Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Seumur Hidup

Dari To Kill A Mockingbird hingga Wuthering Heights, ini adalah kreasi sastra yang harus Anda rasakan.

10 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Seumur Hidup
Courtesy of Bazaar UK

"Setiap orang, baik pria atau wanita, yang tidak senang dengan novel yang bagus, pasti sangat bodoh," tulis Jane Austen di Northanger Abbey. Sementara ada banyak novel di luar sana untuk dinikmati, beberapa dianggap lebih besar atau lebih penting daripada yang lain, baik karena prosa mereka yang luar biasa, alur cerita yang menggugah pikiran, atau batasan yang mereka langgar pada saat penerbitan.

Untuk memberi diri Anda landasan sastra yang baik, kami telah mempersempitnya menjadi 10 novel yang harus dibaca yang harus setiap orang sebanyak satu kali dalam hidup mereka, banyak di antaranya masih termasuk dalam daftar bacaan sekolah hari ini.

BACA JUGA: 10 Buku Resep Favorit Bazaar yang Bisa Dibeli Sekarang

Dari penjelajahan Harper Lee tentang ketegangan rasial dalam To Kill a Mockingbird, hingga kisah roman gothic karya Emily Brontë, Wuthering Heights, dan mahakarya F. Scott Fitzgerald, The Great Gatsby, ini adalah buku klasik untuk dibaca kembali  atau ditambahkan ke daftar bacaan Anda sekarang.

Untuk inspirasi bacaan lebih lanjut, lihat artikel ini untuk rekomendasi bacaan bertema kisah cinta modern terbaik serta bacaan musim panas terbaik, dan buku-buku yang membangkitkan semangat untuk meningkatkan semangat Anda atau membawa Anda untuk tersesat dalam kumpulan halaman yang menarik dan mendebarkan.


To Kill a Mockingbird by Harper Lee

To Kill a Mockingbird by Harper Lee
Courtesy of Bazaar UK

Kisah klasik Harper Lee yang berlatarkan Alabama tahun 1930-an mungkin merupakan sebuah teks tentang ketegangan rasial di Deep South. Ceritanya mengikuti pengacara kulit putih Atticus Finch ketika ia berusaha menyelamatkan nyawa Tom Robinson, seorang pria kulit hitam yang dituduh memperkosa seorang wanita kulit putih. Dengan dinarasikan oleh putri Finch yang berusia enam tahun, Scout, situasi yang tidak adil dan tidak dapat dipahami semakin diterangi, dilihat dari mata seorang anak yang tidak bersalah.


The Catcher in the Rye by JD Salinger

The Catcher in the Rye by JD Salinger
Courtesy of Bazaar UK

"Jika Anda benar-benar ingin mendengarnya, hal pertama yang mungkin ingin Anda ketahui adalah di mana saya dilahirkan, dan seperti apa masa kecil saya yang buruk, dan bagaimana pekerjaan orang tua saya dan semua sebelum mereka memiliki saya, dan semua itu.

Omong kosong David Copperfield, tapi saya tidak ingin membahasnya, jika Anda ingin tahu yang sebenarnya," begitulah awal cerita modern JD Salinger tentang kisah masa depan, The Catcher in the Rye. Kekecewaan yang dirasakan oleh banyak remaja di Amerika tahun 1950-an ditangkap dengan cemerlang oleh pahlawan penulis yang tidak konvensional, Holden Caulfield, saat ia menceritakan petualangannya di New York City selama dua hari setelah melarikan diri dari rumah.


Great Expectations by Charles Dickens

Great Expectations by Charles Dickens
Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda akan membaca salah satu karya Dickens, jadikan sebagai Great Expectations, yang secara luas dianggap sebagai karya besar penulis hebat.

Ini bercerita tentang Pip, seorang yatim piatu yang lolos dari awal hidup yang sederhana untuk memenangkan cinta seorang gadis kelas atas, Estella. Menampilkan beberapa karakter yang paling berkesan dalam kanon sastra, mulai dari terpidana yang melarikan diri yaitu Magwitch, hingga pengantin wanita yang ditolak cintanya, Miss Havisham. Kisah ini menjadi sebuah peringatan tentang gaya hidup yang bercermin pada kemajuan sosial yang salah arah.


Lord of the Flies by William Golding

Lord of the Flies by William Golding
Courtesy of Bazaar UK

Ketika kecelakaan pesawat membuat sekelompok anak sekolah terdampar tanpa orang dewasa di pulau tropis yang sepi, tidak lama kemudian upaya peradaban mereka gagal dan naluri dasar mereka mengambil alih. Calon pemimpin Ralph mencoba mendirikan masyarakat baru dalam bayangan cermin dari masyarakat yang telah mereka tinggalkan, sementara saingannya Jack dan para pengikutnya tunduk pada naluri mereka yang lebih gelap dan menjadi liar. Sebuah studi yang sangat baik tentang sifat manusia, ini mengeksplorasi apa yang mungkin terjadi jika kita dibiarkan sendiri tanpa kerangka masyarakat, dan bagaimana manusia juga merupakan hewan di hati.


The Handmaid's Tale by Margaret Atwood

The Handmaid's Tale by Margaret Atwood
Courtesy of Bazaar UK

Bertempat di masa depan dystopian, The Handmaid's Tale membayangkan sebuah dunia saat bencana lingkungan telah menyebabkan mayoritas populasi wanita menjadi tidak subur. Ketika kelompok agama fundamentalis merebut kendali atas apa yang dulunya milik AS, wanita subur dikumpulkan dan dilatih untuk diam menjadi 'pelayan' tanpa nama, dipaksa untuk berkembang biak dengan pria yang berkuasa. Novel Margaret Atwood mengeksplorasi konsekuensi dari pembalikan hak-hak perempuan dan sejak itu dijadikan serial TV terkenal.


The Scarlet Letter by Nathaniel Hawthorne

The Scarlet Letter by Nathaniel Hawthorne
Courtesy of Bazaar UK

Akrab bagi anak-anak sekolah di mana pun berkat popularitasnya pada kurikulum, The Scarlet Letter menggunakan simbolisme untuk mengeksplorasi isu-isu termasuk dosa, penebusan dosa, dan bagaimana penampilan bisa menyesatkan. Bertempat di dunia Puritan yang ketat di Boston tahun 1640-an, film ini mengikuti kesengsaraan Hester Prynne, seorang wanita yang diasingkan dari masyarakat dan dipaksa untuk memakai huruf A merah yang diperuntukan untuk pezina sebagai hukuman karena melakukan perzinahan, sementara rekannya dalam kejahatan, yang tokoh utama dalam masyarakat ini, menebus dosanya secara pribadi karena ia menolak untuk membuka kedoknya.


Lolita by Vladimir Nabokov

Lolita by Vladimir Nabokov
Courtesy of Bazaar UK

"Lolita, cahaya hidupku, api pinggangku. Dosaku, jiwaku. Lo-lee-ta: ujung lidah melakukan perjalanan tiga langkah ke langit-langit mulut untuk mengetuk, pada tiga, di gigi. Lo .Lee.Ta." Ini adalah kalimat pembuka dari salah satu novel terindah dan kontroversial dalam bahasa Inggris, yang ironisnya ditulis oleh seorang penulis Rusia, Vladimir Nabokov. Narator, pedofil, dan penyair Lolita yang tidak dapat diandalkan, Humbert Humbert, menggoda pembaca seperti yang ia lakukan pada putri tirinya yang berusia 12 tahun, membuat kami terlibat dalam penculikan dan kejahatannya.


Wuthering Heights by Emily Brontë

Wuthering Heights by Emily Brontë
Courtesy of Bazaar UK


Tidak ada daftar bacaan yang lengkap tanpa roman gothic Emily Brontë, Wuthering Heights. Ditulis sebagai reaksi terhadap fiksi romantis populer Jane Austen, itu adalah kisah yang sama sekali lebih gelap dan lebih rumit, diatur dalam bingkai narasi dan mencakup dua generasi. Menampilkan beberapa prosa terindah dalam kanon Inggris, penggambarannya tentang hubungan cinta Heathcliff dan Cathy yang hancur menghantui pembaca lama setelah buku itu diletakkan.


Lady Chatterley's Lover by DH Lawrence

Lady Chatterley's Lover by DH Lawrence
Courtesy of Bazaar UK

Ketika suami Lady Chatterley, Clifford, kembali dari medan perang Prancis dalam keadaan lumpuh dari pinggang ke bawah, jarak emosionalnya mendorongnya ke dalam perselingkuhan yang eksplosif dengan pengawas binatang liar mereka, Oliver Mellors yang berbicara kasar dan tabu dalam masyarakat yang hidup dalam keadaan perang. Saat ini, penggambaran novel tentang eksploitasi seksual dari pahlawan wanita hampir tidak akan mengangkat alis, namun kisah cinta dan nafsu DH Lawrence yang terjadi antara lintas batas kelas sosial dianggap sangat mengejutkan publikasi pada tahun 1960 sehingga dilarang secara luas dan bahkan dikenakan pengadilan kecabulan.


The Great Gatsby by F Scott Fitzgerald

The Great Gatsby by F Scott Fitzgerald
Courtesy of Bazaar UK

Mahakarya F Scott Fitzgerald, The Great Gatsby telah menjadi identik dengan Roaring Twenties dan kematian yang disebut American Dream. Sebuah tragedi modern, menggambarkan kejatuhan Jay Gatsby, seorang jutawan baru, saat ia berusaha memenangkan kembali cinta mantan kekasihnya Daisy Buchanan, yang sekarang menikah dengan pria kaya lainnya. Dalam pencarian obsesifnya akan kekayaan dan status, seperti yang dilambangkan oleh Daisy, dia lalai untuk melihat sifat aslinya, pada akhirnya menyebabkan kejatuhannya.

BACA JUGA:
10 Mata Uang Terendah di Dunia
105 Film Paling Romantis Sepanjang Masa
(Penulis: Bazaar UK; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)