Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tiara Milik Keluarga Kerajaan Dikabarkan Akan Dilelang di Sotheby's

Tiara yang berkilauan ini akan dijual di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tiara Milik Keluarga Kerajaan Dikabarkan Akan Dilelang di Sotheby's

Pada tanggal 11 Mei mendatang, sebuah tiara yang bertahtakan berlian dan mutiara yang sangat indah yang telah diwariskan dari generasi ke generasi di keluarga kerajaan Italia akan menjadi bintang utama dari acara lelang Sotheby’s Magnificent Jewels and Noble Jewels, yang akan diadakan di Jenewa.

Terdiri dari motif scroll yang ditata dengan cushion, berlian bundar dan potongan tunggal yang membingkai 11 mutiara alami berbentuk seperti sebuah tetesan (simbol kekayaan dan status sejak zaman dahulu kala), tiara tersebut diyakini dibuat oleh Court Jeweller of Turin  dan akan dijual dengan perkiraan harga  antara 14 miliar rupiah hingga  dan 22 miliar rupiah.

Headpiece tersebut berasal dari paruh kedua abad ke-19 dan diperkirakan telah diwariskan kepada wanita bangsawan Italia, Maria Vittoria Dal Pozzo, Putri keenam La Cisterna, pada pernikahannya yang dilangsungkan apda tahun 1867 dengan Amadeo I dari Savoy, Duke of Aoste, putra dari Raja Vittorio Emanuele II dari Italia.

Didirikan pada tahun 1003, House of Savoy adalah salah satu dinasti kerajaan tertua di dunia dan pernah memerintah Sisilia, Sardinia, Italia, dan Spanyol. Pada tahun 1870, Amedeo terpilih sebagai Raja Spanyol menggantikan Ratu Isabella II yang digulingkan, yang menjadikan Maria Vittoria sebagai Permaisuri.

Maria Vittoria Dal Pozzo dalam tiara pernikahannya yang penuh kilau.
Maria Vittoria Dal Pozzo dalam tiara pernikahannya yang penuh kilau.

Perhiasan kerajaan yang penting ini dijual di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, didorong oleh apresiasi internasional yang meningkat terhadap perhiasan sebagai karya seni serta artefak bersejarah - ditambah juga dengan berbagai pernikahan kerajaan yang terkenal  dan kembali berjayanya hiasan kepala dalam dunia mode, seperti yang terlihat di catwalk Dolce & Gabbana, Simone Rocha dan Givenchy.

“Tiara selalu menjadi puncak kemuliaan dari koleksi perhiasan, tetapi dalam dekade terakhir, popularitasnya telah melonjak ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Benoit Repellin, selaku kepala lelang Sotheby’s Geneva Magnificent Jewels  yang akan datang. “Tiara yang memiliki sejarah istimewa ini kami persembahkan di Jenewa pada bulan Mei mendatang dalam rangka merangkum semua kemegahan, kekuatan, dan kehadiran yang terkait dengan perhiasan kerajaan ini, dan dengan opsi untuk dikenakan sebagai kalung, keserbagunaan [dari karya ini] tidak diragukan lagi akan menjadikannya sangat menarik. Barang yang tentu sangat didambakan oleh banyak kolektor."

Untuk momen spesial ini, calon penawar (siapa pun yang ingin melihat diri mereka mengenakan hiasan kepala kerajaan) sekarang dapat mencoba tiara dalam realitas virtual berkat filter baru yang dibuat oleh Sotheby, yang sekarang telah tersedia di akun Instagram Sotheby (@Sothebys), dan akun perhiasan khusus, @SothebysJewels.

Sebagai sentuhan terakhir, filter baru ini bahkan hadir dengan latar belakang 360 derajat dari istana kerajaan Italia: Palazzina di Caccia di Stupinigni, Turin. Anggap ini sebagai kesempatan terakhir untuk "mencoba sebelum membelinya".

(Penulis: Kim Parker; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)