Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Selimut Sauna Inframerah Sebanding Dengan Kepopulerannya?

Seorang editor melakukan pengujian terhadap selimut sauna inframerah terbaik dari Sun Home Saunas untuk mengetahuinya.

Apakah Selimut Sauna Inframerah Sebanding Dengan Kepopulerannya?
Courtesy of Bazaar US

Pertama-tama, mari lihat kelebihan dan kekurangan dari selimut infrared yang sedang heboh di mana-mana ini.

Kelebihan:

  • Menenangkan
  • Mudah digunakan
  • Bagus untuk sebelum dan sesudah latihan

Kekurangan:

  • Resleting tidak selalu tertutup secara sempurna
  • Mungkin tidak cukup panjang untuk pengguna yang tinggi

BACA JUGA: Cara Menghidrasi Kulit Seperti Menurut Ahli Dermatologi

Sama seperti sauna inframerah berjalan di gym atau spa lokal Anda, selimut sauna inframerah menawarkan beberapa manfaat baik untuk kulit maupun tubuh. Mereka dikenal luas sebagai alat kesehatan yang mendorong relaksasi, membantu pelepasan toksin, dan membantu pemulihan otot—semuanya dari kenyamanan rumah Anda.

Sebagai penggemar yang lama memanaskan tubuh untuk perawatan diri, saya memutuskan untuk mencoba selimut inframerah populer dari Sun Home Saunas dan menguji klaim-klaim ini. Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Bazaar, panas inframerah meniru energi matahari sambil menghilangkan ancaman sinar ultraviolet. Saat panasnya menembus tubuh Anda, selimut inframerah meningkatkan suhu inti Anda, meningkatkan aliran darah, peredaran darah, dan mekanisme anti-penuaan.

Selimut inframerah umumnya menggunakan medan elektromagnetik untuk menghasilkan panas inframerah—dan meskipun hal ini memungkinkan panas untuk menembus tubuh lebih dalam, itu juga dapat mengekspos pengguna pada tingkat radiasi yang berbahaya. Selimut dari Sun Home Saunas menggunakan EMF dengan tingkat rendah untuk meminimalkan paparan berbahaya, bersama dengan teknologi perisai khas untuk membatasi emisi.

Saya menggunakan selimut sauna inframerah dari Sun Home Saunas selama lebih dari sebulan—lanjutkan untuk membaca ulasan lengkap saya tentang perangkat ini. Bahkan jika Anda tidak menganggap diri Anda sebagai ahli kebugaran, kemungkinan Anda masih akan menikmati manfaat yang datang dari alat tersebut setelah beberapa sesi saja.

Sun Home Saunas Infrared Sauna Blanket

Courtesy of Bazaar US

Cara pengujian

Setelah membuka kotak selimut inframerah Sun Home Saunas—bersama dengan insert bambu yang nyaman dan semprotan pembersih yang juga saya terima—saya segera memanfaatkannya sepenuhnya. Karena selimutnya dapat mencapai suhu hingga 167 derajat Fahrenheit dan berjalan selama satu jam, saya memutuskan untuk menguji efisiensinya dengan beberapa pengaturan suhu dan waktu yang berbeda.

Saya tidak benar-benar tahu apa yang diharapkan saat mencoba perangkat ini, jadi awalnya saya menggunakan metode "rendah dan lambat" yang biasa saya lakukan untuk produk baru apa pun. Namun, saya tidak benar-benar memulai perjalanan selimut sauna inframerah saya dengan pengaturan terendah. Sebagai seseorang yang selalu merasa dingin, saya tahu saya bisa menangani sedikit lebih banyak panas, jadi saya memilih waktu 45 menit pada suhu 100 derajat Fahrenheit untuk putaran pertama saya. Selain menggunakan insert yang disediakan oleh Sun Home untuk melindungi kulit saya dari terbakar, saya juga mengenakan kaus berlengan panjang, sepasang legging tepercaya, dan kaos kaki, untuk kenyamanan maksimal. Seperti yang saya duga, karena suhu tubuh saya yang sering lebih rendah, saya tidak banyak berkeringat—yang sepenuhnya baik-baik saja!—tetapi malah menikmati beberapa menit panas yang menenangkan yang meminta otot-otot saya yang tegang untuk melepaskan diri.

Selama 30 hari berikutnya, waktu dan suhu sesi saya bervariasi, begitu juga dengan posisi lengan saya (di dalam selimut versus di luar) dan jumlah pakaian yang saya kenakan saat menggunakannya. Baik saya ingin mencapai relaksasi ringan atau detoksifikasi penuh, selimut ini mampu memberikan yang saya butuhkan. Saya juga menggunakannya untuk menghangatkan otot-otot saya sebelum melakukan yoga vinyasa atau satu jam lebih dari The Class, dan untuk membantu pemulihan mereka setelahnya.

Courtesy of Bazaar US

Kemudahan Penggunaan

Salah satu aspek favorit saya dari selimut inframerah Sun Home adalah bahwa selimut ini cukup mudah dimengerti—hanya perlu disambungkan langsung ke stopkontak mana saja. Saya mungkin bahkan tidak perlu menonton tutorial singkat tentang cara menggunakannya, tetapi saya melakukannya juga, hanya untuk memastikan saya menguasai semuanya.

Setelah membuka selimut sepenuhnya dan menambahkan insert bambu (saya berbaring di dalam atau di atasnya, tergantung pada hari itu), saya meluruskan penutup resleting dan berada dalam posisi yang tepat, menutupnya sepenuhnya dengan usaha minimal. Karena remote selimut memiliki jangkauan yang cukup baik, tidak sulit untuk mengunci pengaturan yang saya inginkan setelah saya merasa nyaman.

Satu catatan: Meskipun penutupannya mudah digunakan, selimut secara perlahan mulai terbuka beberapa kali setelah saya bergeser atau menyesuaikan posisi. (Saya kira ini juga bisa dianggap sebagai hal positif, karena saya tidak pernah merasa "terkurung" saat menggunakannya.)

Selimut ini bisa dibiarkan sepenuhnya datar setelah benar-benar terbuka, sehingga sangat mudah untuk membersihkannya dengan semprotan dan beberapa tisu kertas setelah setiap sesi, sebelum membiarkannya mengering sepenuhnya. Dan meskipun saya dan suami menguji selimut ini pada waktu yang berbeda, selimut ini tidak pernah mengeluarkan aroma tidak sedap, atau memunculkan harum yang berbeda. Suatu atribut jenius pada desain dan kebersihan kami yang sempurna.

Courtesy of Bazaar US

Harga/Nilai

Selimut inframerah Sun Home Saunas mungkin terlihat seperti sebuah kemewahan untuk kesehatan yang tidak perlu dengan harga $499 (Rp 7.486.500), tetapi saya pikir itu layak untuk mengeluarkan sedikit uang lebih untuk alat ini jika itu masuk dalam anggaran Anda. Karena selimut ini bukanlah aksesori sekali pakai, pada akhirnya akan mendapatkan nilai yang cukup baik dengan penggunaan yang berkelanjutan. Perlu dicatat bahwa insert bambu dan semprotan pembersih dijual terpisah, sehingga harga total mendekati $600 (Rp 9.000.000).

Keputusan

Selimut sauna inframerah ini adalah kebutuhan kesehatan yang tidak pernah saya sadari saya perlukan. Ini telah membantu meningkatkan tidak hanya rutinitas latihan saya dengan keringat detoksifikasi pada suhu tertingginya, tetapi juga rutinitas relaksasi saya, karena penggunaannya pada suhu yang lebih rendah sangat menenangkan. Saya bahkan melihat perbedaan peningkatan dalam pola tidur saya sebagai hasil dari mencoba alat ini di malam hari. Siapa saja yang lebih tinggi dari 1,8 meter, seperti suami saya, mungkin tidak dapat sepenuhnya menutupi dada dan bahunya dengan selimut infrared, tetapi masih bisa mendapatkan manfaat dari keringat yang baik. Dan karena selimut ini dilengkapi dengan tas bawaan bermerk, selimutnya mudah digulung dan disimpan—fitur lain yang menambah kesehatan mental saya yang membaik.

Rating: 4.5/5

Sun Home Saunas tersedia untuk dibeli mulai dari $499 (Rp 7.486.500) di sunhomesaunas.com.

BACA JUGA:

Sauna Inframerah: Apa Manfaatnya?

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sauna Inframerah

(Penulis: Tiffany Dodson; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR US)