Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Panduan Lengkap Mengenai Cara Menerapkan Pola Diet Plant-Based

Kiat praktis dan realistis yang dikemukakan langsung oleh seorang ahli.

Ini Panduan Lengkap Mengenai Cara Menerapkan Pola Diet Plant-Based

Saat kita tiba di bulan Januari, kemungkinan besar Anda akan merasa sedikit lebih berat dan setelah Natal.

Baca juga: Ini Perbedaan Diet Plant-Based dan Diet Vegan

Seperti kebanyakan orang, Resolusi Tahun Baru Anda mungkin melibatkan makan lebih sehat, melakukan lebih banyak olahraga atau hanya secara umum meningkatkan gaya hidup yang lebih bugar. Tetapi dengan begitu banyak variasi diet dan gaya olahraga untuk dipilih, sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya layak dilakukan dan mana yang hanya gimik belaka.

Salah satu tren Januari yang sangat populer adalah Veganuary, di mana Anda disuruh untuk mengikuti pola makan vegan selama sebulan, untuk membantu Anda merasa lebih sehat setelah asupan makan yang berlebihan di bulan Desember.

Makan nabati atau plant-based, yang merupakan salah satu jenis veganisme dari banyak bentuk model, pada awalnya dapat tampak sebagai konsep yang luar biasa. Untuk itu, Bazaar pun berbincang dengan Camilla Fayed, pendiri Farmacy, sebuah restoran nabati yang populer di daerah Notting Hill, London, membagikan tipsnya tentang cara menyesuaikan gaya hidup Anda untuk mengakomodasi pola makan nabati baru Anda.

"Mulailah dari yang paling dasar."


"Saya percaya bahwa makanan adalah obat dan selain mengikuti pola makan vegan, kita harus mencoba makan sebanyak mungkin makanan alami, organik, dan nabati.

"Cobalah untuk menghindari makan junk food yang mengandung berbagai macam bahan kimia, bahkan jika sekalipun itu dijuluki sebagai ramah vegan. Ini tidak mengandung manfaat kesehatan yang sama seperti makanan alami.

"Konsumsi produk organik dari pasar lokal atau coba tanam sendiri. Sebaiknya hindari makanan dari supermarket karena makanan organik biasanya terlalu mahal dan sudah terbungkus plastik."

"Dengarkan tubuhmu."

"Seperti halnya semua perubahan, dibutuhkan waktu bagi tubuh dan pola pikir untuk beradaptasi dan setiap pendekatan yang berbeda bekerja untuk orang yang berbeda. Untuk itu jangan merasa tertekan untuk harus bangun di suatu pagi dan tidak pernah makan sedikitpun. Makan keju sedikit atau makan sepotong kecil kue dengan telur di dalamnya adalah bukan hal yang berdosa.

"Mulailah dengan meninggalkan hal-hal yang menurut Anda paling mudah untuk dihindari dan kemudian perlahan-lahan mulai menghindari makanan berbasis produk hewani lainnya karena tubuh Anda sudah terbiasa. Anda akan menemukan bahwa setelah beberapa saat Anda mulai kehilangan selera untuk makanan tersebut. Yang penting adalah melakukannya di waktu Anda sendiri dengan cara yang sesuai untuk Anda.

"Apabila Anda beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu mengikuti pola makan nabati dan kemudian makan sebatang coklat suatu hari, jangan menyalahkan diri sendiri tentang hal itu dan memutuskan Anda tidak bisa melakukannya. Setiap hari Anda memilih untuk makan lebih banyak makanan nabati adalah langkah ke arah yang benar dan perubahan positif untuk kesehatan Anda sendiri dan juga planet ini."

Camilla Fayed, pendiri dari Farmacy.
Camilla Fayed, pendiri dari Farmacy.
"Bagaimana memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin?"

"Ada kesalahpahaman umum bahwa orang yang mengikuti pola makan plant-based berjuang untuk mendapatkan cukup zat besi dan protein. Cobalah untuk makan setidaknya satu kali sehari yang mengandung tiga atau lebih kelompok makanan berikut yaitu: karbohidrat, protein, lemak sehat, dan tentu saja - banyak buah serta sayuran.

"Jadikan piring Anda sewarna mungkin yang akan memanjakan mata dan juga perut. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari terlalu banyak makanan berwarna krem yang cenderung kurang padat nutrisi dan lebih banyak diproses.

“Anda dapat memaksimalkan jumlah nutrisi dengan meluangkan waktu untuk menyiapkan hidangan dengan cara tertentu. Misalnya, biji-bijian jauh lebih bergizi dan mudah dicerna ketika direndam terlebih dahulu atau ditumbuk. Dengan cara yang sama, kacang aktif juga akan jauh lebih bermanfaat bagi sistem tubuh Anda daripada kacang biasa."

"Ketahui pengganti yang tepat"

"Fokuslah pada apa yang bisa Anda miliki, bukan apa yang tidak bisa Anda miliki. Banyak orang mengira makanan nabati itu membosankan, tetapi Farmacy menunjukkan bahwa makanan itu enak, mengasyikkan, mudah disiapkan, dan dinikmati setiap hari. Apalagi dengan resep makanan penutup, karena kami menggunakan bahan-bahan seperti kakao sebagai pengganti cokelat, atau kurma sebagai pengganti gula rafinasi.

"Belajar menikmati gaya hidup plant-based dengan cara fokus pada semua makanan utuh yang berwarna-warni dan alami yang dapat Anda nikmati, bukan terpaku pada makanan olahan yang Anda coba hindari.

"Tips memasak terbaru saya adalah menggunakan Aquafaba (air kacang buncis) yang fantastis sebagai pengganti telur. Sangat murah untuk dibeli karena itu hanya cairan yang tersisa dari sekaleng buncis dan berarti tidak ada limbah! Anda dapat menciptakan kembali tekstur lembut yang diberikan telur dengan pengganti ini, sehingga Anda dapat membuat segalanya mulai dari meringues hingga es krim."

" Diet nabati saat keluar rumah"

"Selalu bawa beberapa makanan ringan, seperti pisang, segenggam kacang atau mangga kering. Dengan cara ini Anda selalu memiliki sesuatu untuk menahan rasa lapar di antara waktu makan, atau jika Anda menginginkan sesuatu yang manis."

"Jika Anda punya waktu yang cukup luang di malam sebelumnya, atau di akhir pekan, Anda juga dapat membuat salah satu camilan manis favorit saya dalam jumlah besar yaitu kue Macadamia Putih. Kue ini bebas gluten dan gula halus, cocok untuk dinikmati sebagai camilan di sore hari, baik di rumah ataupun di perjalanan."

"Mengubah sikap"

"Banyak orang mengaggap makanan nabati sebagai sesuatu kekangan, tetapi orang dapat mengikuti pola makan plant-based dan tetap menikmati makanan klasik yang menenangkan dan makanan penutup yang memanjakan. Saran saya adalah bereksperimen, mencoba hal-hal baru dan hal-hal lama juga - tetapi dibuat dengan cara baru."

"Tren mengonsumsi makanan nabati semakin diminati, dengan meningkatnya jumlah restoran nabati di seluruh dunia dan sejumlah besar makanan ringan nabati sekarang tersedia di kedai kopi, pusat kebugaran, toko makanan lokal, maupun toko makanan."

"Di Farmacy, kami menghitung bahan kimia, bukan kalori. Orang-orang sesekali menikmati hidangan dan sebenarnya salah satu alasan utama saya membuka restoran adalah untuk membantu membuat makan sehat menjadi menyenangkan.

"Selain dari penelitian online, ada sejumlah film dokumenter hebat yang dapat Anda tonton, seperti Cowspiracy dan What The Health untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampaknya terhadap planet kita."

"Melangkah lebih jauh dengan diet Anda."

"Jadikan bebas plastik dan slow-fashion sebagai gaya hidup. Plastik sekarang mencemari setiap sudut dunia kita, dari sungai lokal hingga laut Arktik. Mereka bahkan ada dalam rantai makanan kita. Kami secara aktif berusaha menghindari penggunaan plastik sama sekali. Dengan menggunakan pemasok seperti Vegware untuk mendapatkan alternatif kemasan nabati, kami tahu bahwa semua kemasan kami tidak hanya 100 persen dapat didaur ulang, tetapi juga dalam banyak kasus juga 100 persen dapat dibuat kompos."

"Dalam pengantar buku masak kami, kami sebenarnya memiliki beberapa bagian tentang 'Conscious Choices' yang menguraikan bagaimana Anda dapat mengadopsi prinsip-prinsip ini di rumah. Dari daur ulang, makan stem-to-root dan pilihan kemasan yang lebih ramah lingkungan - setelah Anda memiliki kesadaran, itu semua menjadi sangat sederhana."

"Kami juga memiliki lingkungan bebas pestisida dan bahan kimia di lokasi; semua produk kami ditanam di Farmacy Kitchen Garden yang biodinamis, dikirim melalui van listrik, atau bersumber dari pemasok lokal organik bersertifikat. Produk pembersih kami juga, semuanya ramah lingkungan.

"Saat ini produk peralatan rumah tangga ramah lingkungan sudah tersedia di mana-mana, mulai dari Amazon hingga Waitrose. Bagi mereka yang ingin mencoba membuatnya sendiri, Farmacy Kitchen Cookbook juga menyertakan beberapa resep kecantikan dan peralatan rumah tangga organik buatan sendiri."

"Gerakan kesehatan secara umum memang sedang booming. Orang-orang akhirnya menjadi lebih sadar dan menjadi semakin populer untuk menjaga tubuh dengan tetap bugar dan makan dengan sehat, sambil tetap memperhatikan dunia tempat kita tinggal dan menjaga planet ini."

Baca juga:

Eva Celia Menjelaskan Pola Makan Plant Based yang Sedang Ia Jalani Sekarang

3 Resep Masakan Vegan Kourtney Kardashian yang Bisa Dicoba di Rumah

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)