Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ratu Elizabeth Tidak Akan Menghadiri Acara Pembukaan Parlemen Karena "Masalah Mobilitas" dan Kesehatan

Sang ratu telah melewatkan berbagai acara besar sejak musim gugur yang lalu.

Ratu Elizabeth Tidak Akan Menghadiri Acara Pembukaan Parlemen Karena

Sehari sebelum acara Pembukaan Negara Parlemen Inggris akan berlangsung, Ratu Elizabeth II dikabarkan tidak akan hadir.

Baca juga: Barbie Merilis Boneka Ratu Elizabeth II Edisi Terbatas untuk Memperingati Platinum Jubilee-nya

Keputusan sang ratu dibuat hari ini dan karena masalah mobilitasnya yang berkelanjutan, yang telah ia alami sejak musim gugur yang lalu.

"Sang Ratu terus mengalami masalah mobilitas, dan dalam konsultasi dengan dokternya akhirnya dengan terpaksa memutuskan bahwa ia tidak akan menghadiri acara Pembukaan Parlemen Negara besok," ujar sumber istana kepada Bazaar.com.

"Atas permintaan Yang Mulia, dan dengan persetujuan otoritas terkait," Charles, Pangeran Wales, dan Pangeran William, Duke of Cambridge, akan menggantikannya dan bersama-sama menjalankan tugasnya, kata sumber tersebut. Sedangkan Camilla, Duchess of Cornwall, juga akan hadir di acara tersebut, seperti yang direncanakan semula.

Meskipun ia absen dari acara besok (ini menjadi pertama kali ia melewatkan acara tersebut dalam hampir 60 tahun), Ratu Elizabeth yang kini sudah berusia 96 tahun memiliki minggu yang sibuk di depan. Hari ini, ia dijadwalkan akan melakukan panggilan telepon dengan negara Australia, dan pada hari Rabu, ia direncanakan untuk menghadiri pertemuan Dewan Penasihat dan audiensi dengan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, serta pertemuan pribadi lainnya di hari-hari berikutnya.

Sang Ratu telah mengalami beberapa masalah kesehatan dalam beberapa bulan terakhir, sebagian besar berkaitan dengan mobilitasnya, dan oleh karena itu telah membawa sebagian besar audiensinya secara virtual dan melalui telepon, ketimbang secara langsung.

Februari kemarin, ia juga sempat dites positif Covid-19, tetapi berhasil pulih cukup cepat dan segera bangkit kembali.

Pada bulan Maret, ia memutuskan untuk tidak menghadiri kebaktian gereja Commonwealth Day dan meninggalkan tugas kepada Pangeran William dan Duchess Kate sebagai gantinya. Sang ratu juga menyaksikan siaran langsung kebaktian dari rumahnya di Kastil Windsor.

Sumber kerajaan mengatakan kepada Bazaar pada saat itu bahwa keputusan ratu diambil dengan "penyesalan," tetapi tetap mengikuti diskusi pribadi seputar kenyamanannya untuk melakukan perjalanan lebih dari satu jam dari Kastil Windsor ke Westminster Abbey untuk layanan tersebut.

Ia sendiri dijadwalkan akan menghadiri perayaan Platinum Jubilee— yang termasuk penampilan tradisional di balkon Trooping the Color—bersama keluarga dekatnya pada 2 Juni mendatang.

Baca juga:

Potret Ulang Tahun Terbaru Ratu Elizabeth Menampilkan Tema Aktivitas Berkuda yang Digemarinya

Kehadiran Virtual Ratu Elizabeth Merayakan Pembukaan Unit Rumah Sakitnya

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)