Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

BTS Mengumumkan Bahwa Mereka Akan Hiatus Sampai Waktu yang Tidak Tentu

"Perubahan adalah yang kami butuhkan saat ini. Penting bagi BTS untuk memulai babak kedua kami."

BTS Mengumumkan Bahwa Mereka Akan Hiatus Sampai Waktu yang Tidak Tentu

Para pangeran yang berkuasa di K-Pop ini akan mengambil waktu untuk beristirahat.

Baca juga: Laneige Berkolaborasi dengan BTS dengan Menyulap Lip Sleeping Mask Ikonisnya Menjadi Warna Ungu Khas Army

Boy band Korea Selatan yang populer, BTS, baru saja mengumumkan bahwa mereka akan "hiatus sampai waktu yang tidak bisa ditentukan," menurut Billboard. BTS sudah mengonfirmasi kebenaran dari berita tersebut pada makan malam saat pers, di mana mereka mengungkap bahwa ketujuh anggota siap untuk memulai karier solonya.

Selama sembilan tahun terakhir, band ini terkenal sebagai salah satu boy band K-Pop paling sukses sepanjang masa, secara konsisten memecahkan rekor streaming dan penjualan, serta menantang status quo artis Asia yang menembus industri musik arus Amerika.

"Kami harus menerima bahwa kami telah berubah," ucap anggota band, Rap Monster, selama acara tersebut. "Bagi saya, grup BTS masih dalam genggaman saya hingga 'On' dan 'Dynamite,' tetapi setelah 'Butter' dan 'Permission to Dance,' saya tidak tahu lagi grup seperti apa kami ini.

Rap Monster juga menyatakan keprihatinannya terhadap "mesin K-Pop", yang mengacu kepada tuntutan ketat dari industri yang bernilai miliaran dolar, dan bagaimana hal itu memengaruhi seniman secara emosional, serta kreatif.

"Para eksekutif industri ini tidak memberi Anda waktu untuk beranjak dewasa. Anda harus terus menciptakan musik dan terus melakukan sesuatu," tambahnya. "Dan ini bukan hanya tentang musik dan pekerjaan. Saya perlu berpikir dan memiliki waktu sendiri lalu kemudian pikiran itu dapat matang dan menjadi sesuatu hal unik yang saya miliki."

Perwakilan band merilis pernyataan setelah acara tersebut, mengungkapkan dengan cara yang terlalu akrab (mirip dengan boy band masa lalu seperti NSYNC dan One Direction) bahwa band tidak akan pernah benar-benar berakhir (tetapi untuk saat ini...mereka sudah berakhir).

"BTS akan terus aktif dalam berbagai format yang berbeda, termasuk mengerjakan proyek solo," ucap perwakilan mereka dalam sebuah pernyataan kepada Billboard.

Grup ini juga mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada jutaan penggemar mereka, dengan Jimin yang berkata, "Kami tidak bisa untuk tidak memikirkan para penggemar kami apa pun yang terjadi, kami akan menjadi musisi yang selalu mereka ingat. Saya rasa sekarang kami mulai berpikir tentang musisi seperti apa kami masing-masing, dan ingin agar penggemar selalu mengingat kami. Saya pikir itu sebabnya kami sedang melalui masa sulit sekarang, kami mencoba menemukan identitas kami dan itu melelahkan serta membutuhkan proses yang panjang."

"Saya pikir perubahan itulah yang kami butuhkan saat ini," tambah J-Hope. "Penting bagi BTS untuk memulai babak kedua kami."

Baca juga:

5 Kejadian Kurang Menyenangkan Di Ajang Grammy Awards ke-64

Melihat Langsung 200 Koper Louis Vuitton Edisi Khusus di Singapura, Termasuk Desain BTS

(Penulis: Bianca Betancourt; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Bazaar US)