Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kehangatan Dalam Keluarga Indra Priawan, Nikita Willy, dan Issa Xander Djokosoetono

Bazaar mengajak Anda mengunjungi ruang personal Nikita Willy dan keluarga.

Kehangatan Dalam Keluarga Indra Priawan, Nikita Willy, dan Issa Xander Djokosoetono
Fotografer: Hendika Wahyudi

Pada Bulan Ramadan tahun ini, Bazaar mengunjungi NWIP Studio, Jakarta Selatan. Lokasinya sangat dekat dari tempat tinggal profil The Fashionable Life, Nikita Willy dan keluarga, yang hanya terletak di tower seberang, sehingga mudah dicapai dengan berjalan kaki. “Saya buat kantor di sini karena karena punya anak yang enggak bisa saya tinggal. Jadi setiap ada kerjaan seperti foto, podcast, YouTube, atau apa pun saya tinggal menyeberang saja. Seperti tadi, pas banget waktu jam makan siang kita break, saya menidurkan anak lalu balik lagi,” ucap Niki saat sesi wawancara dimulai. Pernyataan tersebut terdengar bijak. Sambungnya “Mertua saya tinggal di seberang, sementara mama saya di Jakarta Timur, mereka adalah support system yang dapat kami andalkan. Seperti hari ini, mama saya ada di unit,”

BACA JUGA: 10 Negara Terkecil Di Dunia, Tertarik Berkunjung?

Fotografer: Hendika Wahyudi

Niki bercerita tentang apa saja perubahan dalam kesehariannya di tengah ritual Ramadan, “Kebiasaan yang berubah pastinya jam 3 pagi kita sekarang harus bangun dan 3 tahun belakangan ini saya jadi masak pagi-pagi untuk membuat sahur. Dulu saya enggak pernah masak, karena biasanya dimasakin sama mama. Sekarang harus saya yang melayani. Kemudian tahun- tahun sebelumnya waktu enggak ada syuting, saya masih bisa tidur setelah salat Subuh. Tapi sekarang sudah enggak bisa, saya harus melek sampai malam karena anak saya sudah bangun. Jadi yang berbeda tidurnya jadi sangat minim saja.” Untuk mengantisipasi hal tersebut, Niki berusaha tidur lebih cepat. Setelah waktu salat Isya, ia sudah tertidur nyenyak mendekati pukul 9 malam. Untungnya, Niki adalah orang yang mudah tertidur di mana saja dan kapan saja. Ia dan suami saling berjanji untuk menggunakan kamar tidur sebagai tempat yang memang ditujukan untuk beristirahat, bukan untuk menonton dan lainnya.

Bulan Ramadan bersama keluarga menjadi hal yang istimewa bagi Niki, terlebih karena saat ini Issa, buah hatinya, sudah menginjak usia 2 tahun. “Saya merasa quality time bersama keluarga itu terbangun banget saat Ramadan. Saat sahur, anak saya bisa bangun dan berjalan ke ruang makan lalu minta dipangku. Terkadang dia makan atau hanya sekadar melihat saja. Kita selalu membiasakannya untuk makan bersama di meja. Meskipun terkadang saya dan Indra (suami Nikita) sibuk bekerja, kita sedang mengusahakan tiap buka puasa untuk selalu makan bersama di meja makan,” ia bercerita.

Saya merasa quality time bersama keluarga itu terbangun banget saat Ramadan. — Nikita Willy 

Fotografer: Hendika Wahyudi

Makan bersama memang terlihat sebagai kegiatan yang simpel, namun Niki menganggap bahwa ini adalah hal yang utama, “Saya merasakan pentingnya untuk orang tua makan bersama dengan anak di meja makan, tanpa selingan TV atau handphone, karena itu adalah salah satu bentuk quality time. Mudah-mudahan ini bisa terbawa sampai Issa besar dan kita menua, untuk bisa bersama-sama makan di meja makan, supaya bisa bercerita tentang hari kita. Meskipun suatu saat kami sudah punya kesibukan sendiri-sendiri, makan bersama adalah salah satu cara untuk memperoleh waktu berkualitas tersebut.”

Kebersamaan keluarga pun berlanjut sampai akhir Ramadan. Sudah tiga tahun terakhir, Niki memulai momen Lebaran dengan salat Id bersama mertua. Setelahnya, Ia mengunjungi mamanya, dan ditutup dengan kembali berkunjung ke rumah mertua untuk berjumpa dengan kakak-kakak dari Indra. Di sela-sela pembicaraan, Niki teringat akan humor Hari Raya, “Jadi dulu ada joke di Instagram yang bilang “Anak adalah investor kecil untuk kalian saat lagi Lebaran”. Sebelumnya saya tidak paham, akhirnya setelah dua tahun punya Issa saya baru mengerti, karena Issa mendapatkan banyak uang dari THR.”

Fotografer: Hendika Wahyudi

Konsep berkeluarga Niki dan Indra pun sedikit mengalami penyesuaian seiring dengan kehadiran Issa. Pasangan yang hobby traveling ini kini merencanakan liburan dengan mencari tempat wisata yang kid-friendly. “Kita mencari tempat atau negara yang banyak atraksi buat anak-anak. Kalau memang kita mau ke alam biasanya kita enggak bawa anak, seperti beberapa bulan yang lalu kita ke Mongolia, kita titipkan Issa ke orang tua selama satu minggu. Tapi kemarin kita ke Turki, Dubai, itu memang kid-friendly. Jadi memang sekarang kita enggak bisa egois menuruti maunya apa. Kita lebih mengikuti kegiatan apa saja yang ada untuk anak. Demikian juga dengan mencari hotel. Dulu yang pertama kita lihat adalah gym-nya, sekarang yang kita lihat adalah playground-nya atau swimming pool-nya,” jelas Niki.

Fotografer: Hendika Wahyudi

Rupanya sebelum menikah Niki dan Indra sempat memiliki kesepakatan “Kita berjanji pada saat mempunyai anak kita tidak akan mengurangi jatah travel. Kalau bisa kita justru mengajarkan anak kita untuk travel dari kecil,” ungkapnya. Keputusan itu benar-benar diwujudkan dengan mengajak Issa road trip ke Joshua Tree National Park pada saat masih berusia 5 minggu. “Dan setelah itu pas pulang ke Jakarta selama 14 jam dia juga enggak rewel. Begitu pun dengan trip selanjutnya ke Mykonos. Saya rasa dengan ini dia jadi mengetahui bahwa sepanjang perjalanan ada yang namanya pesawat, suasana di dalamnya, seperti apa kondisi tidurnya. Saat ini dia sudah balita dan bisa jalan-jalan keliling pesawat,” terangnya.

Pertumbuhan Issa juga menjadi faktor penyesuaian kesibukannya. Saat ini, Niki tak lagi mengambil pekerjaan sesering dulu. Ia memastikan untuk memperoleh day off usai hari bekerja dan hari libur untuk quality time bersama anak. Katanya, “Seperti tadi saya ceritakan, saya beruntung mempunyai support system yang siap sedia selama 24 jam, seperti mama dan mertua saya. Saya kerja maksimal hanya sampai jam 4 atau 5 sore, karena jam 6 Issa harus saya mandikan, kemudian tidur. Dan makan malam harus bersama. Jadi batasan profesional ini ada dari segi jumlah dan waktunya.”

Fotografer: Hendika Wahyudi

Sejauh pembicaraan kami berdua, apa pun pembahasannya, keluarga selalu menjadi titik utama pertimbangan Niki. Dalam segi kebersamaan, perubahan, sampai penyesuaian, semuanya diterapkan untuk mengikuti pertumbuhan keluarga kecilnya. Setelah Lebaran, Niki akan kembali melakukan aktivitasnya dengan travel, kesibukan profesional, dan personal project yang rencananya akan diumumkan di bulan ulang tahunnya, Juni. 

BACA JUGA:

Zoom Fatigue Pada Anak Itu Nyata, Pelajari Cara Mengatasinya

Simak Aktivitas Nikita Willy dan Sang Suami yang Sedang Berlibur di pegunungan Amerika Serikat

(Baca artikel "The Fashionable Life" yang terbit di edisi cetak Harper's Bazaar Indonesia - April 2024; Ditulis oleh Ardhana Utama; Fotografi oleh: Hendika Wahyudi untuk Harper's Bazaar Indonesia)