagai kuil tertua yang berada di dunia.


(Foto Courtesy of Instagram @inrhome,  @vb_photo_paris, @garbuzovaphoto, @wpc1927, @flyingarchitect, @nubiangeographic, @blueyedclicker, @aligolzar22, moradi67, @vb_photo_paris, @maisprala, @cyrcle, @andrkrupenko, @fbmtl, @fellixperella, @porkusalien, @felixperrella)