Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ratu Elizabeth II Berikan Penghormatan kepada Pangeran Philip Saat Mendesak Aksi Iklim dalam Video Terbaru

Anggota kerajaan berusia 95 tahun itu juga mengenakan bros berlian dan rubi yang merupakan hadiah di pernikahannya.

Ratu Elizabeth II Berikan Penghormatan kepada Pangeran Philip Saat Mendesak Aksi Iklim dalam Video Terbaru
Courtesy of Bazaar US

Dalam pidato video baru untuk Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa COP26 Glasgow, Ratu Elizabeth II menghormati mendiang suaminya, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, yang meninggal pada usia 99 tahun April lalu.

Baca juga: Ratu Elizabeth Berbicara Secara Publik tentang Pangeran Philip Untuk Pertama Kalinya Sejak Kematiannya

Dalam rekaman itu, ia mendesak peserta konferensi "untuk bangkit di atas politik saat ini dan mencapai kenegarawanan sejati" untuk memerangi perubahan iklim secara efektif. Ia menyampaikan sambutannya sambil mengenakan bros berlian dan ruby berbentuk kupu-kupu di gaun hijau cerahnya, sebuah perlengkapan yang diberikan kepadanya oleh Dowager Countess of Onslow pada pernikahannya tahun 1947 dengan Philip. Sang anggota kerajaan jarang memakai bros.

Selama pidatonya, sang ratu juga duduk di sebelah foto Philip dari tahun 1988, ketika ia mengunjungi habitat kupu-kupu raja yang saat itu terancam di Sierra Chincua, Meksiko, per Newsweek. Potret itu adalah pengingat minatnya seumur hidup dalam konservasi satwa liar.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Lihat videonya di sini.

"Dampak lingkungan pada kemajuan manusia adalah subjek yang dekat dengan hati mendiang suami saya, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," kata Ratu Elizabeth dalam pidatonya. "Saya ingat betul bahwa pada tahun 1969 ia mengatakan pada sebuah pertemuan akademis, 'Jika situasi polusi dunia saat ini tidak dipikirkan secara kritis, pastilah situasinya akan menjadi semakin tak tertahankan dalam waktu yang sangat singkat. Jika kita gagal untuk mengatasi tantangan ini, semua masalah lain akan menjadi tidak berarti.'"

Ratu melanjutkan, "Tidak seorang pun dari kita meremehkan tantangan ke depan, tetapi sejarah telah menunjukkan bahwa ketika bangsa-bangsa bersatu untuk tujuan yang sama, selalu ada ruang untuk harapan.… Saya, misalnya, berharap bahwa konferensi ini akan menjadi salah satu kesempatan langka itu, di mana setiap orang akan memiliki kesempatan untuk bangkit di atas politik saat ini dan mencapai kenegarawanan sejati."

Baca juga:

Ratu Elizabeth II Disarankan Dokter untuk Istirahat Selama Dua Minggu

14 Foto Langka Ratu Elizabeth II Saat Mengemudi Mobil Sendiri

Inilah Foto Langka Para Selebriti Dunia Saat Bertemu Ratu Elizabeth II

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)