Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Seberapa Banyak Tabir Surya yang Harus Anda Aplikasikan ke Wajah?

Dengan begitu banyak informasi yang salah seputar SPF, seorang dokter membagikan aturan untuk tetap terlindungi.

Seberapa Banyak Tabir Surya yang Harus Anda Aplikasikan ke Wajah?
Courtesy of Bazaar UK

Ada begitu banyak informasi yang salah dan istilah pemasaran seputar penggunaan tabir surya di luar sana, terutama ketika menyangkut kulit sensitif di wajah Anda. Apakah SPF 15 dalam foundation Anda sudah cukup? Bisakah lapisan yang dioleskan pada pukul 8 pagi bertahan di kebun sampai matahari terbenam? Apakah minyak kelapa (atau bahkan, lumpur dan pasir—seperti yang ditunjukkan dalam video TikTok yang sedang tren) dapat dianggap sebagai tabir surya alami? Jawaban untuk semua pertanyaan di atas adalah tidak, tetapi itu tidak berarti menjaga kulit Anda terlindungi di semua musim harus rumit. Di sini, dokter kosmetik dan ahli perawatan kulit Dr. Sophie Shotter memberikan panduan yang jelas untuk menggunakan tabir surya wajah dengan benar.

BACA JUGA: 9 Krim Mata Terbaik untuk Kulit Sensitif

Saat ini, hanya 22 persen dari penduduk di Inggris yang menggunakan SPF setiap hari, menurut survei YouGov yang dipesan oleh FaceTheFuture, yang berarti banyak orang mengabaikan kesehatan kulit mereka. "Melindungi kulit Anda dari sinar UV yang merusak mungkin adalah cara paling penting untuk mencegah melanoma dan penuaan dini. Dan perlindungan SPF diperlukan setiap hari—tidak peduli cuacanya," Dr. Sophie mengkonfirmasi.

"Sebagai aturan umum, jangan gunakan SPF kurang dari 30. Pada bulan-bulan musim panas, gunakan SPF 50 dan oleskan kembali setiap beberapa jam sepanjang hari jika Anda berada di luar di bawah sinar matahari." (Mengenakan make-up? Tidak masalah: simpan semprotan SPF di tas Anda.)

La Roche-Posay Anthelios UVMUNE 400 Invisible Fluid SPF50

Courtesy of Bazaar UK

Vichy Capital Soleil UV-Age Daily

Courtesy of Bazaar UK

SkinCeuticals Advanced Brightening UV Defense SPF50 Sunscreen

Courtesy of Bazaar UK

Supergoop! Mineral Mattescreen SPF30

Courtesy of Bazaar UK

Ingatlah bahwa ada dua jenis filter matahari yang berbeda, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Sophie:

Filter Kimia

“Ini menyerap sinar. Pikirkan filter ini seperti spons kecil yang menyerap sinar, menghentikan mereka dari masuk ke dalam kulit Anda dan merusaknya.”

Filter Mineral

“Sering disebut sebagai 'filter fisik', ini memantulkan sinar. Pikirkan mereka seperti pemukul, memukul mereka menjauh sebelum mereka bisa masuk ke dalam kulit. Tabir surya dengan filter mineral lebih baik untuk jenis kulit sensitif karena bahan-bahan tersebut tidak diserap oleh kulit. Sebaliknya, tabir surya kimia menembus kulit.”

Perincian spektrum luas

Penting untuk memastikan bahwa tabir surya yang Anda pilih memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Ini biasanya disebut sebagai tabir surya 'spektrum luas'. Pikirkan seperti ini, kata Dr. Sophie:

"UVA melindungi terhadap sinar penuaan."

"UVB melindungi terhadap sinar terbakar."

Berapa banyak SPF yang harus diaplikasikan?

"Anda sebaiknya menganggap satu sendok makan ketika mengaplikasikan SPF ke wajah Anda. Tetapi jika Anda membutuhkan lebih banyak, silakan!"

Jika Anda tidak memiliki sendok, ketahui bahwa jumlah ini kira-kira setara dengan panjang dua jari. Meskipun ini mungkin terdengar banyak, pertimbangkan bahwa itu harus menutupi seluruh wajah Anda, kelopak mata, bibir, bagian atas telinga, dan leher.

Bagaimana memaksimalkan manfaat SPF Anda

"Juga ideal untuk menggunakan serum antioksidan yang mengandung vitamin C sebelum Anda mengaplikasikan produk SPF karena akan meningkatkan perlindungan Anda," tambah Dr. Sophie. "Antioksidan melawan molekul radikal bebas yang merusak DNA Anda, sehingga menyebabkan penuaan dini. Serum antioksidan adalah pasangan yang sempurna untuk krim SPF Anda. Menggunakan keduanya akan memberikan perlindungan terbaik terhadap sinar matahari dan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya."

BACA JUGA:

Apakah Selimut Sauna Inframerah Sebanding Dengan Kepopulerannya?

16 Parfum Terbaik yang Wajib Ada dalam Koleksi Anda

(Penulis: Roberta Schroeder dan Bridget March; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)