Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bella Hadid Mengklaim Bahwa Instagram Memblokir Unggahannya yang Membahas tentang Palestina

"Ketika saya mengunggah tentang Palestina, saya langsung mendapatkan larangan unggahan dan hampir 1 juta dari Anda berkurang melihat unggahan saya," tulis model tersebut.

Bella Hadid Mengklaim Bahwa Instagram Memblokir Unggahannya yang Membahas tentang Palestina

Bella Hadid tidak akan tinggal diam.

Baca juga: Bella Hadid Memadukan Korset Modern dengan Celana Wide-Leg di Roma

Dalam sebuah pernyataan yang ia rilis hari ini, model tersebut mengklaim bahwa Instagram telah menyensor atau "memblokir" Instagram Story ketika ia mengunggah tentang konflik Palestina.

"Instagram saya telah menonaktifkan saya dari mengunggah di fitur Story ketika saya membahas tentang Palestina, itu asumsi saya," tulis supermodel itu. "Ketika saya mengunggah tentang Palestina, saya langsung mendapatkan larangan unggahan dan hampir 1 juta dari Anda berkurang melihat unggahan saya."

Diblokir berarti eksposur Anda pada platform media sosial tertentu telah dibatasi, dan hanya Anda dan pengikut langsung Anda yang dapat melihat unggahan Anda.

Dua tahun lalu, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan selama sesi tanya jawab, "Larangan bukanlah apa-apa. Jika seseorang mengikuti Anda di Instagram, foto dan video Anda dapat muncul di explore mereka jika mereka terus tertarik dengan unggahan mereka." Ia mengatakan bahwa muncul di halaman explore "tidak menjamin apapun," dan menambahkan, "Terkadang Anda beruntung, terkadang tidak."

Sampai saat ini, pihak perusahaan belum membalas permintaan komentar yang Bazaar ajukan terkait tuduhan Bella.

Bella dan rekan modelnya Gigi Hadid, yang merupakan keturunan Palestina-Belanda (ayah mereka lahir dari keluarga Muslim Palestina), secara berkala berbagi informasi tentang perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina. Selama bulan fashion, mereka menerima pujian dan kritik setelah mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan semua pendapatan mereka dari peragaan busana kepada orang-orang Ukraina yang membutuhkan (di tengah serangan Rusia) dan kepada orang-orang Palestina.

Beberapa dengan cepat menuduh saudara perempuan itu anti-Semit karena membela Palestina, tetapi Gigi segera membantah asumsi itu dalam sebuah pernyataan, mencatat bahwa anti-Palestina juga ada. "Krisis pengungsi adalah krisis pengungsi," tulis Gigi di Instagram Story-nya saat itu. "Ini bukan anti apa pun kecuali penderitaan anti-manusia dan anti-perang. Jika Anda percaya setiap orang atau anak, di mana pun, lahir atau tumbuh di banyak tempat di mana ada krisis pengungsi dan tidak pantas mendapatkan bantuan ini, Anda telah menaruh fokus pada bagian yang salah. Anak-anak ini tidak memilih untuk berada dipihak manapun dalam politik, mereka hanya dilahirkan dan dibesarkan dan paling tidak mereka pantas untuk mendapatkan kehidupan yang layak."

Baca juga:

Bella Hadid Tidak Peduli Bila Anda Tidak Suka dengan Gaya Personalnya

Bella Hadid Pamerkan Gigi Berliannya yang Sukses Mencuri Perhatian

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)