Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Makna Emosional Di Balik Baju Warna Hijau yang Dikenakan oleh Ratu Elizabeth pada Acara Peringatan Meninggalnya Pangeran Philip

Ratu Elizabeth tampil mengenakan mantel hijau untuk Kebaktian Thanksgiving.

Makna Emosional Di Balik Baju Warna Hijau yang Dikenakan oleh Ratu Elizabeth pada Acara Peringatan Meninggalnya Pangeran Philip

Hari ini keluarga kerajaan akhirnya dapat merayakan kehidupan dan warisan mendiang Pangeran Philip, hampir setahun setelah kematiannya.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Berikan Penghormatan kepada Pangeran Philip Saat Mendesak Aksi Iklim dalam Video Terbaru

Ratu Elizabeth memimpin langsung Kebaktian Thanksgiving di Westminster Abbey, London, yang dihadiri oleh anggota keluarga kerajaan Inggris, para bangsawan Eropa, dan perwakilan dari badan amalnya. Tapi alih-alih mengenakan pakaian hitam, seperti yang menjadi tradisi untuk upacara peringatan, Yang Mulia justru mengenakan mantel gaun berwarna hijau dan topi yang senada.

Sebenarnya ada alasan menyentuh dan sentimental bagi Ratu Elizabeth untuk mengenakan penutup wajah, yang merupakan penghormatan kepada mendiang suaminya. Warnanya, yang dikenal sebagai "Edinburgh Green", adalah warna livery resmi Pangeran Philip. Duke yang terkenal akan kecintaannya pada warna.

Putri Anne juga bergabung dengan ibunya dalam mengenakan rona yang sama, tiba dengan mantel hijau lengkap dengan aksen hitam, hal ini juga turut dilakukan oleh Camilla, Duchess of Cornwall yang memadukan mantel gaunnya dengan topi hitam dan hijau dan bros perak.

Salah satu tamu dari kawasan Eropa, Putri Letizia dari Spanyol, juga memberikan penghormatan dalam balutan jas berwarna hijau zamrud dan fascinator.

Anggota keluarga kerajaan lainnya yang bergabung dalam upacara itu termasuk Duke dan Duchess of Cambridge, dengan dua anak tertua mereka, Pangeran George dan Putri Charlotte.

Puteri Beatrice dan Puteri Eugenie juga hadir bersama suami mereka, begitu pula Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex.

Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa Ratu Elizabeth, yang memasuki ruang Westminster Abbey secara diam-diam melalui pintu samping membantu mengatur upacara peringatan hari tersebut untuk mendiang suaminya, "dengan banyak elemen yang mencerminkan keinginan Yang Mulia".

Pernyataan itu berbunyi: "Kami sangat berterima kasih atas dedikasi Duke of Edinburgh untuk keluarga, Bangsa, dan Persemakmuran serta mengakui pentingnya warisannya dalam menciptakan peluang bagi kaum muda, mempromosikan pemeliharaan dan konservasi lingkungan, dan mendukung Angkatan Bersenjata."

Baca juga:

Pangeran William dan Pangeran Harry Akan Tampil dalam Sebuah Film Dokumenter untuk Menghormati Pangeran Philip

Untuk Menghormati Mendiang Pangeran Philip, Namanya Digunakan untuk Spesies Bunga Mawar Baru

(Penulis: Harper's Bazaar UK; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)