Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lebih Dari Sekadar Ekspresi Cinta, Inilah 8 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Fisik & Mental!

Ternyata, berpelukan terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Lebih Dari Sekadar Ekspresi Cinta, Inilah 8 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Fisik & Mental!

Berpelukan biasanya dilakukan untuk mengekspresikan cinta dan sayang diantara pasangan atau anggota keluarga. 

Tetapi lebih dari sekadar itu, ternyata berpelukan terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Bahkan, berpelukan disebut-sebut dapat memberikan manfaat yang hampir sama seperti rutin berolahraga dan bermeditasi, meskipun tidak dapat menggantikannya. 

Berikut ini adalah semua manfaat berpelukan yang sudah terbukti. 

1. Berpelukan baik untuk kesehatan jantung Anda

Berpelukan (atau kontak fisik secara umum) baik untuk jantung Anda, terutama untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali dalam situasi stres. Satu studi tahun 2003 dalam Journal of Behavioral Medicine, menemukan bahwa berpelukan selama 20 detik dan berpegangan tangan selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, yang pada gilirannya ini baik untuk kesehatan jantung Anda. 

2. Berpelukan dapat menurunkan stres

Menurut ahli fisiologi dan terapis, Nerina Ramlakhan, Ph.D., berpelukan membantu tubuh melepaskan hormon oksitosin dan serotonin, yang menciptakan perasaan aman, tenang, dan percaya diri. Bahkan, sebuah penelitian tahun 2007 dalam jurnal Psychoneuroendocrinology, menemukan bahwa sentuhan interpersonal, seperti berpelukan, dapat menurunkan sekresi kortisol sebagai respon terhadap situasi stres pada gilirannya, ini dapat menurunkan tingkat stres. 

3. Dapat meningkatkan hubungan romantis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berpelukan dapat membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin, atau dikenal juga sebagai hormon cinta, yang dapat meningkatkan hubungan romantis diantara Anda dan pasangan. Berpelukan juga dikaitkan dengan kepuasan hubungan, yang bisa membuat pasangan merasa lebih di dukung oleh Anda dan merasa tidak sendirian, begitupun sebaliknya, menurut penelitian tahun 2006 dalam The American Journal of Family Therapy

4. Dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis secara umum

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa berpelukan dapat membantu meminimalkan emosi negatif dan mendukung emosi yang lebih positif. Salah satunya ditunjukkan dalam studi tahun 2015 yang dipublikasikan di jurnal Psychological & Personality Science, orang yang menerima sentuhan fisik seperti berpelukan saat sedang mengalami kesusahan, dari pasangan atau orang terdekat akan merasa lebih didukung. 

Studi lainnya tahun 2013 dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, menunjukan bahwa orang yang menerima sentuhan fisik dari pasangannya atau orang terdekat memiliki suasana hati yang lebih baik, meningkatkan perasaan intim dengan pasangan, dan meningkatkan kesejateraan psikologis. 

5. Dapat mengomunikasikan emosi

Sebagian besar komunikasi manusia terjadi secara verbal dalam bentuk lisan dan tulisan. Tetapi, jangan remehkan kekuatan komunikasi nonverbal, yang merupakan cara penting lainnya untuk mengomunikasikan emosi satu sama lain. Faktanya, satu studi tahun 2009 dalam jurnal Emotion, menunjukan bahwa orang bisa mengomunikasikan emosi seperti kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, ketakutan, rasa terima kasih, dan rasa simpati hanya dengan sentuhan fisik saja, seperti berpelukan. 

6. Pelukan dapat meredakan pertengkaran di antara pasangan

Pertengkaran dengan pasangan mungkin bisa mengganggu mood Anda sepanjang hari, ini bisa memengaruhi kinerja kerja Anda pada hari itu. Akan tetapi, sebuah studi tahun 2018 dalam jurnal Plos One, menemukan bahwa berpelukan sebenarnya dapat memberikan efek negatif yang lebih kecil pada suasana hati akibat pertengkaran dengan pasangan. Dengan kata lain, berpelukan dapat menurangi efek negatif dari pertengkaran dan memungkinkan untuk tetap positif dalam menghadapi konflik.

7. Dapat melindungi Anda dari penyakit

Efek pengurangan stres dari berpelukan mungkin juga bekerja untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015 dalam jurnal Psychological Science terhadap lebih dari 400 orang dewasa, menemukan bahwa berpelukan dapat 
melindungi Anda dari penyakit dan meringankan gejala yang mungkin dialami dibandingkan dengan orang yang jarang mendapatkan sentuhan fisik. Hal ini karena, berpelukan dapat meningkatkan kadar limfosit, imunoglobulin, dan sel peningkat kekebalan lainnya, serta meningkatkan oksitosin yang dapat mendukung sel T-regulator Anda, yang membantu menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat sehingga melindungi Anda dari penyakit. 

8. Membuat Anda terlihat lebih muda

Peningkatan produksi hormon tertentu saat berpelukan—oksitosin dan serotonin, khususnya dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur, sehingga dapat menyebabkan berkurangnya tanda-tanda penuaan pada kulit, jelas Nerina Ramlakhan. 

Itulah beberapa manfaat berpelukan. Dengan semua manfaat luar biasa hanya dari memeluk seseorang (dan sebaliknya), tidak ada salahnya jika sesama anggota keluarga atau pasangan untuk membiasakan lebih banyak berpelukan. 

(Teaser: Photo by Cottonbro from Pexels)