Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Lagu BTS yang Memiliki Lirik yang Menginspirasi untuk Anda Pencinta Lagu K-Pop

Dari "No More Dream" sampai "Yet To Come," deretan lagu BTS yang berisikan lirik inspirasional.

15 Lagu BTS yang Memiliki Lirik yang Menginspirasi untuk Anda Pencinta Lagu K-Pop
Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial

BTS adalah kependekan dari Bangtan Sonyeondan, grup asal Korea Selatan yang berhasil masuk ke dalam nominasi Grammy. BTS melakukan pertunjukkan pertamanya di industri hiburan Korea Selatan pada Juni 2013 dengan 7 orang anggota yaitu, RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook. 
 
BACA JUGA: BTS Mengumumkan Bahwa Mereka Akan Hiatus Sampai Waktu yang Tidak Tentu 

Popularitas BTS tidak hanya berhenti di Korea Selatan, mereka berhasil mencetak rekor dalam dunia musik, diantaranya dinobatkan menjadi Entertainer of The Year 2020 di salah satu majalah Amerika Serikat, masuk dalam nominasi Group Performance pada Grammy Award ke-63, dan mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi pada acara pengharagaan di Amerika Serikat seperti, Billboard Music Awards, American Music Awards, dan MTV Video Music Awards. 
 
Dengan segudang prestasi yang berhasil BTS cetak dalam 10 tahun berkarier, tidak jarang lagu yang mereka produksi merupakan sebuah refleksi kehidupan yang mereka jalani untuk mengejar mimpi. Dari senang, sedih, hingga proses kehidupan, berikut adalah 15 lagu BTS yang dapat menginspirasi Anda. 

  1. No More Dream 
    Lagu ini merupakan lagu debut BTS melalui album 2 Cool 4 Skool dan berada dalam track nomor 4 pada album. Lagu ini secara keseluruhan memberikan inspirasi kepada anak muda untuk tidak takut bermimpi dan memiliki mimpi yang bisa menjadi tujuan dari hidup. Ada satu kalimat yang terus terulang dalam lagu ini yaitu ‘yamma ni ggumeun mwoni’ dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah, apa mimpi Anda?

    BTS
    Courtesy of LV


  2. Tomorrow
    Sama seperti No More Dream, lagu ini membicarakan mengenai mimpi. Tetapi lagu yang masuk dalam album Skool Luv Affair yang merupakan mini album ke-2 BTS ini fokus pada bagaimana susahnya mengejar mimpi, tetapi kesusahan itu yang akan membawa keberhasilan. Dalam proses mencapai mimpi Anda akan melalui banyak sekali kesusahan, keraguan, dan kegagalan, dalam lagu ini BTS ingin menyampaikan kepada Anda bahwa tidak apa-apa untuk merasa lelah dan ingin istirahat sejenak tetapi ingat untuk terus berlari mencapai impian yang dituju. 

  3. 21st Century Girl 
    Ada pada track ke-13 pada full-length album BTS yang ke-2, Wings. Kalau Anda pecinta lagu yang tidak terlalu berisik dan ringan untuk didengar, lagu ini sangat cocok. Tetapi lagu ini sebenarnya memiliki pesan yang cukup dalam, terutama untuk para wanita. Lagu ini membicarakan mengenai perempuan di Korea Selatan yang melakukan segala cara untuk bisa memiliki kecantikan yang sesuai dengan beauty standard, pesan yang diberikan melalui lirik “You Worth it, you perfect,” “Everybody wanna love you, everybody gonna love you” merupakan pesan yang diperuntukan untuk wanita-wanita di luar sana untuk mencintai diri mereka apa adanya tanpa berusaha keras untuk masuk dalam beauty standard.  

  4. Not Today
    Tim Artistik dari Bazaar Indonesia yang juga merupakan salah satu penggemar BTS, Tevia Putri, merekomendasikan lagu Not Today menjadi salah satu lagu yang inspirasional, karena melalui lagu ini BTS ingin menyampaikan kepada para pendengar dan penggemar musik mereka bahwa apapun yang Anda mimpikan saat ini pasti akan terwujud bila Anda yakin dan berusaha. Penggalan lirik dalam lagu ini yang berbunyi, “If you can’t fly, run today we will survive, if you can’t run, walk today we will survive, if you can’t walk, crawl even if you have to crawl, gear up” dapat memberikan Anda semangat untuk terus maju mengejar setiap mimpi yang Anda dambakan. 
    BTS
    Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial


  5. Paradise
    Setelah mendengarkan lagu-lagu BTS yang berputar dari bagaimana pentingnya mimpi, bagaimana mencapai mimpi, dan mempertahankan usaha yang dilakukan. Paradise menjadi salah satu lagu yang direkomendasikan oleh Bazaar. lagu ini akan mebawa Anda untuk istirahat sejenak, lagu ini hadir pada album Love Yourself: Tear. Pesan yang ingin disampaikan adalah tidak apa-apa untuk istirahat, karena setiao usaha yang sudah diberikan oleh Anda akan tetap membawa Anda pada tujuan akhir yang baik, istirahat sejenak dan biarkan Anda menikmati sebentar waktu yang berhenti. 

  6. So What 
    Masih berasal dari judul album yang sama, Love Yourself: Tear lagu So What akan membawa Anda untuk merasakan semangat dari cibiran yang dilontarkan oleh orang-orang sekitar. “90% of your worries are an imaginary swamp that you created, just go instead of worrying, don’t get scared, cheer up.”

    BTS
    Courtesy of Louis Vuitton


  7. IDOL 
    Lagu ini berasal dari album sequel, Love Yourself: Answer. “You can’t stop me loving myself,” “I do my thang, I love myself” merupakan penggalan lirik dari lagu IDOL yang bisa memberikan Anda inspirasi untuk mencintai diri sendiri tanpa memikirkan apa kata orang lain. 

  8. Answer: Love Myself 
    Album Love Yourself: Answer memiliki banyak lagu yang menginspirasi Anda untuk melihat ke diri Anda sendiri dan mulai memberikan cinta yang layak, lagu ini seperti judulnya yaitu mencintai diri sendiri, memberikan pandangan kepada pendengar untuk mulai mencintai kekurangan diri sendiri dan mulai menjadikan kelebihan sebagai sesuatu hal yang berguna untuk hidup, “I’m learning how to love myself.”

    BTS
    Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial


  9. Mikrokosmos
    Lagu yang terdapat dalam album MAP OF THE SOUL: PERSONA ini memiliki narasi bahwa setiap orang memiliki keunikan dan kharisma tersendiri, melalui penggalan lirik “Perhaps the reason this night looks so beautiful is not because of these starts or lights, but us” memberikan keyakinan kepada Anda yang mendengarkan lagu ini bahwa posisi Anda memilikii peran di dunia ini. 

  10. Black Swan
    Apakah Anda merasa takut akan kehilangan sesuatu yang Anda cintai? Seperti pekerjaan dan hobi yang Anda geluti, tapi di akhir hari semua terasa jenuh untuk dilakukan. Lagu ini dipersembahkan BTS kepada penggemar untuk menjadi inspirasi Anda yang merasa bahwa apa yang Anda sukai dan menjadi karier Anda saat ini bisa saja membaw kejenuhan, tetapi tidak apa-apa karena dari rasa kejenuhan yang hadir Anda dapat menilai diri sendiri lebih baik. 

    BTS
    Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial
  11. Louder Than Bombs
    Melalui album Love Yourself, BTS memberikan banyak lagu yang akan membawa Anda untuk melihat sisi baik yang terdapat di dalam diri dan mulai mencintainya. Album MAP OF THE SOUL: 7 memiliki banyak lagu yang memberikan Anda pandangan bahwa dalam hidup Anda akan menghadapi ketakutan dan kecemasan akan bagaimana kedepannya setelah berhasil mencapai mimpi yang Anda dambakan. “ I want to tell you that darkness exist everywhere, don’t be afraid of it. Whatever night may swallow me, I won’t give up, the fight for you we’ll shine” merupakan penggalan lagu dari Black Swan yang memberikan pesan kepada Anda untuk jangan menyerah berjuang melawan setiap rasa takut yang hadir. 

  12. 00:00 (Zero O'clock)
    BTS menciptakan lagu ini menjadi salah satu lagu yang diperuntukan untuk penggemar agar dapat merasakan kenyamanan saat mendengarkan lagu, dengan lirik “Put my hands together to pray, hoping that tomorrow I’ll laugh more, for me it’ll be better, for me When this song ends may a new sing begin. Hoping that I’ll be a little happier.”

    BTS
    Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial

  13. Stay Gold
    Lagu ini hadir dalam track album MAP OF THE SOUL: THE JOURNEY dalam bahasa Jepang, lagu ini memberikan pesan kepada penggemar untuk menjauhi hal-hal negatif yang kadang hadir di dalam kehidupan dan mulai mengisi kehidupan dengan hal-hal positif. 

  14. Life Goes On
    Saat pandemi di tahun 2020, BTS mengeluarkan lagu ini sebagai salah satu penyemangat lagu yang mereka peruntukan tidak hanya untuk penggemar tetapi untuk semua orang bahwa hal-hal yang tidak pasti terjadi saat itu pasti akan terlewati, “The day will come back around as if nothing happened, life goes on like an arrow in the blue sky.” Menjadi sepenggal lirik yang memberikan semangat untuk Anda yang mendengarkan lagu ini. 
    BTS
    Courtesy of Louis Vuitton


  15. Yet To Come
    Menjadi salah satu lagu terbaru milik BTS melalui album Proof, lagu ini membicarakan bagaimana perjalanan BTS dari awal mereka debut sampai hari ini mereka sampai sebesar ini. Melalui lagu ini BTS menggambarkan bagaimana kesusahan, kesenangan, dan pencapaian yang mereka lalui dan lagu ini dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang sedang melakukan proses dalam kehidupan. 
    BTS
    Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial

BACA JUGA:
V BTS Bagikan Foto Throwback di Paris dengan Mengenakan Mantel Animal Print  
Melihat Langsung 200 Koper Louis Vuitton Edisi Khusus di Singapura, Termasuk Desain BTS 
 
(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Instagram @bts.bighitofficial, Louis Vuitton)