Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rindu Singapura? Anda Bisa Melihat Imajinya Lewat Karya Mural di M Bloc Space Jakarta

Mural ini merupakan bagian dari inisiatif SingapoReimagine yang diusung oleh Singapore Tourism Board

Rindu Singapura? Anda Bisa Melihat Imajinya Lewat Karya Mural di M Bloc Space Jakarta
Courtesy of Singapore Tourism Board

M Bloc Space Jakarta baru-baru ini dihiasi dengan karya seni mural baru yang penuh warna. Bukan mural biasa, karya tersebut merupakan persembahan dari Singapore Tourism Board (STB) yang menandai dimulainya peluncuran inisiatif SingapoReimagine di Indonesia tanggal 8 April 2021. SingapoReimagine sendiri merupakan bagian dari cerita pariwisata dalam menghidupkan kembali impian perjalanan ke Negeri Singa dengan perspektif yang baru. Lewat inisiatif ini, pariwisata Singapura menciptakan standar baru bervakansi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang terus berkembang serta memberikan pengalaman traveling tak terlupakan secara aman dan menyenangkan.

Dilihat secara lebih seksama, mural di M Bloc Space Jakarta menggambarkan simbol ikonis pariwisata Singapura yaitu Marina Bay dan Gardens by the Bay. Ini merupakan kreasi goresan seniman grafiti asal Indonesia bernama Adi Dharma atau yang dikenal sebagai Stereoflow. Uniknya lagi, muralnya tidak dibuat di Jakarta saja sebab karya pasangannya berada di Singapura. Ialah ZERO, seniman grafiti dari Singapura, yang melanjutkan setengah ceritanya di Bali Lane, Kampong Gelam. Di situ ia memilih untuk menampilkan gapura khas Indonesia dalam karya seninya. 

Mural di M Bloc Space Jakarta
Mural di M Bloc Space Jakarta


Kedua mural tersebut merupakan kolaborasi gagasan dari masing-masing seniman di bawah tajuk Under the Same Sun. Mereka melukiskan harapan untuk masa depan perjalanan lintas negara lewat landmark populer sekaligus sebagai refleksi perjalanan dalam diri. Kehadirannya diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia berimajinasi berwisata kembali ke Singapura ketika tiba saatnya nanti dan mengunjungi setengah lukisan lainnya. Anda pun nantinya dapat memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menikmati karya muralnya secara lebih mendalam di lokasi.

Mural di Bali Lane, Kampong Gelam, Singapura
Mural di Bali Lane, Kampong Gelam, Singapura


Hingga saat ini memang belum ada kabar yang pasti tentang kapan perbatasan di Singapura mulai dibuka bagi para wisatawan kecuali untuk keperluan bisnis dan mendesak. Namun perlu diketahui bahwa mural Under the Same Sun adalah satu dari sekian upaya STB dalam menghidupkan kembali kenangan kita. Mohamed Firhan Abdul Salam selaku Area Director STB Indonesia (Jakarta) mengatakan, "Kami memulai inisiatif SingapoReimagine di Indonesia pada titik penting saat kami mengantisipasi dan bersiap untuk pemulihan wisata leisure. Sebagai permulaan, kami ingin memicu imajinasi masyarakat Indonesia untuk berwisata kembali melalui seni. Kami mengundang dua seniman, satu dari Singapura dan satu dari Indonesia, untuk berkolaborasi membuat karya mural yang terpisah di antara kedua negara, menggunakan seni sebagai medium penghubung audiens kami."

Desain kedua mural saat disatukan
Desain kedua mural saat disatukan


Selain lewat mural, STB juga melakukan berbagai kampanye dan tindakan untuk menghidupkan kembali pariwisata negaranya. Upaya terbaru untuk mempertahankan daya tarik Singapura sebagai tujuan bisnis dan rekreasi terkemuka dipusatkan pada tiga prioritas utama, yaitu memulihkan arus wisatawan ke Singapura, memfasilitasi transformasi industri serta bisnis, dan mempertahankan citra positif untuk menjaga Singapura sebagai destinasi wisata pilihan.


Dalam hal memulihkan arus wisatawan, STB bekerja sama dengan badan pemerintah Singapura lainnya untuk menjajaki alternatif guna membuka kembali perbatasan yang aman. Contoh nyata adalah diperkenalkannya [email protected] dan akomodasi [email protected] sebagai fasilitas perdana pada bulan Februari lalu. Selain itu, acara-acara populer seperti Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) M2 World Championship, ONE Esports DOTA2 Singapore Major, dan TravelRevive secara bertahap dimulai.


Soal percepatan laju transformasi bisnis dan industri, STB bekerja sama menyediakan alat pendukung. Misalnya, organisasi di bawah Ministry of Trade and Industry of Singapore tersebut saat ini sedang mengerjakan strategi Augmented Reality guna mengembangkan konten-konten menarik yang dapat membantu industri pariwisata. Contoh lain adalah konsep revolusioner di bidang hospitality dengan robot yang digunakan sebagai barista dan mixologist.

Sementara dalam upaya mempertahankan citra positif Singapura sebagai destinasi wisata yang selalu diingat, STB menginisiasi kampanye-kampanye untuk menghibur dan menginspirasi masyarakat yang rindu berpelesir. Sebagai contoh adalah kampanye #TravelThrowback untuk mengajak orang-orang berbagi foto perjalanan dan kenangan mereka ketika mengunjungi negara-negara di Asia Tenggara dan kampanye TikTok "Kangen Singapura."

Foto: Courtesy of Singapore Tourism Board, [email protected], Instagram @stb_sg