Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hotel Mewah Terbaik di Venesia

Untuk perjalanan tak terlupakan ke kota cinta di Italia, berikut ini adalah hotel-hotel yang paling didambakan untuk dipesan sekarang.

Hotel Mewah Terbaik di Venesia
Courtesy of Bazaar UK

Italia memiliki banyak kota yang dapat membuat Anda terpesona, namun ratu dari semuanya adalah La Serenissima (lebih dikenal dengan Venesia) dan jika Anda merencanakan perjalanan ke Kota Terapung ini, kami telah menyusun daftar hotel-hotel mewah yang terbaik.

BACA JUGA: Umana Bali: Hotel & Resor LXR Pertama di Asia Tenggara

Ya, Pantai Amalfi menawarkan kemewahan dan romantisme tepi pantai, dan Capri adalah pulau favorit dalam daftar A-list, namun jika berbicara tentang liburan klasik di kota, tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan kota ini.

Dari Biennale hingga distrik seni Dorsoduro, Venesia memiliki kredibilitas budaya yang tinggi. Jangan lewatkan Istana Doge, tepat di tepi laguna. Anda mungkin lebih suka menghindari aktivitas turis yang berlebihan, tetapi di Venesia hal tersebut merupakan suatu keharusan, mulai dari Bellini di Harry's Bar hingga espresso yang sangat mahal di Caffè Florian di St Mark's Square.

Seperti layaknya kota yang begitu populer, ada banyak tempat menginap yang mewah, di atas laguna di pulau Giudecca, Hotel Cipriani, bagian dari grup Belmond, dibuka 65 tahun yang lalu oleh orang yang sama yang membawakan Anda Harry's Bar.

Jika Anda bepergian bersama pasangan, Ca Maria Adele sangat romantis, bahkan menurut standar berbintang di Venesia.

Atau, untuk suasana pesta yang lebih meriah, menginaplah di Palazzina Grassi, tempat favorit kaum jetset di Venesia dan satu-satunya hotel Philippe Starck di Italia.

Berikut adalah pilihan hotel terbaik di Venesia versi Bazaar ...

1. Hotel Cipriani, A Belmond Hotel

Courtesy of Bazaar UK

Salah satu hotel grande dame sejati di Venesia, Cipriani menjadi legendaris karena suatu alasan. Dibuka pada tahun 1958 oleh Giuseppe Cipriani, yang juga mendirikan Harry's Bar yang juga ikonis, tempat kelahiran koktail wajib di Venesia, Bellini. Di seberang laguna dari St Mark's Square di pulau Giudecca, hotel ini sangat terpencil dari keramaian. Hotel ini memiliki kolam renang ukuran olimpiade yang sangat cocok untuk bersantai dengan segelas minuman beralkohol yang disempurnakan dengan buah persik. Hotel mewah di Venesia ini juga memiliki taman pribadi yang luas, yang kabarnya merupakan tempat Casanova bertemu dengan pujaan hatinya.

Seperti layaknya penginapan yang megah, hidangan yang ditawarkan sangat lezat, terutama jika Anda memesan meja di Oro yang berbintang Michelin. Pada siang hari, kudapan ringan disajikan di tepi kolam renang di Il Porticciolo.

2. Ca Maria Adele

Courtesy of Bazaar UK

Bahkan nama hotel yang terletak di Dorsoduro, distrik universitas berseni di Venesia ini terdengar romantis. Ca Maria Adele berada tepat di samping pemandangan paling terkenal di kawasan ini: Basilica di Santa Maria della Salute. Anda juga akan berada dekat dengan Peggy Guggenheim Collection dan jembatan Accademia.

Hanya ada 12 kamar, dengan interior mewah yang dilengkapi lampu gantung yang kompleks, kursi beludru, wallpaper bertekstur dan banyak brokat, belum lagi patung malaikat yang tersenyum, banyak hiasan emas, dan satu kamar yang hampir seluruhnya berwarna merah. Tidak ada restoran, tetapi beberapa bacari terbaik di kota ini ada di depan pintu Anda di Dorsoduro, siap untuk menikmati suasana Italia yang penuh gaya di sebuah bar. Lingkungan ini, yang memiliki nuansa lokal lebih kental dibandingkan banyak bagian lain di Venesia, merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari seni cicchetti khas Venesia.

3. Palazzina Grassi

Courtesy of Bazaar UK

Palazzina Grassi mungkin memiliki fasad abad ke-16, namun interiornya telah disempurnakan menjadi modern oleh perancang legendaris Philippe Starck, dengan sentuhan ceria seperti cermin besar, lampu Fornasetti, penggunaan logo topeng yang mengacu pada karnaval hotel, serta meja dengan kursi goyang. Untuk pengalaman menginap yang tak terlupakan dengan pemandangan Venesia yang memukau, pesanlah salah satu kamar yang menghadap ke Grand Canal. Hotel ini merupakan satu-satunya kreasi maestro interior Italia, jadi jika Anda penggemar dekorasinya yang sederhana, inilah hotel Venesia yang cocok untuk Anda.

Hotel favorit kaum jet-set ini telah mendapatkan reputasi sebagai istana pesta. Malam terbaik dimulai dengan minuman beralkohol di atas bragozzo, antara musim semi dan musim gugur, staf hotel bisa mengatur perahu layar tradisional untuk membawa hingga 10 tamu berkeliling laguna.

4. Baglioni Hotel Luna

Courtesy of Bazaar UK

La Serenissima memukau di setiap kesempatan, namun segalanya menjadi sangat spektakuler di Baglioni Hotel Luna, yang memiliki lukisan dinding karya pelukis Rococo, Tiepolo, di ruang sarapannya yang megah untuk dinikmati bersama dengan cornetti dan cappuccino Anda. Hotel ini juga memiliki galeri sendiri (seakan-akan banyaknya museum dan gereja di kota ini belum cukup untuk memuaskan hasrat seni Anda) dan kamar-kamar dengan balkon yang menghadap ke laguna Venesia. Grup hotel ini memiliki cabang di seluruh Italia, serta di London dan Maladewa.

Harry's Bar adalah tetangganya, jadi Anda tidak akan pernah jauh dari Bellini. Palazzo, yang berdiri sejak tahun 1118, juga terletak hanya beberapa langkah dari St Mark's Square, yang mungkin ramai, tetapi kunjungan ke sini adalah suatu keharusan. Dermaga pribadi hotel ini sangat membantu para tamu yang datang dengan kemewahannya, di mana taksi air dari bandara dapat berlabuh.

5. Gritti Palace

Courtesy of Bazaar UK

Menghadap Grand Canal, Gritti Palace, yang kini menjadi bagian dari Koleksi Mewah Marriott, dibangun sebagai kediaman pribadi pada tahun 1475. Jangan terkecoh dengan namanya, sama sekali tidak ada kesan kumuh di dalamnya. Sebaliknya, hotel ini sangat mewah, dengan spa Sisley, restoran berornamen yang direstorasi oleh pengrajin lokal, teras luas yang menghadap ke Santa Maria della Salute dan Punta della Dogana, dan Riva-nya sendiri untuk perjalanan berlayar yang penuh gaya di sekitar laguna. Anda juga dapat mengintip pulau San Giorgio Maggiore.

Penggemar maksimalisme akan menghargai bahwa tidak ada sudut istana yang tidak dihiasi, jangan lupa untuk melihat ke atas, karena banyak langit-langitnya yang disepuh, berpanel atau dilukis. Tempat ini juga merupakan pusat bagi para pecinta kuliner, yang harus mengunjungi Gritti Epicurean School, yang telah menyediakan kelas memasak, mencicipi anggur, dan tur berpemandu ke pasar Rialto sejak tahun 1975.

6. Ca’ di Dio

Courtesy of Bazaar UK

Terletak di distrik Arsenale, Venesia, tempat diselenggarakannya Biennale, Ca' di Dio memadukan warisan abad ke-13 dengan sentuhan yang lebih modern. Ini adalah hotel Venesia yang luar biasa jika Anda ingin dekat dengan semua aksi pameran. Fitur asli yang dipertahankan selama restorasi termasuk berbagai kusen pintu, lantai, lukisan dinding, dan patung, bersama dengan pohon magnolia dan mimosa kuno di taman.

Dekorasi hotel butik ini, yang merupakan bagian dari koleksi Small Luxury Hotels of the World, memberikan apresiasi terhadap kota dan desain Italia pada umumnya, dengan lampu kaca yang dibuat di Murano dan kain buatan lokal, namun pemandangan pulau San Giorgio Maggiore dan laguna dari teras pribadinyalah yang paling menarik perhatian.

7. Palazzo Venart

Courtesy of Bazaar UK

Palazzo Venart agak jauh dari bagian kota yang lebih ramai turis, restoran ini terletak di Sestiere Santa Croce (salah satu dari enam distrik di Venesia), 10 menit dari Rialto. Di kota yang sangat memperhatikan kualitas makanannya, patut dipuji karena restoran ini merupakan satu-satunya restoran mewah di Venesia yang memiliki dua bintang Michelin (restoran lain yang memiliki dua bintang Michelin adalah Antica Osteria Cera).

Terdapat 17 kamar dan suite yang dapat dipilih di hotel butik yang berkarakter ini. Hunian mewah ini tetap mempertahankan sebagian besar pesona bersejarahnya, dengan langit-langit tinggi, pelapis brokat, dan cermin bermata emas yang bisa Anda harapkan, tidak ada yang bisa menandingi keanggunan kain sutera seperti yang ada di Italia.

8. Hilton Molino Stucky Venice

Courtesy of Bazaar UK

Sedikit jauh dari keramaian, namun lebih damai dan privat, Hilton Molino Stucky Venesia berada di pulau Giudecca (secara resmi merupakan bagian dari sestiere Dorsoduro) di laguna Venesia. Bangunan yang terdaftar di sini dulunya adalah pabrik tepung, tetapi sekarang menjadi rumah bagi bar tertinggi di kota ini, dengan pemandangan yang Anda harapkan dari tempat seperti itu. Yang lebih baik lagi adalah panorama yang ditawarkan di kamar presidential suite, yang memiliki akses langsung ke teras atap.

Antara bulan Juni dan September, kolam renang luar ruangan di lantai delapan dibuka hanya untuk tamu, untuk berenang menyejukkan dengan pemandangan Venesia yang luas. Jika Anda tidak ingin meninggalkan hotel, petugas hotel dapat mengatur lokakarya meniup gelas di Murano dan tur pribadi ke Peggy Guggenheim Collection. Ke San Marco, hanya perlu lima menit naik vaporetto.

9. Il Palazzo Experimental

Courtesy of Bazaar UK

Sebelum mengalihkan pandangannya untuk meremajakan Cowley Manor di Cotswolds, Experimental Group berekspansi ke Italia pada tahun 2019 dengan palazzo penuh gaya di Dorsoduro. Ini membawa serta salah satu klub koktail yang paling dicari, yang edisi terbarunya dapat ditemukan di Verbier dan Cowley Manor. Seperti saudaranya di London yang terletak di Henrietta Street, Covent Garden, Il Palazzo Experimental memiliki restoran yang dibuat dalam kemitraan dengan para pendiri Italian Supper Club: di Il Ristorante Adriatica, Anda dapat menikmati hidangan laut yang berasal dari seluruh Italia (termasuk, tentu saja, dari Venesia). 

Bagi siapa pun yang mencari bacari (atau bar cicchetti) Venesia terbaik, Anda hanya perlu meminta bantuan pramutamu yang akan mengatur tur ke tempat-tempat terbaik.

10. Palazzo Cristo

Courtesy of Bazaar UK

Venesia penuh dengan palazzi bersejarah yang telah diubah menjadi hotel-hotel mewah. Contoh bagus lainnya adalah Palazzo Cristo, sebuah bangunan dari abad ke-13 yang menghadap ke Basilika Santi Giovanni e Paolo dan Scuola Grande di San Marco. Pemugarannya hanya menggunakan marmer, travertine, dan kayu Italia terbaik untuk menciptakan suite bergaya apartemen yang sempurna bagi siapa pun yang berencana untuk tinggal sementara di La Serenissima (kita semua bisa bermimpi).

Hanya ada empat apartemen yang dapat dipilih, termasuk hunian dengan tiga kamar tidur terpisah, suite dengan satu kamar tidur, dan untuk tempat menginap terbaik di Venesia, sebuah apartemen dupleks dengan teras atap dan pemandangan megah landmark di sekitarnya. Untuk sarapan, cukup kunjungi Rosa Salva, toko roti tertua di Venesia. Juga dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Rialto dan St Mark's Square.

BACA JUGA:
Kumpulan Rekomendasi Hotel di Pantai Amalfi untuk Tahun 2024
Hotel Langganan Para Selebriti di Cannes

(Penulis: Caroline Lewis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)