Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Untuk Menghormati Mendiang Pangeran Philip, Namanya Digunakan untuk Spesies Bunga Mawar Baru

Royal Horticultural Society membudidayakan mawar baru untuk menghormati ulang tahun ke-100 tahun mendiang Pangeran Philip.

Untuk Menghormati Mendiang Pangeran Philip, Namanya Digunakan untuk Spesies Bunga Mawar Baru

Anggota keluarga kerajaan Inggris memang telah memiliki sejarah panjang "meminjamkan" nama mereka untuk menjadi nama bunga. Ini dimulai pada abad ke-18 tepatnya ketika Ratu Victoria meminjamkan namanya dan disebut sebagai bunga Ratu Victoria Lobelia. Dan sekarang semua anggota keluarga kerajaan mulai dari Ratu Elizabeth II hingga Putri Diana dan Putri Charlotte memiliki setidaknya satu bunga dengan nama mereka. Pekan lalu, mendiang Pangeran Philip bergabung dengan tradisi ini, dengan mawar yang baru dikembangbiakkan dinamai untuk menghormatinya.

Bunga mawar memulai debutnya pada apa yang akan menjadi ulang tahun ke-100 tahun mendiang Duke of Edinburgh (ia lahir pada 10 Juni 1921). Ratu, pelindung dari Royal Horticultural Society, diberi mawar peringatan merah muda untuk menghormati suaminya.

Bunga baru, yang dibuat oleh breeder mawar asal Inggris Harkness Roses, telah ditanam di Taman Teras Timur Kastil Windsor. Lokasi ini sangat berarti karena, selama hidupnya, Pangeran Philip memainkan peran besar dalam mendesain taman tersebut. Ia diketahui merestrukturisasi lahan bunga dan menginstruksikan pemasangan air mancur, yang saat ini berada di tengah taman. Menambahkan makna yang lebih besar pada mawar baru adalah komponen amalnya: royalti dari setiap penjualan bunga tersebut akan diberikan kepada Duke of Edinburgh's Award Living Legacy Fund, memberi lebih banyak orang muda kesempatan untuk mengambil bagian dalam Duke of Edinburgh Award. Penghargaan ini mendanai berbagai organisasi dan program pengayaan bagi kaum muda di 130 negara.

Duke of Edinburgh Rose (Potted & Gift Wrapped)
20.99 pound sterling (422.688 rupiah)

“Meskipun sangat pedih, tetapi suatu kebanggaan tersendiri dapat  memberikan Yang Mulia Ratu, pelindung dari Royal Horticultural Society, Duke of Edinburgh Rose untuk menandai ulang tahun ke-100 tahun HRH Duke of Edinburgh dan untuk mengingat perjalanan dan warisan hidupnya yang luar biasa," ungkap Keith Weed selaku Presiden Royal Horticultural Society dalam sebuah pernyataan. "Pengabdian Duke untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya melestarikan alam menjadi sebuah warisan abadi."

Bunganya, yang sekarang telah tersedia untuk dijual, berwarna magenta gelap dan memiliki motif belang-belang dengan bintik-bintik putih. Menurut situs web D of E Award, mawar adalah "semak berukuran sedang dengan aroma lembut, cocok untuk tempat tidur mawar atau dalam kombinasi dengan tanaman lainnya".

Mawar Duke of Edinburgh tersedia untuk dibeli di sini.

(Penulis: Annie Goldsmith; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)