Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Rekomendasi Buku Resep Untuk Menambah Keahlian Memasak Anda

Jika Anda sedang mencari inspirasi kuliner, kami telah memilih buku resep terbaik dan paling segar untuk dinikmati dan menginspirasi.

20 Rekomendasi Buku Resep Untuk Menambah Keahlian Memasak Anda
Courtesy of Bazaar UK

Jika makanan Anda di hari kerja kurang memiliki rasa yang menonjol, atau menu pesta makan malam Anda terasa kurang menarik dan tidak menginspirasi, mungkin inilah saatnya untuk membeli beberapa buku resep baru.

BACA JUGA: Bebaskan Imajinasi Anda dengan 10 Buku Fiksi Fantasi Ini!

Koleksi resep terbaru yang brilian dan inovatif mencakup kata-kata bijak untuk terhubung dengan usus Anda (seperti ringkasan cerdas Anna Boglione, Recipes to Reconnect) dan buku tebal cerdas tentang cara-cara untuk menata ulang makanan vegetarian atau vegan. A New Way To Bake oleh Philip Khoury akan merevolusi pendekatan Anda dalam membuat kue vegan. 

Banyak buku yang memperkenalkan masakan global dengan menarik, seperti panduan yang mudah diakses untuk resep Asia sehari-hari dari Lara Lee atau potret mengharukan Gurdeep Loyal tentang identitas gandanya melalui makanan.

Tentu saja, untuk malam yang benar-benar luar biasa, Anda pasti ingin mendaftar ke salah satu layanan pengiriman anggur terbaik di Inggris saat ini, dan bahkan mungkin memesan seikat bunga untuk mempercantik meja Anda. Dan jika Anda mencari hadiah untuk para pencinta kuliner, panduan hadiah kami adalah tempat terbaik untuk memulainya.

Masih merasa lapar? Inilah pilihan buku masak terbaik yang bisa Anda beli sekarang.

1. A Splash of Soy, Lara Lee

Courtesy of Bazaar UK

Disajikan dengan foto-foto penuh warna yang mengingatkan kita pada buku-buku resep Asia kuno, A Splash of Soy karya Lara Lee merupakan surat cinta untuk makanan dari kawasan kuliner ini. Terkenal dengan buku sebelumnya, Coconut and Sambal, yang berfokus pada cita rasa masakan Indonesia yang menyenangkan, Lara di sini membahas berbagai macam hidangan dari Asia; mulai dari makanan pokok yang sudah terkenal hingga pembaruan inovatif dan makanan sehari-hari.

2. The Farm Table, Julius Roberts

Courtesy of Bazaar UK

Penuh dengan resep-resep yang dipandu oleh musim (bayangkan labu panggang, mozzarella, hazelnut, dan sage; ikan panggang dengan rempah-rempah dan asparagus; dan bolu aprikot kukus), buku besar dari petani dan koki generasi pertama, Julius Roberts, ini menyelipkan berbagai hal yang ingin Anda masak setiap hari dengan kisah-kisah yang jujur mengenai kehidupan pertanian. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk merasa terhubung kembali dengan alam dan makanan musiman, melalui hidangan sehat dan penuh perhatian yang terasa lezat.

3. Mayumu, Abi Balingit

Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda sedang mencari resep makanan penutup yang baru, menarik dan akan segera menjadi favorit, Anda tidak perlu mencari yang lain selain buku resep dari blogger makanan Abi Balingit. Mayamu yang berarti 'manis' dalam bahasa Kapampangan, berisi 75 camilan khas Filipina yang telah diracik ulang, mulai dari kue keripik ube hingga kue chocolate chip adobo yang menjadi viral di dunia maya. Meskipun beberapa bahan makanan Filipina mungkin agak sulit ditemukan, Anda dapat mencarinya secara online atau di toko-toko makanan spesialis untuk mendapatkan hasil yang sama enaknya dengan rasanya. Ini adalah resep-resep yang hanya ingin disajikan di pesta makan malam Anda berikutnya.

4. A New Way To Bake, Philip Khoury

Courtesy of Bazaar UK

Para vegan dan mereka yang memiliki alergi sering kali tidak dilibatkan dalam pembuatan kue, tetapi buku terbaru Philip Khoury, A New Way to Bake, menciptakan kembali resep-resep klasik sehingga dapat dinikmati oleh semua orang. Ada banyak resep inti (untuk krim, berbagai jenis pastri, dan sebagainya), dengan resep yang memanfaatkannya, misalnya, adonan 'Vrioche' (brioche nabati) yang menjadi bahan dasar untuk pain au raisins, roti kurma, dan kapulaga, serta banyak lagi. Anda akan menemukan semua detail bahan yang tercantum dalam 'Plantry' yang diberi nama lucu, dan kode QR untuk membantu Anda menavigasi resep. Mudah diikuti, menyenangkan, dan selalu bermanfaat.

5. On The Curry Trail, Raghavan Iyer

Courtesy of Bazaar UK

Raghavan Iyer adalah seorang ahli dalam hal kari: setelah menjelajahi keunggulan kari di seluruh anak benua India dalam bukunya 660 Curries, buku besar terakhir dari sang koki ini membahas bagaimana kari telah menjadi hidangan favorit global. Diriset dengan baik, hangat dan komunikatif, buku ini merupakan kumpulan resep yang mudah dipahami dan diserap serta ilustrasi yang menarik di empat bagian: Asia; Afrika dan Timur Tengah; Eropa dan Oseania; dan Amerika. Ini adalah hadiah yang ideal untuk teman pencinta makanan.

6. Easy Wins, Anna Jones

Courtesy of Bazaar UK

Buku terbaru dari koki pemenang penghargaan dan buku terlaris, Anna Jones, telah mendapat pujian dari Jamie Oliver dan Yotam Ottolenghi karena resep-resepnya yang sangat sederhana, namun tetap penuh dengan cita rasa dan menjanjikan. Anna mengambil 12 bahan utama yang dijamin akan membuat makanan Anda terasa lezat, dan merancang satu bab khusus untuk masing-masing bahan, dengan total 125 hidangan baru, mulai dari pilaf lemon ganda dengan almond mentega, hingga miso rarebit. Bersiaplah untuk bertemu dengan menu baru untuk makan malam di tengah minggu.

7. The Art of Friday Night Dinner, Eleanor Steafel

Courtesy of Bazaar UK

Buku Eleanor Steafel ini merupakan syair yang hangat dan jenaka tentang pengalaman menjadi tuan rumah di rumah sendiri dan malam-malam yang nyaman. Resep-resep Eleanor adalah tentang suasana yang tercipta dan emosi yang ditimbulkan seperti halnya makanan itu sendiri. Bukan berarti makanannya tidak menonjol: kentang panggang salmon yang lembut dan ayam panggang yang bergizi adalah favorit. Buku ini penuh dengan makanan yang menghibur yang akan menghibur minggu kerja yang paling melelahkan, serta tip-tip yang dingin dan inovatif untuk memulai pesta makan malam yang intim.

8. The Flavour Thesaurus: More Flavours, Niki Segnit

Courtesy of Bazaar UK

Kami bahkan menyebut buku ketiga Niki Segnit (dan kelanjutan dari buku terlarisnya yang mendunia, The Flavour Thesaurus) sebagai buku yang wajib ada di sebagian besar dapur. The Flavour Thesaurus: More Flavours berfokus pada kombinasi rasa nabati, termasuk cara dan alasannya, mulai dari kangkung hingga kacang mete, delima hingga pistachio. Dengan lebih dari 800 entri jenaka yang menggabungkan resep, catatan pencicipan, dan cerita, buku ini akan memperluas wawasan Anda dalam memadukan bahan makanan.

9. Good Eggs, Ed Smith

Courtesy of Bazaar UK

Telur yang sederhana sering diabaikan dalam menciptakan hidangan mewah, tetapi Ed Smith hadir untuk menunjukkan kepada kita bahwa Anda tidak mungkin menemukan bahan yang lebih serbaguna. Apakah Anda suka digoreng, direbus, direbus, dipanggang, orak-arik, atau diatapi, dalam buku ini Anda akan menemukan semua inspirasi yang Anda butuhkan untuk sarapan, makan siang, dan lainnya. Cobalah telur goreng dengan keju tipis yang renyah atau omelet kimchi dan keju biru, dan kami jamin Anda tidak akan pernah berpaling darinya.

10. Comfort & Joy, Ravinder Bhogal

Courtesy of Bazaar UK

Makanan vegetarian dan vegan tidak harus membosankan. Koleksi resep baru Ravinder Bhogal yang indah ini bertujuan untuk mengubah persepsi hidangan nabati atau nabati sebagai 'pengekangan' yang sadar akan kesehatan dan menempatkannya sebagai hidangan mewah dengan sendirinya. Ada kangkung carbonara dan kari mangga dan koin emas, serta berbagai hidangan penutup yang lezat. Ini adalah makanan yang enak dengan faktor rasa yang lebih besar lagi, sebuah buku yang mengedepankan kenikmatan masakan vegetarian.

11. Vietnamese Vegetarian, Uyen Luu

Courtesy of Bazaar UK

Panduan Uyen Luu dalam memasak makanan Vietnam vegetarian sangat praktis, menawarkan alternatif bahan yang tak ada habisnya, tips dan trik yang berguna, serta berbagai resep yang membutuhkan waktu yang berbeda untuk membuatnya. 

Dari pizza kertas beras hingga mie ubi jalar, buku Uyen adalah panduan yang disajikan dengan penuh cinta untuk mengubah pola pikir Anda tentang makanan vegetarian dan makanan Vietnam, mendorong Anda untuk bereksperimen dengan cara yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan.

12. Recipes to Reconnect, Anna Boglione

Courtesy of Bazaar UK

Dari pendiri The Gut, Recipes to Reconnect yang penuh wawasan ini merupakan kumpulan percakapan dan resep dari para chef dan penulis berpengaruh, termasuk Skye Gyngell, Satish Kumar, Jeremy Lee, Avinash Shashidhara, dan Hugh Fearnley-Whittingstall. Dibingkai dalam bentuk serangkaian dialog tentang hubungan kita dengan makanan, masing-masing dengan resep yang menyertainya, ini adalah buku yang wajib dimiliki oleh siapa pun yang ingin menjalin hubungan yang lebih kuat antara kesehatan mental dan fisik.

13. Love Is A Pink Cake, Claire Ptak

Courtesy of Bazaar UK

Mungkin salah satu pembuat roti paling terkenal di dunia saat ini, ia membuat kue pernikahan Pangeran Harry dan Megan Markle yang terkenal dengan lemon dan bunga elder-nya, Claire Ptak adalah seorang yang jenius di balik celemek. Pemilik Violet Bakery yang populer di London timur, kini ia menuangkan resep-resepnya yang mengesankan ke dalam sebuah buku besar yang indah: bayangkan muffin biji poppy teh hitam; scone aprikot, chamomile, dan madu; brownies tahini halva; dan tentu saja, kue kerajaan yang terkenal itu.

14
Pasta Et Al, Alec Morris

Courtesy of Bazaar UK

Tidak ada makanan yang lebih serbaguna daripada semangkuk pasta. Tidak ada yang tahu hal ini lebih baik daripada Alec Morris, yang diajari membuat pasta oleh Nonna-nya dan mengubah sesi membuat pasta di hari Minggu bersama anak-anaknya menjadi sebuah blog yang sukses dan menghasilkan buku yang menggembirakan ini. Di sini terdapat metode untuk membuat lebih dari 30 jenis adonan pasta dan 42 bentuk, serta resep untuk wild olive busiate, rigatoni al forno, green lasagna, dan banyak lagi. Anda akan membacanya lagi dan lagi.

15. Tandoori Home Cooking, Maunika Gowardhan

Courtesy of Bazaar UK

Ini adalah sebuah panduan yang didedikasikan untuk tradisi kuliner yang kaya yang telah lahir dari seni kuno memasak tandoori, praktik memasak dalam oven tanah liat yang telah ada sejak zaman perunggu. Buku Maunika ini membawa Anda dalam sebuah tur ajaib dari berbagai hidangan yang lezat dan bervariasi ini, dengan lebih dari 70 resep klasik untuk dibuat di rumah, mulai dari ayam mentega Aslam hingga Jal Jeera. Hadiah yang sempurna bagi para penggemar masakan India.

16. Malta, Simon Bajada

Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda tidak tahu banyak tentang hidangan Malta, sekaranglah saatnya untuk belajar. Biarkan buku baru Simon Bajada membawa Anda ke kepulauan yang menawan antara Sisilia dan pantai Afrika Utara, yang menampilkan hidangan Mediterania yang semarak yang dipengaruhi oleh cita rasa Arab, Prancis, Inggris, dan Italia. Buku yang difoto dengan indah ini berisi 70 resep, mulai dari hidangan laut yang lezat (salad gurita dan cumi-cumi isi) hingga Ftira, roti penghuni pertama yang diratakan dan disiram dengan tomat, tuna, caper, dan zaitun; dan Bigilla, pasta kacang panjang yang digunakan sebagai cocolan yang lezat.

17. Salt of the Earth, Carolina Doriti

Courtesy of Bazaar UK

Koki kelahiran Athena, Carolina Doriti, dalam Salt of the Earth, telah menyusun ringkasan tentang apa yang membuat makanan Yunani begitu memukau dan tak ada bandingannya. Penuh dengan cerita dan cita rasa, buku ini benar-benar menyelami budaya kuliner Yunani, menyoroti hasil bumi setempat dan teknik kuno, serta perpaduan rasa yang inovatif. Ini akan langsung membuat Anda ingin menciptakan kembali suasana taverna pulau di dapur Anda sendiri.

18. Mother Tongue, Gurdeep Loyal

Courtesy of Bazaar UK

Gurdeep Loyal telah menciptakan sesuatu yang benar-benar unik di sini: sebuah buku besar yang mengharukan dan menginspirasi tentang masakan Inggris-India; identitas generasi kedua yang disaring melalui cita rasa dan makanan. Dari makanan tradisional Punjab hingga cita rasa khas rumah makan kari Inggris, ini merupakan perpaduan cerdas antara yang 'auntentik' dan 'tidak autentik', menyelidiki jejak yang ditinggalkan oleh budaya yang berbeda pada hidangan tertentu dan seberapa besar makna dan kenangan yang dapat diberikan pada masakan.

19. Rice Table, Su Scott

Courtesy of Bazaar UK

Ada 80 resep dalam Rice Table merupakan narasi yang informatif dan personal mengenai identitas Korea, serta panduan bagaimana cara mendekati masakan nasional ini bagi para pemula dan chef berpengalaman. Eksplorasi Su Scott mengenai hubungannya dengan warisan Korea-nya menambah dimensi ekstra pada buku yang sudah sangat menarik ini, yang akan membawa Anda menikmati hidangan klasik seperti nasi goreng kimchi dan mi seafood pedas.

20. Hoppers: The Cookbook, Karan Gokani

Courtesy of Bazaar UK

Restoran Sri Lanka yang terkenal di London ini telah menyusun panduan yang wajib dimiliki untuk semua hidangan khasnya, sehingga Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Mengupas di balik layar di Hoppers, buku ini menceritakan kisah-kisah mereka yang bekerja di sana dengan penuh kegembiraan, serta merinci resep kari kepiting, daging kambing goreng yang renyah, dosas dan sambal, ayam kalupol, dan roti kothu yang kaya rasa.

BACA JUGA:
23 Buku Terbaik Rekomendasi Editor Bazaar di Musim Panas Ini
10 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Seumur Hidup

(Penulis: Clara Strunck dan Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)