Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Membeli Denim Ramah Lingkungan

Apa yang harus diwaspadai sebelum melakukan pembelian, dengan saran dari para ahli.

Panduan Membeli Denim Ramah Lingkungan
Courtesy of Bazaar UK

Berkelanjutan. Ramah lingkungan. Hijau. Sadar. Daur ulang.

Secara teratur, Anda membaca kata-kata ini pada label pakaian, tapi apa sebenarnya maksud dari kata-kata tersebut? Bagaimana Anda tahu apakah yang Anda beli lebih baik bagi planet ini, dan apa yang perlu Anda perhatikan saat berbelanja?

Untuk menghilangkan kebingungan ini, kami meminta pakar industri untuk membantu kami menyusun panduan utama dalam membangun lemari pakaian yang ramah lingkungan – dimulai dengan denim.

Courtesy of Bazaar UK

Dalam upaya untuk menjadikan industri denim lebih ramah lingkungan, banyak label (termasuk Reformation, Slvrlake, Levi's, dan Fanfare Label) bekerja keras untuk menciptakan masa depan yang lebih bertanggung jawab bagi perusahaan masing-masing, dan berupaya agar para pelanggan berbelanja yang ramah lingkungan.

“Ada begitu banyak merek hebat di luar sana yang berfokus pada sustainability,” kata Marc Lensen, kepala komunikasi dan branding global di ISKO, supplier denim berkelanjutan terkemuka yang membantu banyak merek meningkatkan sudut pandang lingkungan mereka. “Denim, seperti banyak produk lain di industri fashion, sangat bergantung pada sumber daya yang diekstraksi dari bumi, seperti kapas dan air. Tujuan kami adalah meminimalkan jejak kami sesedikit mungkin, dengan menggunakan lebih sedikit bahan baku murni, dan meningkatkan penggunaan kain daur ulang, dan juga membatasi jumlah air, energi, dan bahan kimia yang digunakan dalam proses produksi.”

Meskipun menciptakan pakaian dapat membahayakan dunia kita, ada banyak merek yang bekerja keras untuk meminimalisir dampak terhadap planet kita sambil menciptakan potongan denim penuh gaya yang dapat kita sukai selamanya. Reformasi berfokus pada traceability dalam partnership dengan Skala Ref, yang menelusuri jejak karbon dan air pada pakaiannya. Merek ini terbuka mengenai pengaruhnya terhadap dunia, yang merupakan hal penting dalam memajukan fashion berkelanjutan; akuntabilitas dan traceability merupakan hal yang mendasar, karena keduanya membantu merek dan konsumen mengetahui apa yang bisa diperbaiki.

Selain traceability, bahan sebenarnya yang digunakan juga penting untuk dipertimbangkan. Favorit selebriti Slvrlake (yaitu Joan Smalls, Kendall Jenner, dan Hailey Bieber) menggunakan kain rami yang 100 persen dapat terurai secara hayati dan tidak beracun. Rami, yang ditanam tanpa bahan kimia berbahaya, dianggap sebagai salah satu serat paling ramah lingkungan karena menggunakan separuh lahan dibandingkan kapas.

Memilih pakaian yang dibuat untuk bertahan lama juga sangat penting dalam lemari pakaian yang berkelanjutan. Pembeli seharusnya berinvestasi dalam pakaian yang bertahan lama, daripada membeli alternatif-alternatif yang buruk kualitasnya dan perlu diganti secara teratur. Untuk alasan ini, Levi's adalah salah satu merek denim paling terkenal di dunia, jeans, jaket, dan potongan denim lainnya benar-benar bertahan seumur hidup.

Courtesy of Bazaar UK

Tapi apa yang terjadi setelah Anda selesai dengan pakaian Anda? Apa yang Anda lakukan dengan denim lama Anda just as important as shopping smartly – memastikan bahwa pakaian tidak berakhir di tempat pembuangan sampah sangat penting untuk berbelanja dan hidup secara bertanggung jawab. Fanfare Label adalah contoh cemerlang bagaimana merek fesyen dapat mengurangi limbah; ini berfokus pada denim daur ulang, mengubah kelebihan pakaian dan tekstil menjadi desain kontemporer yang unik.

Sederhananya, saat berbelanja denim ramah lingkungan, ada empat faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda melakukan pembelian:

  • Traceability – pastikan Anda tahu dari mana pakaian Anda berasal
  • Materials – memahami pakaian Anda terbuat dari apa dan dampaknya terhadap lingkungan
  • Longevity – berinvestasi pada produk berkualitas baik yang akan bertahan seumur hidup
  • Circularity – periksa apakah barang tersebut dapat didaur ulang dan diberikan masa pakai baru setelah Anda selesai menggunakannya

Di bawah ini, kita bertemu dengan Kathleen Talbot dari Reformation, Louise Edgley dari Slvrlake. Kemudian dari Levi's ada Paul Dillinger, dan founder Fanfare Label, Esther Knight, yang berbagi wawasan mereka mengenai belanja denim secara berkelanjutan.

Tip apa yang bisa Anda berikan kepada pembaca kami untuk berbelanja denim ramah lingkungan?

Louise Edgley, Slvrlake: "Gunakan timeless silhouettes dengan bahan berkualitas yang akan semakin bagus seiring bertambahnya usia. Memilih style yang tersedia di lemari pakaian Anda yang sudah ada akan memastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari denim Anda."

Esther Knight, Fanfare Label: "Periksa label Anda untuk mendapatkan informasi tentang negara atau asal, pabrik, dan bahan. Apakah ada yang kurang tentang supply chain? Periksa transparansi – lihat apakah merek mengetahui tentang proses produksi lengkap dan memberi tahu Anda tentang hal itu. Terakhir, periksa bahan – apakah ada sertifikasi yang terkait dengan klaim tersebut sehingga Anda mengetahui bahwa bahan, supply chain, dan setiap tahap telah diselidiki?"

Courtesy of Bazaar UK

Paul Dillinger, Levi's: "Mulailah dengan pertanyaan sederhana: berapa banyak manfaat yang bisa saya peroleh dari pakaian ini? Kemudian pertimbangkan pembuatan pakaian tersebut sebelum Anda membelinya dan apakah pakaian tersebut dapat didaur ulang jika sudah habis masa pakainya. Pada dasarnya Anda bertanya, apakah saya akan memakainya?" cukup dan menyimpannya cukup lama agar sesuai dengan kebutuhan air, listrik, dan bahan yang digunakan untuk membuatnya?"

Apa kesalahpahaman terbesar mengenai denim berkelanjutan?

Louise Edgley, Slvrlake: “Kualitas dan otentisitas tidak dapat dicapai dalam denim secara berkelanjutan. Semuanya bergantung pada bahan yang Anda gunakan. Semua denim indigo kami di Slvrlake dibuat dari kain Italia organik dan semua hardware dan label kami dibuat dari bahan daur ulang.”

Kathleen Talbot, Reformation: "Harga adalah salah satu kesalahpahaman terbesar. Produk harus mencerminkan harga yang sebenarnya terhadap konsumennya, dan kita masih bisa memberikan dampak positif dari sepasang celana jeans dengan harga kurang dari £110. Membatasi jumlah langkah, bahan kimia, energi, dan penggunaan air sebenarnya membuat jeans lebih terjangkau dengan mengurangi biaya pada tingkat bahan dan produksi."

Esther Knight, Fanfare Label: “Secara pribadi, saya pikir kesalahpahaman terjadi karena kurangnya informasi mengenai supply chain secara keseluruhan. Merek sering kali hanya menceritakan sebagian dari kisahnya dan kehilangan informasi tertentu tentang pabrik dan pekerja garmen, dan hanya berfokus pada bahan bakunya. Klaim Sustainability sulit untuk diakses karena kurangnya informasi. Denim adalah salah satu produk yang paling berbahaya untuk diproduksi karena proses finishing dan pewarnaan yang mengandung bahan berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting bagi pekerja untuk dilindungi dan sudut-sudutnya tidak dipotong secara berurutan untuk menghemat biaya."

Mengapa denim biasa buruk bagi lingkungan?

Kathleen Talbot, Reformation: “Denim konvensional dibuat menggunakan proses intensif air dan bahan kimia. Kami tidak menggunakan bahan kimia tradisional yang berbahaya dan memerlukan air ekstra untuk mencucinya dari pakaian. Misalnya, denim populer kami Cynthia high-rise straight-leg jeans dibuat menggunakan 685 air galon lebih sedikit dibandingkan celana jeans yang diproduksi secara konvensional."

Paul Dillinger, Levi's: “Penilaian siklus hidup kami dan sejumlah penelitian serupa telah mendokumentasikan sejumlah besar air, energi, dan bahan kimia yang biasanya digunakan dalam produksi denim. Seringkali dikatakan bahwa bahan tersebut 'haus' untuk digunakan.”

Courtesy of Bazaar UK

Esther Knight, Fanfare Label: “Jeans adalah salah satu produk mode yang paling tidak ramah lingkungan di pasaran. Menurut Fashion Revolution, kapas adalah tanaman yang paling haus digunakan, yang membutuhkan 10.000 liter air untuk menghasilkan satu celana jeans dan kaos saja. Bahan kimia berbahaya adalah pewarna yang digunakan. Untuk mencapai warna tersebut dan karena banyaknya pemrosesan yang harus dilakukan denim, hal ini bisa sangat berbahaya bagi pekerja yang menghirup bahan kimia ini.

"Di Fanfare Label, kami menggunakan teknik pemrosesan laser Ozon, yang menghilangkan penggunaan bahan kimia ini. Cara pembuatan dan desain jeans denim biasa membuatnya sulit untuk didaur ulang dan digunakan kembali setelah digunakan – namun sangat penting bagi Anda untuk memperpanjang masa pakainya dan memastikan beberapa siklus hidup produk."

Apakah ada cara lain untuk menjadi lebih ramah lingkungan saat berbelanja denim?

Louise Edgley, Slvrlake: "Beli lebih baik, beli lebih sedikit. Segera investasi pada siluet klasik pada kain berkualitas yang dibuat dan tahan terhadap waktu. Selain itu, sustainability tidak hanya berhenti pada pembelian. Cara kami merawat denim kami berdampak pada lingkungan serta mempengaruhi kelangsungan hidup denim Anda. jeans. Kami merekomendasikan untuk menjemur jeans di udara terbuka di sela-sela pemakaian, membersihkan noda dengan kain lembap, lalu mencuci dengan mesin dengan siklus putaran halus dan dingin jika diperlukan – dan selalu keringkan udara."

Kathleen Talbot, Reformation: "Cara paling ramah lingkungan untuk berbelanja adalah dengan selalu menyewa, meneliti, dan membeli barang antik. Lakukan riset pada perusahaan tempat Anda berencana membeli; pastikan mereka menggunakan proses terbaik untuk menciptakan pakaian yang tidak berbahaya bagi planet ini. Ada platform di luar sana memungkinkan Anda dengan mudah memeriksa dampak merek fashion favorit Anda terhadap isu-isu yang Anda minati, misalnya Good on You."

Esther Knight, Fanfare Label: “Memperlambat dan mempertimbangkan pembelian sering kali menghasilkan belanja yang lebih bijaksana dan berkelanjutan. Mengembalikan nilai pada barang-barang yang kita miliki di lemari kita dan pembelian baru berarti kita lebih cenderung menghargai barang-barang dan tidak menganggap barang-barang fashion sebagai barang sekali pakai. Jagalah pakaian Anda, buatlah tahan lama dan belilah barang-barang yang akan relevan dengan lemari pakaian Anda selama bertahun-tahun yang akan datang."

Mengapa traceability sangat penting ketika berbelanja secara berkelanjutan?

Louise Edgley, Slvrlake: “Memahami asal muasal sebuah pakaian memungkinkan kita untuk sepenuhnya memahami dampak lingkungan dan sosial dari pembuatannya. Hal ini memungkinkan kita untuk secara proaktif merespons praktik-praktik yang lebih baik dan teknologi baru seiring dengan perkembangannya.”

Kathleen Talbot, Reformation: “Menelusuri supply chain adalah satu-satunya cara untuk benar-benar memastikan bahwa Anda mengetahui apa yang Anda beli, dan seberapa berkelanjutan produk tersebut dibuat. Dengan memiliki transparansi dan akuntabilitas sejati sejak tahap bahan mentah sebuah garmen, Anda dapat memberikan lebih banyak otonomi kepada pelanggan, yang di mana mereka memiliki power untuk membeli."

Courtesy of Bazaar UK

Esther Knight, Fanfare Label: “Kemampuan penelusuran sangat penting karena dapat menjaga para pekerja dan orang-orang yang terlibat dalam produksi hingga produk akhir garmen. Hal ini memungkinkan merek untuk menganalisis lebih dalam asal usul, serat, bahan, pewarna kimia, dan pekerja yang terlibat dalam rantai pasokan. Traceability, pengetahuan tentang supply chain itu tidak ada dan merek tidak dapat menjamin keberlanjutan atau membuat perubahan positif jika diperlukan."

Paul Dillinger, Levi's: “Hal ini memungkinkan kami – dan para pemangku kepentingan kami – untuk memahami dan melacak dampak program-program tersebut terhadap lingkungan dan komunitas yang terkena dampak rantai nilai kami.”

Apakah minat pembeli terhadap denim berkelanjutan meningkat dalam beberapa tahun terakhir?

Louise Edgley, Slvrlake: “Kita semua sudah menyadari dampak lingkungan dari pilihan kita dan mulai menuntut perubahan nyata. Industri secara keseluruhan sudah mulai bergerak ke arah keberlanjutan. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, namun ada perubahan besar dalam hal ini.”

Kathleen Talbot, Reformation: "Kita semua memakai denim; ini adalah salah satu andalan dari sebagian besar lemari pakaian. Melihat perluasan penawaran denim berkelanjutan di pasar, mulai dari merek ternama hingga label independen yang lebih kecil, merupakan hal yang menjanjikan. Dengan adanya media sosial, konsumen menjadi lebih sadar akan hal ini. dari dampak etis dalam kehidupan mereka sehari-hari. Masyarakat kini lebih diberdayakan dengan informasi dibandingkan sebelumnya dan dapat memilih sendiri apa yang ingin mereka beli dan dari mana."

Bagaimana pembaca kami dapat mengetahui apakah suatu merek benar-benar berkelanjutan?

Louise Edgley, Slvrlake: "Ajukan pertanyaan kepada merek secara langsung jika ragu. Beberapa merek secara aktif berbagi dan yang lainnya tidak, tetapi Anda selalu dapat langsung mengirim pesan ke suatu merek untuk mengetahuinya."

Kathleen Talbot, Reformation: "Sayangnya, saat ini banyak terjadi green washing di industri ini. Kata-kata seperti 'alami' atau 'dapat terurai secara hayati' mungkin dapat memberikan informasi yang salah kepada pelanggan sehingga berpikir bahwa suatu produk lebih ramah lingkungan. Lakukan penelitian menyeluruh."

Courtesy of Bazaar UK

Esther Knight, Fanfare Label: “Cara yang baik untuk menentukan keaslian kapas organik adalah dengan sertifikasi, yang digunakan dalam dunia fesyen untuk mengatur rantai pasokan dan pembuatan pakaian. Sertifikasi utama dalam penggunaan kapas organik adalah GOT – standar terdepan untuk pemrosesan berkelanjutan tekstil organik. Setiap langkah dalam rantai pasokan diperiksa, mulai dari pemanenan bahan mentah hingga pemrosesan, manufaktur, pengemasan dan pelabelan. Sertifikasi ini juga memastikan bahwa kondisi kerja aman dan tidak ada diskriminasi atau pekerja yang terjadi di seluruh supply chain.

"Pastikan ketika sebuah merek berbicara tentang penggunaan kapas organik, merek tersebut disertifikasi oleh Organic Content Standard (OCS) atau GOT, jika tidak maka tidak ada ketertelusuran. Kami juga menggunakan Global Recycled Standard (GRS) untuk menunjukkan bahwa kandungan bahan daur ulang dalam suatu produk telah dilacak dan diverifikasi oleh pihak ketiga. Produk dengan sertifikasi ini menyoroti komitmen mereka terhadap praktik sosial, lingkungan, dan kimia yang bertanggung jawab dalam produksi."

Apa pandangan Anda mengenai masa depan denim berkelanjutan?

Kathleen Talbot, Reformation: “Visi saya adalah 100 persen produk sirkular dan ramah lingkungan. Kami berharap dengan terus mencari teknologi inovatif seperti FibreTrace, kami akan menginspirasi merek lain.”

Paul Dillinger, Levi's: “Industri denim yang lebih ramah lingkungan harus lebih bijaksana dan terencana dalam desain dan penciptaan produk. Kami ingin memberikan konsumen pilihan yang berkualitas dan lebih ramah lingkungan – pilihan yang membutuhkan lebih sedikit sumber daya, gaya dan fabrikasi yang tahan lama, dan pada akhirnya dapat diperbaiki, dijual kembali atau didaur ulang. Konsumen memiliki kekuatan untuk menuntut hal ini."

Esther Knight, Fanfare Label: “Masa depan keberlanjutan secara umum, tidak hanya pada denim, adalah mempertimbangkan akhir masa pakai semua produk dengan mengadopsi pendekatan sirkular terhadap fashion. Kami melakukannya dengan memperpanjang masa pakai setiap produk dan memungkinkannya memiliki beberapa siklus hidup – dengan memperbaiki, menggunakan kembali, dan mendesain ulang agar dapat relevan lagi bagi pelanggan. Hal ini akan membuat pakaian tetap dapat digunakan dan mencegahnya berakhir di tempat pembuangan sampah. Selain itu, kita akan melihat gerakan menuju daur ulang pakaian menjadi kain baru – kita telah melihat banyak infrastruktur namun di bidang ini, masih banyak yang harus dilakukan."

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of Bazaar UK)