Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perayaan Tujuh Dekade Co-Pilot Milik Breitling

Sebuah inovasi klasik yang terinspirasi Ref. 765 AVI.

Perayaan Tujuh Dekade Co-Pilot Milik Breitling
Courtesy of Breitling

Peresmian jam tangan AVI klasik 42 mm menjadi sebuah jam tangan yang terinspirasi dari rilisan originalnya tahun 1953 yaitu Ref. 765 AVI Co-pilot dan empat lainnya yang legendaris.

Mari melihat kilas balik mengenai sejarah dari AVI, semuanya dimulai pada tahun 1930 saat Departemen Penerbangan Huit milik Breitling menciptakan jam tangan kokpit yang didedikasikan untuk bidang aeronautika. 

BACA JUGA: Kolaborasi Unik Dua Ikon Swiss Di Balik Inovasi Baru

Dua dekade setelah perilisan tersebut, tepatnya pada tahun 1953 Breitling memperkenalkan Ref. 765 AVI yang memiliki kronograf pilot dengan bezel yang dapat berputar 12 jam sesuai dengan waktu penerbangan. Jam tangan yang mudah dioperasikan dan mudah dibaca ini membuktikan bahwa ada alat yang sangat diperlukan bagi penerbang sehingga dengan cepat diganti namanya menjadi AVI "Co-Pilot".

Lalu, pada tahun 2021 model bertajuk Super AVI dirilis dengan sebuah koleksi dengan lingkar 46 mm yang dimana warna dan desainnya menjadi sebuah bentuk penghormatan dari empat pesawat besar dalam sejarah yaitu, North American Aviation P-51 Mustang, Vought F4U Corsair , Curtiss P-40 Warhawk, dan de Havilland Mosquito.

Georges Kern sebagai CEO Breitling mengatakan, “AVI Classic memperdagangkan beberapa fungsi untuk mencapai format pared-down yang diminta oleh pelanggan kami. Model Classic dan Super sekarang akan hidup berdampingan, memberikan lebih banyak pilihan.”

Courtesy of Breitling

Dengan menghadirkan pengenalan mesin jam kronograf Breitling Calibre 23 semakin memangkas profil dan membuat AVI Classic juga menarik dari perspektif nilai. Sedangkan pada Super AVI memiliki mesin jam Breitling Manufacture Calibre B04 bersertifikasi COSC, yang menyediakan tenaga sekitar 70 jam.

Bila melihat perkembangan dari jam AVI yang diperuntukan untuk melayani pilot dalam kondisi kokpit satu kursi, menghadirkan ukuran, keterbacaan, dan kemudahan penggunaannya menjadikannya instrumen penerbangan terpercaya. Kemudian disederhanakan dan proporsi yang disesuaikan untuk menjadi jam tangan yang cocok dikenakan di luar lingkaran penerbangan. 

Courtesy of Breitling

Memperingati 70 tahun dengan merilis edisi spesial ulang tahun yang menghadirkan peningkatan modern, seperti lapisan amorphous diamond-like carbon (ADLC) yang tahan lama yang memberi bezel warna hitam. Untuk mempertahankan karakter vintage, jam tangan ini ditenagai oleh Calibre B09 dan tetap merujuk pada rilis asli jam tangan tahun 1964 dengan ukiran caseback "One of 164".

Bagi Georges Kent edisi spesial ini adalah, “Segala sesuatu tentang edisi ulang ini sangat Breitling karena Anda dapat melihat akar jam tangan alat penerbangan kami muncul, namun justru kesederhanaan itulah yang membuatnya memiliki daya tarik universal. Itu juga mengapa AVI dalam segala bentuknya, telah teruji oleh waktu untuk menjadi salah satu koleksi kami yang paling simbolis.”

BACA JUGA:
Hublot Mempersembahkan Kemewahan “Spirit of Big Bang”
Kilau Arloji Terbaru Richard Mille Seperti Mengeksplorasi Perjalanan ke Awal Waktu

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Breitling)