Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Negara Terkecil Di Dunia, Tertarik Berkunjung?

Daftar negara terkecil di dunia, tertarik mengunjunginya?

10 Negara Terkecil Di Dunia, Tertarik Berkunjung?
Courtesy of Instagram @cityofprague

Hingga hari ini, terdapat 195 negara di seluruh dunia. Setiap negara ini memiliki luas wilayah yang beragam. Luas wilayah dalam hal ini mencakup luas daratan serta perairan yang teluk, danau hingga sungai.

Rusia mengalahkan 194 negara lainnya dan berhasil mendapatkan posisi sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah 17,125,200 km persegi, angka tersebut mencakup seperdelapan dari luas wilayah di bumi.

Bila ada negara terbesar, maka sudah pasti ada negara yang terkecil. Apa yang pertama kali muncul di benak Anda ketika negara terkecil disebutkan? Apakah itu negara tetangga kita, Singapura yang kerap menjadi destinasi untuk pelarian singkat? Singapura memang memiliki wilayah kecil. Bila Anda menjawab Singapura, maka Anda harus siap kecewa sebab Singapura bukanlah negara terkecil di dunia.

Faktanya, Singapura masih jauh dari predikat tersebut sebab masih banyak negara yang lebih kecil darinya. Bahkan ada negara yang luas wilayahnya tidak lebih luas dari lapangan golf, lho! Penasaran apa saja negara terkecil di dunia? Teruslah membaca karena Bazaar telah merangkumnya untuk Anda!


1. Vatikan

Courtesy of Instagram @vaticannews
Courtesy of Instagram @vaticannews

Negara yang menjadi pusat dari Gereja Katolik Roma ini terbentuk pada tahun 1929 melalui Traktat Lateran ini hanya memiliki luas sebesar 0,44 km persegi. Penduduk di negara terkecil di dunia ini berjumlah sekitar 1000 jiwa ini menganut sistem pemerintahan Teokrasi yang berarti berlandaskan agama dengan Paus Fransiskus sebagai pemimpin tertinggi, meski demikian, posisi kepala pemerintahan dipegang oleh Presiden. Negara ini juga disebut sebagai enklave lantaran posisinya yang bertempat di negara lain, yakni Italia. Untuk memisahkan wilayah dari kedua negara tersebut, terdapat tembok-tembok yang melingkari kota Roma sebagai penanda wilayah Vatikan. 

Courtesy of Musei Vaticani
Courtesy of Musei Vaticani

Where to go : Selain St. Peter’s Basilica yang merupakan atraksi turis paling populer di negara ini, Anda dapat mencoba mengunjungi Museo Pio Clementino, sebuah museum yang menyimpan ratusan patung kuno dari dunia yang sangat penting dan kaya akan nilai budaya. Sangat cocok bila Anda mencintai hal-hal bernuansa kuno atau estetika khas mitologi Yunani. 


2. Monako

Courtesy of Instagram @visitmonaco
Courtesy of Instagram @visitmonaco

Negara ini memiliki luas sekitar 2 km persegi dan terletak di dalam Prancis bagian Selatan. Sistem pemerintahan yang dianut negara ini merupakan Monarki Konstitusional. Negara yang juga dikenal sebagai Kepangeranan Monako ini dikepalai oleh Pangeran Albert II saat ini. Pangeran Albert II merupakan putra dari pangeran Rainier III dan juga ikon Hollywood tahun ‘50-an, Grace Kelly. Meski kecil, negara ini memiliki populasi yang cukup banyak, yaitu sekitar 30.000 jiwa. Penataan kota Monako juga teratur, wilayahnya dilengkapi dengan teluk-teluk kecil yang bersih yang dihiasi dengan penampakan kapal-kapal yang bersandar.

Courtesy of visitmonaco.com
Courtesy of visitmonaco.com

Where to go : Monte-Carlo, sebuah distrik di negara ini yang terkenal akan kemewahannya dan juga keindahannya. Distrik ini terletak di utara Port Hercule dengan pemandangan menghadap ke arah teluk. Tempat ini cocok bagi Anda yang hobi berbelanja karena distrik ini dipenuhi dengan toko-toko desainer dan butik perhiasan kelas atas, selain itu, gedung opera yang megah serta casino dari Monako yang terkenal juga terletak di sini.

3. Nauru

Courtesy of Instagram @nauruairlines
Courtesy of Instagram @nauruairlines

Luas wilayah dari negara yang terletak di Benua Australia ini memiliki luas wilayah 21 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 13.000 jiwa. Pada tahun 1970-an hingga 1980-an, Nauru sempat menjadi negara terkaya di dunia karena kaya akan fosfat. Namun, karena sejumlah faktor, Nauru harus kehilangan predikat tersebut sebab persediaan fosfat Nauru yang menurun secara drastis. 

Courtesy of naurugov.nr
Courtesy of naurugov.nr

Where to go : Pantai Anibare, pantai yang terletak di Distrik Anibare ini menyuguhkan pemandangan pasir putih dan juga pepohonan tropis. Salah satu hal yang paling menarik dari pantai ini adalah bebatuan karang yang mencuat dari laut. 


4. Tuvalu

Courtesy of Timeless Tuvalu
Courtesy of Timeless Tuvalu

Negara ini terdiri atas sembilan 9 pulau kecil yang tersebar lebih dari 500 mil di Pasifik barat. Transportasi antarpulau biasa menggunakan perahu. Populasi dari Tuvalu adalah kurang lebih 12.000 jiwa. Funafuti merupakan ibukota dari Tuvalu. Tempat ini juga merupakan domisili dari mayoritas penduduk Tuvalu. Bandara satu-satunya juga terdapat di sini. 

Courtesy of Timeless Tuvalu
Courtesy of Timeless Tuvalu

Where to go : Bila Anda suka atmosfer wisata yang tenang dengan keindahan laut, maka Anda bisa mencoba berkeliling pulau Niulakita, Nukulaelae, Funafuti, hingga Nanumea sembari menikmati pemandangan pantai.


5. San Marino

Courtesy of Instagram @visitsanmarino
Courtesy of Instagram @visitsanmarino

Negara ini memiliki penduduk sebanyak 33,860 jiwa. Negara ini terletak di Eropa Selatan dan berbatasan langsung dengan Italia. Meski kecil, negara ini termasuk salah satu negara tertua di dunia. San Marino telah didirikan sejak Kekaisaran Romawi pada tahun 301 Masehi. Selain itu, negara ini juga dikenal dengan sirkuit balapnya yang panjang dan indah. 

Courtesy of Instagram @visitsanmarino
Courtesy of Instagram @visitsanmarino

Where to go : Gunung Titano, di sini Anda sekaligus bisa merasakan pengalaman tempat paling terkenal di San Marino pula, yakni dua menara benteng Rocca Guaita dan Torre Cesta dengan pemandangan menakjubkan yang terletak di puncak Gunung Titano. 


6. Liechtenstein

Courtesy of Instagram @fuerstentumliechtenstein
Courtesy of Instagram @fuerstentumliechtenstein

Negara terkecil berikutnya terletak di Eropa Tengah, luasnya sekitar 160 km persegi. Sama seperti Monako, Liechtenstein menganut bentuk pemerintahan kepangeranan. Meski dikepalai oleh Pangeran, pemerintahan tertinggi negara ini dipegang oleh Perdana Menteri. Negara ini juga menyandang status sebagai negara double landlocked. Hal ini dikarenakan Liechtenstein letak geografis negara ini yang berada di antara Swiss dan Austria. Meski kecil, negara ini sangat makmur. 

Schaan, Courtesy of Instagram @fuerstentumliechtenstein
Schaan, Courtesy of Instagram @fuerstentumliechtenstein

Where to go : Kota Schaan, kota kecil ini hanya berjarak 3 km dari Vaduz, ibukota Liechtenstein. Schaan juga merupakan sebuah kota kuno yang mendapatkan banyak pengaruhnya dari Roma. Di sini, Anda dapat menemukan banyak bangunan bersejarah dan juga pemandangan yang indah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan seperti mendaki gunung dan bila Anda datang di waktu yang pas, Anda juga dapat merasakan perayaan festival tertentu. 


7. Kepulauan Marshall

Courtesy of Instagram @marshallislands
Courtesy of Instagram @marshallislands

Negara ini terbentuk dari 1.200 pulau dan beberapa diantaranya berbentuk seperti rantai kepulauan karang. Negara ini berjarak dengan negara terkecil lainnya, yakni Nauru. Luas Kepulauan Marshall adalah 181,43 km persegi. Negara ini memiliki perairan yang luas dengan persentase 98,5% dari total wilayah negara. Kepulauan Marshall juga dikenal dengan keindahan alamnya. 

Courtesy of Instagram @marshallislands
Courtesy of Instagram @marshallislands

Where to go : Arno Atoll merupakan sebuah Atoll (pulau koral) yang terletak di Kepulauan Marshall, Atoll ini sendiri merupakan hidden gem dari wisata pantai yang ada di dunia. Di sini, Anda akan menemukan warna biru dari lautan yang indah, bagaikan Pasifik mungil yang dikelilingi dengan pohon palem bergoyang dan kelembutan pasir. 


8. Saint Kitts and Nevis

Courtesy of Instagram @stkittstourism
Courtesy of Instagram @stkittstourism

Saint Kitts and Nevis atau yang juga dikenal dengan Federasi Saint Christopher dan Nevis merupakan sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika dengan luas 261 km persegi. Kursi pemerintahan negara ini terletak pada ibukotanya di Saint Kitts. Penduduk di kota ini berjumlah sekitar 52.000 jiwa. 

Courtesy of Instagram @stkittstourism
Courtesy of Instagram @stkittstourism

Where to go : Taman Nasional Brimstone Hill, sebuah benteng yang dibangun untuk para budak Afrika di kawasan tersebut untuk melindungi pemukiman warga dari hantaman air laut dan bahaya lainnya.Kini benteng tersebut berada di bawah naungan UNESCO. Arsitektur dari bangunan ini mendapat pengaruh dari budaya Eropa yang menjadikannya. Tak hanya sampai di sana, Anda juga akan mendapatkan pemandangan yang indah dari hijaunya bukit dan hamparan laut biru. 


9. Republik Maladewa 

Courtesy of Instagram @visitmaldives
Courtesy of Instagram @visitmaldives

Rasanya sudah tidak asing dengan negara yang satu ini. Benar, ini adalah Maldives atau Maladewa  yang kerap kali menjadi destinasi untuk liburan romantis ataupun bulan madu. Negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia ini memiliki luas 300 km persegi. Negara ini juga mengantongi gelar sebagai negara terendah dan paling datar di dunia dengan ketinggian maksimum 2,4 meter di atas permukaan laut. Sayangnya, negara yang dikenal dengan keindahannya ini memiliki masalah isu pemanasan global yang serius. Karena perubahan iklim yang cepat dan mengakibatkan naiknya air laut, Maladewa diprediksi akan tenggelam.

Courtesy of Instagram @visitmaldives
Courtesy of Instagram @visitmaldives

Where to go : Maldives dikenal memiliki ragam pantai yang istimewa. Salah satunya adalah pantai Cocoa yang terletak di pulau Cocoa. Pantai ini memiliki keindahan yang begitu eksotis dengan bentangan pasir yang luas dan deburan ombak yang jernih. Bila ingin mendapatkan pengalaman yang lebih berbeda, Anda dapat mencoba mengunjungi pulau Vaadhoo dengan daya tarik phytoplankton yang mampu memancarkan cahaya di perairan.  


10. Republik Malta

Courtesy of Instagram @visitmalta
Courtesy of Instagram @visitmalta

Terakhir, terdapat Republik Malta atau yang biasa disebut sebagai Malta. Negara ini memiliki fakta yang cukup menarik sebab pada tahun 2018 silam, negara ini terpilih sebagai ibu kota budaya Eropa. Malta memiliki wilayah seluas 316 km persegi dengan jumlah penduduk yang tergolong sedikit, yakni sebanyak 450.000 jiwa. Negara ini juga meleburkan banyak budaya sebab letak geografisnya yang terletak di antara benua Eropa, Afrika dan juga Timur Tengah. Negara ini juga memiliki monumen yang lebih tua dari piramida Mesir. Usia piramida Mesir diperkirakan sekitar 4590 tahun, sementara pada Malta terdapat sebuah candi yang bernama Ħaġar Qim yang umurnya sekitar 5700 tahun. Ħaġar Qim dibangun antara tahun 3700 sampai 3200 sebelum masehi.

Courtesy of Instagram @visitmalta
Courtesy of Instagram @visitmalta

Where to go : Bagi Anda yang mengunjungi Malta, tidak boleh melewatkan Pulau Gozo, sebab di pulau ini Anda akan disuguhkan dengan suasana yang menenangkan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai situs bersejarah di sini seperti benteng serta kuil prasejarah yang hingga sekarang masih terjaga kelestariannya. 

Baca juga : 

Inilah Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia

Johnnie Walker Princes Street Telah Dibuka Sebagai Destinasi Wisata Wiski di Edinburgh

(Penulis : Jeslin L. Tang, Foto : Courtesy of Timeless Tuvalu, Visit Monaco, Naurugov.nr, Musei Vaticani, Instagram @nauruairlines, @marshallislands, @vaticannews, @visitmonaco, @visitsanmarino, @stkittstourism, @visitmaldives, @visitmalta, @cityofprague, @fuerstentumliechtenstein)