Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Metadata pada Foto Keluarga Kate Middleton Memastikan Apa yang Sudah Diketahui

Informasi yang dilampirkan pada file foto memberikan gambaran tentang kejadian menjelang kontroversi tersebut.

Metadata pada Foto Keluarga Kate Middleton Memastikan Apa yang Sudah Diketahui
Courtesy of Bazaar US

Rumor tentang ketidakhadiran Putri Kate dari sorotan publik tidak mereda, terutama setelah kantor-kantor berita besar menarik kembali potret keluarga Istana Kensington yang kontroversial karena foto tersebut dimanipulasi secara berlebihan. Namun, saat kita menelusuri lautan misteri yang penuh dengan sensasi dan konspirasi yang dibuat-buat, satu hal yang bisa kita andalkan adalah metadata dalam file gambar.

BACA JUGA:  Kate Middleton Terlihat di Luar Rumah untuk Pertama Kalinya Sejak Operasi

Metadata atau informasi tentang sebuah gambar, yang bisa ditambahkan secara otomatis atau manual ke format file gambar seperti JPG dapat menunjukkan kapan dan di mana sebuah foto diambil, dengan kamera jenis apa, dan berapa kali file tersebut diedit. 

Hal ini sangat membantu dalam kasus potret keluarga Wales yang baru-baru ini dirilis, yang memberikan tampilan resmi pertama pada Kate sejak istana mengumumkan bahwa ia dirawat di rumah sakit untuk operasi perut pada pertengahan Januari.

Analisis dari dua media Inggris membantu memberikan gambaran tentang awal mula kontroversi foto tersebut, yang mengonfirmasi bahwa foto tersebut telah mengalami beberapa kali penyuntingan sebelum disebarluaskan oleh pihak istana. Pada hari Senin, Kate mengakui telah melakukan pengeditan dalam sebuah permintaan maaf yang dipublikasikan dan dikaitkan dengan dirinya.

Courtesy of @princeandprincessofwales

BBC Verify menemukan bahwa potret tersebut diambil dengan kamera Canon, dan kemudian disimpan dua kali di Adobe Photoshop pada komputer Apple Mac. Versi pertama disimpan pada tanggal 8 Maret pukul 21:54 GMT (atau 17:54 WIB), dan versi kedua disimpan pada hari berikutnya pada pukul 9:39 GMT (atau 5:39 WIB).

Selain menguatkan temuan ini, data Sky News dan analisis tim forensik juga menemukan bahwa foto tersebut diambil di Adelaide Cottage-tempat keluarga Wales tinggal di Windsor, sebelah barat London-dengan kamera Canon EOS 5D Mark IV dengan lensa Canon 50mm.

Meskipun kedua analisis tersebut mengonfirmasi bahwa foto tersebut telah diedit di Adobe Photoshop, namun tidak ada yang memberikan tanggal kapan foto tersebut diambil.

Istana merilis potret tersebut pada tanggal 10 Maret dan mengumumkan bahwa Pangeran William telah mengambil foto tersebut minggu lalu. Foto tersebut menunjukkan Kate duduk di antara ketiga anaknya, Pangeran George, 10, Putri Charlotte, 8, dan Pangeran Louis, 5. Beberapa jam kemudian, berbagai media termasuk Associated Press, Reuters, dan Getty Images menghentikan penyebaran foto tersebut, dengan mengklaim bahwa sumber foto tersebut telah memanipulasi foto aslinya. Pihak istana tidak memiliki rencana untuk merilis foto asli yang tidak diubah.

Courtesy of Bazaar US

Pada hari Senin, sebuah pernyataan yang dikaitkan dengan Kate dan dipublikasikan ke saluran media sosial Wales mengakui adanya perubahan digital pada foto tersebut: "Seperti banyak fotografer amatir lainnya, saya terkadang bereksperimen dengan pengeditan. Saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas kebingungan yang ditimbulkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin."

Seorang sumber istana kemudian mengatakan kepada Bazaar, "Ini adalah foto keluarga amatir yang diambil oleh Pangeran Wales. [William dan Kate] ingin memberikan sebuah foto informal keluarga bersama untuk Hari Ibu [Inggris]."

Orang dalam tersebut menambahkan bahwa Kate telah "melakukan sedikit penyesuaian" pada foto tersebut, dan bahwa keluarga secara keseluruhan telah menghabiskan liburan "bersama dan menikmati hari yang indah."

BACA JUGA:
Pangeran William Terima Hadiah Manis untuk Putri Kate dan Anak-anak Mereka Selama Kunjungan di Wales
Istana Kensington Buka Suara Atas Rumor Tentang Absennya Kate Middleton

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US dan @princeandprincessofwales)