Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Penyuka Film Klasik? Intip 50 Rekomendasi Film Klasik Terbaik Sepanjang Masa

Dari Yellow Brick Road ke Sunset Boulevard dan seterusnya.

Penyuka Film Klasik? Intip 50 Rekomendasi Film Klasik Terbaik Sepanjang Masa

1. 'It Happened One Night' (1934)

Kate Hudson dan Matthew McConaughey, Meg Ryan dan Tom Hanks, Sanaa Lathan dan Taye Diggs. Pasangan rom-com terhebat sepanjang masa harus berterima kasih kepada Clark Gable dan Claudette Colbert karena telah meluncurkan genre campuran. Dua aktor klasik ini membintangi apa yang dianggap sebagai komedi romantis pertama di bioskop, It Happened One Night karya Frank Capra. Sebuah permata hitam-putih tentang seorang sosialita yang menjadi hanya cerita yang menarik minat reporternya, ia memenangkan kelima Penghargaan Oscar tertinggi pada tahun 1935.


2. 'A Raisin in the Sun' (1961)

Lorraine Hansberry menulis drama pertama oleh seorang wanita Afrika-Amerika yang akan dilakukan di Broadway, dengan kekuatan akting Sidney Poitier, Claudia McNeil, dan Ruby Dee membawa kisah bergema ke kehidupan di atas panggung. Dua tahun kemudian, ketiganya, bersama dengan anggota pemeran asli Diana Sands, Ivan Dixon, dan lainnya akan membawa cerita Hansberry terikat layar, memenangkan sekumpulan perangkat keras di sepanjang sirkuit penghargaan. Tentang keluarga Chicago abad pertengahan yang harapannya akan masa depan yang lebih baik bergantung pada pemeriksaan asuransi jiwa—dan tidak ditipu—A Raisin in the Sun adalah tontonan tentang hak sipil yang penting.


3. 'The Wizard of Oz' (1939)

Pengembaraan yang aneh dan indah yang membawa berbagai karakternya dari pertanian Kansas dengan warna sepia ke Kota Zamrud berwarna permen di suatu tempat di atas pelangi. Film ini menyalakan saklar nostalgia itu, dan berkat berbagai penayangannya di TV jaringan selama liburan, popularitasnya tidak menunjukkan tanda-tanda memudar.


4. 'The Philadelphia Story' (1940)

Sebuah hit di Broadway, juga dibintangi Katherine Hepburn, sebelum menghiasi layar lebar, komedi romantis George Cukor tentang wartawan yang merusak pernikahan masyarakat adalah obat untuk reputasi "racun box office" Katherine Hepburn. Kita juga harus memberi satu bagian pujian untuk Cary Grant dan satu bagian untuk James Stewart.


5. 'His Girl Friday' (1940)

Didukung oleh dialog cerdas yang ditembakkan dari setiap aktor di layar, His Girl Friday bukanlah Cary Grant yang biasa. Dibintangi oleh Rosalind Russell (Bibi Mame) yang brilian dan magnetis, Cady berperan sebagai editor surat kabar yang tugas terakhirnya adalah meyakinkan mantan istrinya untuk menikah lagi dengannya. Tentu saja, drama dalam bentuk tunangan baru, pelarian utama dari penjara, dan rasa bangga seorang wanita yang kuat semuanya menghalangi, membuat 90 menit yang penuh sesak itu sama lucunya dengan komedinya dan juga jeniusnya, serta dengan wacananya.


6. 'Rebecca' (1940)

Meskipun mungkin tidak digembar-gemborkan oleh loyalis Hitchcock sebagai karya terbesarnya, Rebecca adalah satu-satunya film di resume panjang sutradara yang memenangkan hadiah Oscar teratas (sayangnya itu diberikan kepada David O. Selznick untuk produksi). Penuh dengan ketegangan khas Hitchcockian, film yang diadaptasi dari novel Gotik 1938 karya Daphne du Maurier ini dibuka melalui seorang wanita yang perlahan-lahan mengetahui kebenaran istri suaminya yang telah meninggal. Dan meskipun ada beberapa versi film, remake Ben Wheatley yang akan datang yang dibintangi Lily James adalah satu-satunya yang memiliki peluang untuk menandingi film yang pertama.


7. 'Citizen Kane' (1941)

Misteri nonlinier Orson Welles yang memecahkan cetakan tentang pencarian jurnalis untuk menafsirkan kata-kata sekarat seorang maestro media telah menjadi tempat tinggal permanen sebagai puncak dari setiap daftar film terbaik. Meskipun dicopot secara berkala, film tersebut, lebih dari 75 tahun kemudian, tetap menjadi mahakarya. Dengan kata lain: Kane memerintah.


8. 'The Maltese Falcon' (1941)

Digembar-gemborkan oleh banyak orang sebagai entri pertama ke noir Amerika, The Maltese Falcon meletakkan dasar untuk formula genre yang divisualisasikan yaitu penjahat di tambah pahlawan dan dame, serta misteri detektif John Huston adalah kombinasi sempurna antara Peter Lorre, Humphry Bogart dan Mary Astor.


9. 'Casablanca' (1942)

Berikut adalah kisah masa perang tentang kekasih yang ditakdirkan sebagai film yang sempurna. Sebuah prestasi langka untuk sebuah cerita dimasukkan ke seluloid, film ini menarik keluar puncak sentimen romantis dan ketegangan naratif dalam keseimbangan kritis, mengambil resolusi secara dramatis. Ini benar-benar sebuah karya seni.


10. 'It’s a Wonderful Life' (1946)

Seyakin Bibi Edna dicerca pada liburan, Anda dapat bertaruh bahwa dongeng Yuletide Frank Capra berada di urutan teratas antrian semua orang pada saat yang paling indah sepanjang tahun. Berkat kinerja yang menentukan karir dari James Stewart sebagai George Bailey, yang satu ini mendapatkan sayap yang abadi.


11. 'The Third Man' (1949)

Skor petik kecapi Inggris ini sama persis dengan misteri utamanya: bagaimana Harry Lime mati? Sebuah cerita detektif yang direbus dengan latar belakang Wina yang hancur, film pasca-perang penting Carol Reed terungkap saat penulis bubur kertas Holly Martins mengarungi rahasia untuk mengungkap apa yang terjadi pada temannya.


12. 'All About Eve' (1950)

Ageism industri, meskipun topik hangat untuk pendingin air saat ini, bukanlah hal baru, dan karya klasik Joseph L. Mankiewicz yang bahagia mengungkapkan prasangka kecil yang kotor pada tahun 1950. Intinya: Bintang Bette Davis yang brilian sebagai aktris berusia 40 tahun yang masa kejayaannya terancam oleh seorang jenius bernama Eve.


13. 'An American in Paris' (1951)

Daya tahan. Itulah yang akan Anda pikirkan ketika Anda menonton Gene Kelly dan Leslie Caron menutupi setiap inci layar Anda bernyanyi, menari, dan tampak luar biasa—lihat: kostum joki berwarna vanila yang dikenakan Gene menjelang akhir film; itu benar-benar menonjolkan kakinya. Dengan musik jazz yang hidup dan dipengaruhi oleh George Gershwin dan benar-benar salah satu final termegah yang pernah mendapatkan bravo, jangan kaget jika Anda merasakan dorongan untuk memberikan tepuk tangan meriah untuk film cinta-segitiga karya pemenang Oscar, Vincente Minnelli.


14. 'Sunset Boulevard' (1950)

Hollywood suka membuat film tentang film, dan Sunset Boulevard—sering dicap dengan deskripsi yang sukar dipahami oleh kritikus, sempurna—mungkin saja film meta terbaik yang pernah ada. Mengikuti bintang film bisu yang sudah tua yang siap untuk comeback-nya, itu adalah sindiran yang diselimuti kegilaan dan pembunuhan.


15. 'Singin’ in the Rain' (1952)

Pembawa standar musikal klasik, surat cinta ke Hollywood tentang transisi dari film bisu ke film bicara ini telah mengilhami hampir setiap musik untuk datang setelahnya. Keanggunan Gene Kelly yang luar biasa, pesona Debbie Reynolds yang luar biasa, dan komedi Donald O'Connor yang tak tergantikan—hanya dengan memikirkannya, kami kembali bahagia.


16. 'Roman Holiday' (1953)

Gregory Peck dan Audrey Hepburn mabuk cinta di Roma? Tidak ada dongeng yang lebih baik dari itu. Lamunan romantis William Wyler memperkenalkan dunia pada Audrey Hepburn dan pesona ikoniknya saat berada di acara penghargaan Oscar (ia pulang dengan 10 nominasi dan memenangkan tiga).


17. 'Shane' (1953)

Anda mungkin ingat kisah moralitas Starretts dan pahlawan mereka dari tugas membaca musim panas di sekolah dasar, tetapi jika Anda belum melihat adaptasi George Stevens, maka Anda belum melihat orang barat yang sebenarnya. Otentik sampai dari akar dan akhir yang ambigu, film ini berada di kedudukan tertinggi. 


18. 'Tokyo Story' (1953)

Sederhana. Menggerakkan. Mencerahkan. Semua cara untuk menggambarkan drama keluarga rumah seni Yasujiro Ozu tentang pasangan lanjut usia yang keturunan urbannya tidak punya waktu untuk mereka. Selanjutnya? Favorit di antara pembuat film yang terhormat, termasuk Martin Scorsese dan Francis Coppola, karena Tokyo Story menduduki puncak jajak pendapat sutradara Sight&Sound.


19. 'Carmen Jones' (1954)

Menampilkan pemeran kulit hitam, adaptasi layar Otto Preminger dari opera Bizet dibintangi Dorothy Dandridge berlawanan dengan Harry Belafonte. Dan meskipun sinopsisnya tampak PG di permukaan — gadis baru di kota membuat anak laki-laki liar — garisnya tidak bisa lebih jenuh dengan sindiran seksual. Belum lagi adegan cinta, dan seksualitas wanita yang menetes dari wanita terkemuka. Walaupun mungkin dia tidak bermaksud demikian, musikal erotisme sederhana karya Preminger adalah beberapa dekade di depan zamannya.


20. 'Seven Samurai' (1954)

Seven Samurai karya Akira Kurosawa adalah film yang masuk dalam daftar film yang wajib ditonton oleh setiap sutradara utama, jadi tidak ada alasan film tersebut tidak menjadi film favorit Anda juga. Intinya: Sebuah desa meminta tujuh samurai untuk membantu mempertahankan mereka melawan sekelompok bandit. Pembayaran mereka? Hanya nasi. Semuanya memuncak dalam pertempuran yang menawarkan Akira Kurosawa dan sinematografinya, Asakazu Nakai, kesempatan untuk memamerkan keterampilan aksi mereka, yang secara luas dipuji sebagai inovatif dan brilian untuk saat itu. Sebuah inspirasi untuk sinema berikutnya, Akira membuka jalan bagi film-film ikonik seperti The Magnificent Seven karya John Sturges dan The Hateful Eight karya Quentin Tarantino.


21. '12 Angry Men' (1957)

Sidney Lumet membuat debut penyutradaraannya dengan drama ruang sidang ini tentang 11 juri yang setuju dan yang mereka lebih suka nongkrong di luar jendela. Difilmkan hampir seluruhnya dalam batas-batas ruang juri yang terik, itu — tanpa keraguan —  slow burn yang sepadan dengan waktu Anda. Seperti tipuan ini.


22. 'Touch of Evil' (1958)

Meskipun produksi adalah sebuah tantangan dan film Orson Welles yang telah selesai dihancurkan oleh kritikus Amerika, segel persetujuan Eropa mendukung reputasi Touch of Evil sebagai salah satu film noir terbesar di bioskop, seperti halnya urutan pembukaan single-shot yang dinamis.


23. 'Vertigo' (1958)

Alfred Hitchcock menghabiskan waktu puluhan tahun untuk membangun kumpulan pekerjaan yang dapat mengisi seluruh daftar ini. Tetapi ketika ditekan, kita harus pergi dengan thriller psikologis yang telah mengikuti Citizen Kane untuk Sight&Sound yang didambakan; tempat teratas. Sebuah kisah obsesi yang memusingkan, ini adalah salah satu lubang kelinci yang kami sukai untuk jatuh berulang kali.


24. 'Some Like It Hot' (1959)

Lucu dan bersemangat, film harta karun nasional yang dibintangi Marilyn Monroe, Jack Lemmon, dan Tony Curtis menjadi favorit karena tiga alasan: 1) Jack dan Tony dalam rok adalah merupakan lelucon, 2) Marilyn dan nomor musiknya menular dengan cara tertentu yang kita tidak akan pernah bosan, dan 3) sutradara Billy Wilder hanya memiliki cara memadukan lelucon dengan olok-olok dan pembunuhan untuk efek samping. Adapun plotnya: Yang satu ini mengikuti dua pria yang menyaksikan massa memukul dan bergabung dengan band wanita yang menyamar sebagai femmes untuk berbaring.


25. 'The 400 Blows' dan 'Breathless' (1959, 1960)

Gelombang baru Prancis, la nouvelle vague; kata benda: gerakan sekelompok perintis untuk secara radikal menginovasi film Prancis menjadi sinema yang berani. Film pendamping ini, The 400 Blows karya Francois Truffaut, tentang seorang remaja yang siap menjalani kehidupan kriminal, dan Breathless karya Jean-Luc Godard, tentang seorang penjahat kecil yang lulus dari pembunuhan, mendefinisikan gerakan itu.


26. 'The Apartment' (1960)

Billy Wilder sutradara “Some Like It Hot” meminta Jack Lemmon dan Shirley MacClaine untuk bertemu sebentar. Lelucon romantis mengikuti Bud Baxter Lemmon menaiki tangga perusahaan — kesuksesannya sebagian besar karena kesediaannya untuk meminjamkan tempat tinggalnya kepada bosnya yang berzinah — dan melalui permainan kencan yang gagal.


27. 'La Dolce Vita' (1960)


Federico Fellini mengambil giliran untuk kontemporer dengan kisah mewah ini, yang menyertai paparazzo dalam petualangan selama seminggu dengan eselon atas Romawi menjalani kehidupan yang manis. Kami tahu apa yang Anda pikirkan: Anita Ekberg. Anak kucingnya. Fontana di trevi. Satu adegan untuk mengatur mereka semua.


28. 'Psycho' (1960)


Secara luas dianggap sebagai film yang mengubah genre, horor monokromatik Hitchcock secara seismik mengubah semua yang dipikirkan penggemar genre tentang genus yang mereka cintai. Tidak ada yang aman, manusia adalah monster yang sebenarnya, dan — peringatan spoiler — ratu jeritan mungkin akan keluar di tengah film. 


29. 'Lawrence of Arabia' (1962)


Ketika seseorang berpikir secara epik, dia berpikir dengan cara David Lean yang paling epik: Lawrence of Arabia. Sebuah petualangan live-action sebelum live-action CGI digunakan, pemenang multi-Oscar dibintangi Peter O'Toole sebagai letnan tituler Inggris dan menghabiskan 216 menit menjelajahi eksploitasi di gurun Arab. Film ini tidak untuk dilewatkan.


30. 'Mary Poppins' (1964)


Julie Andrews adalah Mary Poppins, seorang pengasuh dengan kekuatan mempesona yang melakukan sihirnya pada sebuah keluarga dalam upaya untuk membawa mereka semua lebih dekat. Sidekick-nya yang kotor namun juga menyenangkan–penyapu cerobong Bert, diperankan oleh Dick Van Dyke. Meskipun dibuat pada tahun 1964, klasik—dan animasi 2D serta lagu legendarisnya—film ini tidak lekang oleh waktu. Anda akan kesulitan untuk meyakinkan kami bahwa ada film Disney yang lebih baik di luar sana.


31. 'Repulsion' (1965)


Anda mengetahui rahasia Rosemary dan bibit iblisnya, tetapi bagaimana dengan Carol dan pisau cukurnya? Salah satu film paling aneh yang pernah Anda nonton, fitur berbahasa Inggris pertama Roman Polanksi, horor Gotik tentang mundurnya seorang wanita ke dalam kegilaan, paling baik dilihat dengan mengintip melalui celah-celah jari Anda.


32. 'The Graduate' (1967)


Kami akan mengatakannya: rayuan satir Mike Nichols, yang dibintangi oleh Dustin Hoffman yang pemalu dan Anne Bancroft yang bersemangat, cukup aneh. Tapi ya, itu sebabnya kita menyukai seni. Sebuah narasi seriocomic memetakan gelombang adat istiadat seksual di tahun 60-an, ia menerima Oscar dan meninggalkan jejaknya pada budaya Amerika. 


33. 'To Sir, with Love' (1967)


Sebelum Michelle Pfeiffer menantang murid-muridnya di dalam kota ke kontes Dylan-Dylan sebagai Louanne Johnson di Dangerous Minds, kami memiliki Sidney Poitier yang bertengkar dengan sekelompok remaja East End yang gaduh sebagai Mark Thackeray di To Sir, with Love. Dilengkapi dengan soundtrack tahun 60-an yang cocok yang menampilkan lotta harpsichord, drama yang digawangi Sidney ini sangat sentimental sampai-sampai Anda mungkin merasakannya menarik-narik saluran air mata itu.


34. 'Cool Hand Luke' (1967)


Paul Newman mendapatkan nominasi Aktor Terbaik keempatnya ketika ia dilucuti untuk memerankan Luke, seorang tahanan geng pemberontak yang penentangan kerasnya terhadap konformitas dan penolakan untuk menekuk lutut mungkin saja menjadi hal yang menghancurkannya. Di antara banyak peran akting Paul (The Hustler, Hud), perannya yang melelahkan secara fisik, menghukum secara psikologis sebagai jailbreak dengan tangan dingin ini mungkin menjadi favorit kami. Tidak setuju? Nah, lalu apa yang kita dapatkan di sini adalah kegagalan untuk berkomunikasi.


35. '2001: A Space Odyssey' (1968)

Meskipun kami tidak pernah akan menyebut Stanley Kubrick sebagai orang yang menyenangkan, orang banyak yang sangat senang dengan kontribusi kontemplatifnya terhadap sci-fi. Sebuah mahakarya musik dan metafisik yang monumental tentang evolusi, bukan hanya pengembaraan melalui ruang, tetapi melalui pikiran pembuat film jenius.


36. 'The Godfather' dan 'The Godfather Part II' (1972, 1974)

Anda dapat menganggap trilogi mafia Corleone karya Francis Ford Coppola satu kisah ekspansif untuk dikonsumsi dalam satu pesta 10+ jam yang ekspansif, tetapi dua bagian pertama yang paling bertanggung jawab atas The Godfather Effect: studi tentang bagaimana Francis selamanya mengubah cara orang Italia digambarkan di film.


37. 'Jaws' (1975)

Tidak seperti Psycho, penonton bioskop tahu apa yang diharapkan dari film thriller akuatik Steven Spielberg: hiu great white yang lapar membuat makan malam dari daging manusia. Itu tidak membuatnya kurang menakutkan. Apa yang benar-benar membedakan ba-dum spine-tingler ini, adalah menandai kelahiran blockbuster di musim panas.


38. 'Cooley High' (1975)

Sebuah komedi tentang pengalaman sekolah menengah Afrika-Amerika di tahun 60-an, Cooley High bermain seperti favorit kampus klasik lainnya termasuk American Graffiti karya George Lucas, The Outsiders karya Francis Ford Coppola, dan School Daze karya Spike Lee. Namun, satu hal yang tidak dimiliki Cooley High dengan film-film yang disebutkan sebelumnya: Tidak ada yang melihatnya. Jadi, alih-alih bermain di film yang sudah sering Anda tonton, antrekan pawang yang dimiliki oleh sahabat Preach and Cochise ini, para senior yang lebih tertarik pada permainan anak perempuan, tumpul, dan dadu daripada tugas sekolah yang membosankan.


39. 'Taxi Driver' (1976)

Duduklah di kursi penumpang dengan gaya klasik pascaperang Martin Scorsese yang membuntuti seorang veteran tertekan di belakang kemudi transportasi pilihan Kota New York. Robert de Niro memainkan karakter tituler, dan ekstrak realisme Scorsese dari penembak PTSD-nya tumbuh lebih relevan dan lebih mengkhawatirkan setiap hari.


40. 'Apocalypse Now' (1979)

Semua orang “menyukai bau napalm di pagi hari” dan bisa menyenandungkan “Ride of the Valkyrie” di B minor. Tapi turunnya masa perang yang melelahkan dari Francis Ford Coppola menjadi kegilaan telah memberi sinema lebih dari sekadar kata-kata yang berkesan dan keriuhan orkestra, seperti citra yang luar biasa dan akhir yang paling menghantui.


41. 'Double Indemnity' (1944)

Billy Wilder (The Apartment, Some Like It Hot, Sunset Boulevard) menambahkan humdinger lain ke resume panjang umpan Oscar dengan Double Indemnity. Film noir dengan satu hal dalam pikiran—pembunuhan, sayang [diucapkan dengan cerutu yang keluar dari mulut]—dibintangi oleh Fred MacMurray dan Barbara Stanwyck sebagai kekasih di pusat dari apa yang akan membuat episode Dateline yang sangat bagus: Wanita yang menggoda dan kekasih yang membunuh suaminya dengan harapan menguangkan polis asuransinya.


42. 'Imitation of Life' (1959)

Film adaptasi Douglas Sirk dari novel berjudul sama karya Fannie Hurst menampilkan dua wanita (Lana Turner, Juanita Moore) yang hidup di dunia yang sangat berbeda namun juga di bawah atap yang sama. Anda memiliki Lora, seorang bintang muda yang mencoba masuk ke industri yang didominasi pria, dan Annie, pembantu rumah tangganya yang berkulit hitam dan memiliki seorang putri berkulit putih yang pucat pasi. Dilapisi dalam pengirimannya, ini adalah tentang ibu-anak, tetapi jika Anda menggali sedikit lebih dalam, Anda akan menemukan tentang hubungan Amerika yang benar-benar bermasalah dengan ras.


43. 'In the Heat of the Night' (1967)

Sebelum In the Heat of the Night menikmati jangka panjang dalam sindikasi di jaringan televisi, Sidney Poitier mengukuhkan dirinya sebagai Mister Tibbs yang sebenarnya di layar lebar. Dalam film, yang didasarkan pada novel berjudul sama karya John Ball, Sidney memerankan seorang ahli pembunuhan Philly yang dituduh melakukan pembunuhan di sebuah kota yang bergejolak secara rasial di Mississippi, dan itu adalah peran yang memberi kita salah satu dialog terbaik dalam sejarah film: “Mereka memanggil saya Tuan Tibbs!”


44. 'Lady Sings the Blues' (1972)

Jika hanya untuk menyaksikan ikon Diana Ross memanfaatkan kecemerlangan ikon legendaris Billie Holiday, mengantrekan film biografi memukau produser Berry Gordy yang menggambarkan naik turunnya penyanyi jazz adalah suatu keharusan. Diana berlawanan dengan Billy Dee Williams dan Richard Pryor, dengan maestro musik Berry di belakang layar. Fakta menarik lainnya: Kontribusi soundtrack penyanyi utama Supremes adalah satu-satunya album pop solo nomor satu di AS.


45. 'Meet Me in St. Louis' (1944)

Siapa yang tidak suka waktu yang dihabiskan dan menangis bersama untuk menonton Judy Garland? Kenyamanan yang lebih menenangkan daripada cokelat panas di pagi Natal, bintang muda ini benar-benar bernostalgia dengan kaki. Di sini, dia bersiap untuk pindah bersama keluarga mereka ke Big Apple, mengikat ujung yang longgar dan meninggalkan yang lain berantakan selama berbulan-bulan menjelang pengiriman besar. Dan siapkan tisu untuk membawakan lagu "Have Yourself a Merry Little Christmas" yang paling melankolis yang dikenal di bioskop.


46. 'Rebel Without a Cause' (1955)

Bukan orang luar biasa yang sering disalahpahami, James Dean memerankan Jim Stark yang tampan dalam drama klasik yang dinominasikan Oscar ini. Baru di kota dan jatuh cinta pada gadis lokal Judy, seorang pemberontak dalam dirinya sendiri yang diperankan oleh Natalie Wood, Jim membuat teman, musuh, dan penonton pingsan. Peran tersebut menandai salah satu peran terakhir Dean; dia meninggal hanya satu bulan sebelum film itu diputar di bioskop.


47. 'Shadows' (1959)

Setelah mengerjakan ulang aslinya, John Cassavetes merilis film yang mendalam dan mendalam ini, memberi sinyal kepada auteurs masa depan bahwa studio tidak diperlukan untuk memasukkan proyek visioner ke layar. Berlatarkan New York City era tahun 1950-an, drama musik jazz ini mengikuti kehidupan tiga bersaudara, yang semuanya adalah ras campuran, tetapi hanya satu yang berkulit gelap. Frontal dan progresif tentang tabu pada saat itu, termasuk jenis kelamin, ras, dan pemuda, Shadows akan menjadi batu loncatan untuk sinema independen.


48. 'The Sound of Music' (1965)

Bukit-bukit itu hidup dengan suara Julie Andrews menyanyikan lagu-lagu tentang hal-hal favoritnya, rusa betina, dan mengucapkan selamat tinggal. Tentang seorang novisiat yang dikirim ke Austria untuk merawat tujuh anak, film klasik ini juga dibintangi oleh Christopher Plummer dan—percaya atau tidak—film ini merupakan hal yang menyelamatkan 20th Century Fox dari kebangkrutan, melampaui Gone with the Wind dalam jumlah film box office. Kita selalu bertaruh pada Jules.


49. 'Spring in a Small Town' (1948)

Disutradarai oleh Fei Mu, Spring in a Small Town adalah drama romantis tentang seorang wanita yang terbelah antara kewajibannya kepada suaminya dan keinginannya untuk, ahem, menelanjangi cinta pertamanya. Dikreditkan sebagai sinema Cina yang berpengaruh, film Fei Mu mendapat remake pada tahun 2002, tetapi kami sangat menyarankan untuk mencari harta karun ini dan mengalami yang asli dalam apa yang hanya dapat digambarkan sebagai kehalusan yang kuat.


50. 'Viridiana' (1955)

Pemenang Hadiah Utama di Festival Film Cannes pada tahun 1961, Viridiana yang subversif awalnya dilarang di Spanyol dan dikecam oleh Vatikan. Mungkin karena narasinya mengejutkan: agama, inses, pesta pora. Viridiana (Silvia Pinal) adalah seorang biarawati muda yang akan mengambil sumpahnya, ketika dia dipanggil ke tanah milik pamannya, di mana hal-hal yang benar-benar mengerikan terjadi. Sebuah film yang terasa buruk pada masa itu, film yang disutradarai oleh Luis Buñuel dan diproduksi oleh Gustavo Alatriste ini juga merupakan tontonan Spanyol-Meksiko yang penting.


Baca juga:
Setelah Dua Dekade, Julia Roberts Kembali Membintangi Film Rom-Com

Film Dokumenter Tentang Jennifer Lopez Akan Segera Hadir di Netflix

Penulis: Deanna Janes; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR US