Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Barbie Merilis Boneka Ratu Elizabeth II Edisi Terbatas untuk Memperingati Platinum Jubilee-nya

Boneka ini menandai pertama kalinya seorang bangsawan yang masih hidup dibuat menjadi boneka Barbie.

Barbie Merilis Boneka Ratu Elizabeth II Edisi Terbatas untuk Memperingati Platinum Jubilee-nya

Dengan Ratu yang berusia 96 tahun hari ini dan menjadi tahun ke-70nya bertakhta yang akan dirayakan pada bulanJuni ini, ia tentu merayakan hari spesialnya dengan penuh warna pada tahun 2022. Tetapi ada satu kehormatan yang belum ia terima sampai sekarang: yaitu wujud boneka Barbie dengan wajahnya.

Baca juga: Potret Ulang Tahun Terbaru Ratu Elizabeth Menampilkan Tema Aktivitas Berkuda yang Digemarinya

Pembuat mainan Mattel hari ini mengumumkan perilisan sosok baru yang hadir dalam rupa Ratu Elizabeth menjelang perayaan Platinum Jubilee-nya. Lengkap dengan tatanan rambut khasnya, boneka Barbie Tribute Collection milik Ratu Elizabeth II hadir dengan salah satu tampilan khas Yang Mulia.

"Tim desain Barbie menangkap semua detail mulai dari Permata Mahkota hingga medali kecil di pita untuk mewujudkan representasi agung ini," bunyi pernyataan yang dikirim ke Bazaar. “Tiara yang dipilih terinspirasi dari Tiara Fringe Ratu Mary dan medali kecil di pita adalah Pesanan Keluarga Kerajaan. Tampilan Ratu terinspirasi oleh gaya dan warna gaun yang ia sukai dalam potret kerajaan dirinya, mengikuti tampilan khasnya dengan desain sederhana.”

Detail boneka Barbie kerajaan termasuk Order of the Garter sang ratu dengan selempang birunya dihiasi dengan bintang perak yang mewakili tatanan ksatria paling senior Inggris yang hadir selama Abad Pertengahan di pengadilan utama Eropa.

"Gaun itu bukan tiruan dari gaun mana pun yang ia kenakan, melainkan gaun yang terinspirasi oleh gaya dan warna gaun yang ia sukai dalam potret kerajaan dirinya selama beberapa tahun terakhir," tutur direktur senior desain Barbie Robert Best menjelaskan. “Jika Anda melihat potret-potret itu atau bagaimana ia berpakaian untuk acara-acara penting, ia sangat memiliki gaya dan penampilan yang khas — selalu dengan desain yang sangat sederhana dalam warna putih, untuk itu masuk akal jika boneka itu kemudian mengenakan semua perhiasan dan selempang yang menyertainya, sebagaimana layaknya pangkatnya.”

Dengan harga  75 dollar (1.076.763 rupiah), boneka itu mungkin akan menjadi wujud yang paling dekat untuk memiliki versi Fringe Tiara yang ikonis milik ratu. Pertama kali dikenakan pada hari pernikahannya dengan Pangeran Philip pada tahun 1947, dan kemudian oleh pengantin kerajaan Putri Anne dan Putri Beatrice, mahkota bertatahkan emas, perak, dan berlian itu diperkirakan bernilai sekitar 9 juta dollar (129.211.650.000 rupiah)!

Bahkan kemasannya juga sangat royal, dengan penggambaran ruang singgasana yang terinspirasi Istana Buckingham untuk menghormati kekuatan ratu di  tahun 1952. Itu juga dilengkapi dengan stand boneka untuk menampilkan ratu dalam sejumlah pose agung.

Produsen Barbie Mattel meluncurkan seri Tribute untuk merayakan wanita yang telah membuat dampak di dunia dan industri mereka. Tahun lalu, merek membuat boneka untuk mendiang aktris Lucille Ball untuk merayakan peringatan 70 tahun sitkom I Love Lucy. Ini adalah boneka pertama persembahan perusahaan yang dibuat dengan citra kerajaan yang masih hidup dan tersedia untuk dibeli melalui Amazon, Walmart, Target, dan Mattel.

Baca juga:

Kehadiran Virtual Ratu Elizabeth Merayakan Pembukaan Unit Rumah Sakitnya

Puisi dari Ratu Elizabeth Memperingati Kematian Mendiang Pangeran Philip

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)