Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kopi Lokal Jadi Bintang di Perayaan 21 Tahun Kehadiran Starbucks di Indonesia

Meluncurkan merchandise edisi terbatas dan mempromosikan kopi lokal.

Kopi Lokal Jadi Bintang di Perayaan 21 Tahun Kehadiran Starbucks di Indonesia
Courtesy of Starbucks Indonesia

Gerai pertama Starbucks di Indonesia hadir di Plaza Indonesia 21 tahun lalu, sejak itu Starbucks telah berekspansi ke 52 kota di Indonesia dengan memiliki lebih dari 5.500 mitra dan 540 toko yang dioperasikan. Dalam rangka perayaan 21 tahun beroperasi di Indonesia, Starbucks meluncurkan beberapa kejutan untuk pelanggan dan di antaranya adalah permainan augmented reality “The Adventures of Barista.”

BACA JUGA: The Lanesborough yang Mengundang Anda untuk Sesi 'Queen Charlotte Themed Afternoon Tea'

Jika Anda tertarik, Anda dapat memainkan permainan mulai 8 Mei 2023 dengan cara memindai kode QR yang hadir di meja setiap gerai Starbucks di Indonesia, permainan ini akan mengajak Anda untuk bertualang bersama dengan Bearista dan memenangkan Rewards. 

Starbucks juga menyediakan merchandise edisi terbatas spesial untuk konsumen setianya, menghadirkan tote bag, tumbler stainless steel yang dapat Anda pilih melalui 2 warna, tumbler bag, dan Bearista raksasa. Untuk tumbler bag tersedai pada Starbucks Delivers, pembelian giant Barista dapat Anda beli dengan harga 50.000 rupiah dengan akumulasi pembelian hingga 2 juta rupiah menggunakan Starbucks Rewards. 

Selanjutnya, Starbucks juga membuka gerai terbaru di Kintamani pada 31 Maret. Pembukaan gerai ini menjadi salah satu cara Starbucks untuk menciptakan koneksi melalui kopi. Anthony McEvoy, selaku pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, yang memegang lisensi resmi Starbucks di Indonesia menyatakan, “Sebagai salah satu pasar terpenting dunia untuk merek Starbucks, Indonesia telah memainkan peran krusial dalam masyarakat melalui kekuatan kopi dan hubungan yang diciptakannya.”

Starbucks Kintamani
Courtesy of Starbucks Indonesia

Ia juga menambahkan, “Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dunia, kami juga ingin fokus menciptakan peluang tanpa batas bagi lingkungan sekitar, dan tahun ini kami mempromosikan kopi lokal yang diambil dari lereng gunung berapi Gunung Batur, dan langsung disangrai di Starbucks Coffee Experience Center di Bali, Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano. Hal ini menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam menyangrai kopinya sendiri dan tentu saja bermanfaat bagi lingkungan dengan menurunkan jejak karbon dalam menghasilkan produk terbaik.”

Starbucks
Courtesy of Starbucks Indonesia

Selama 21 tahun hadir di Indonesia, Starbucks tidak hanya memberikan pelayanan sebuah kedai kopi pada umumnya. Tetapi, Starbucks juga menghadirkan beragam kegiatan kemanusiaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Mulai di tahun 2020, Starbucks membuka Community Store di daerah Tanah Abang Jakarta, lalu membuka Starbucks Creative Youth Entrepreneurship program dengan tujuan untuk mendukung pemberdayaan anak muda. Pada tahun 2022 Starbucks memberikan dukungan melalui Starbucks Foundation yang berkolaborasi bersama bersama Habitat for Humanity melakukan proyek air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor.

Pada tahun 2023 ini bertepatan dengan tahun Starbucks menginjak 21 tahun di Indonesia, melakukan kerjasama dengan dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, menyumbangkan lebih dari 500.000 bibit kopi melalui program Art in the Cup.

Lalu komitmen untuk mendonasikan 48.000 bibit kopi kepada petani di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2023 bertepatan dengan Hari Kopi Internasional. 

BACA JUGA:
Film Klasik Terbaik Sepanjang Masa
Fenomena Rust-Out di Tempat Kerja yang Membuat Karyawannya Merasa Datar

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Starbucks Indonesia)