Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Met Gala 2022

Acara akan kembali ke jadwalnya seperti biasanya, berlangsung pada hari Senin pertama bulan Mei.

Musim semi ini, Met Gala akan kembali ke jadwalnya seperti sedia kala, pada Senin pertama bulan Mei, yang untuk 2022 akan menjadi Senin 2 Mei.

Seperti hampir semua acara selebriti, gala tersebut sangat dipengaruhi oleh adanya pandemi Covid-19, memaksa penyelenggara untuk membatalkan malam penggalangan dana pada tahun 2020, dan memilih acara yang lebih intim pada tahun 2021, yang sebenarnya berlangsung pada bulan September, bukan pada Mei, ketika masa pembatasan di New York tidak terlalu parah. Namun tahun ini akan kembali beraktivitas seperti biasa.

Baca juga: Ini Para Host Met Gala 2022: Blake Lively, Ryan Reynolds, Regina King & Lin-Manuel Miranda

Di bawah ini, Bazaar mengumpulkan semua yang kami ketahui sejauh ini tentang Met Gala 2022. Dari tema hingga pembawa acara dan siapa yang bisa kita harapkan untuk menaiki tangga terkenal itu.


Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK


Apa itu Met Gala?

Met Gala, yang juga dikenal sebagai Costume Institute Benefit atau Met Ball, adalah acara amal yang diadakan di Metropolitan Museum of Art di New York City setiap musim semi – dan selalu menjadi salah satu acara mode selebriti paling menarik di tahun.

Sering dijuluki 'Oscar fashion', acara tersebut menarik nama-nama A-list terbesar, yang akan berpakaian sesuai dengan tema yang ditetapkan, biasanya dalam kreasi yang sudah dipesan terlebih dahulu dari perancang busana paling berpengaruh di dunia. Pada tahun-tahun sebelumnya, para tamu telah berpakaian dengan tema 'punk', 'camp' dan 'heavenly body', sementara ada juga acara yang memberikan penghormatan kepada desainer tertentu, termasuk Alexander McQueen dan Rei Kawakubo.

Met Ball ini cenderung mengumpulkan jutaan untuk Costume Institute di Met - yang mengadakan pameran tahunan yang menyertainya - melalui penjualan tiket, yang dibeli oleh desainer dan brand. Tiket berharga sekitar $35.000 (sekitar 503,413,750.00 Rupiah) masing-masing, dengan meja mulai dari $200.000 (sekitar 2,876,650,000.00 Rupiah) hingga $300.000 (sekitar 4,314,975,000.00 Rupiah).


Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK


Apa tema Met Gala 2022?

Tema Met Gala tahun ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu – dan akan diadakan untuk merayakan pembukaan bagian kedua dari pameran yang sama. Keduanya merayakan mode Amerika, meskipun ada sedikit perbedaan antara dua bagian, dan karena itu, dua tema.

Bagian satu berjudul 'In America: A Lexicon of Fashion' dan merayakan ulang tahun ke-75 Costume Institute, mengeksplorasi kosakata modern mode Amerika. Ini adalah tema spesifik dari Met Gala 2021, di mana para tamu dan desainer memberikan penghormatan kepada bintang Hollywood dan desainer Amerika.


Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Bagian kedua, 'In America: An Anthology of Fashion' — akan dibuka di ruang periode American Wing pada 5 Mei 2022. Bagian dari pameran ini akan mengeksplorasi perkembangan mode Amerika dengan menghadirkan narasi yang berhubungan dengan sejarah yang kompleks dan berlapis dari ruang-ruang itu. Ini akan menjadi tema Met Gala 2022 - dan akan melihat para tamu menjelajahi "penghormatan yang bijaksana untuk sejarah negara kita", siaran pers menjelaskan.

"Selama setahun terakhir, karena pandemi, koneksi terasa lebih emosional, seperti halnya dengan busana kami," Andrew Bolton, Kurator Wendy Yu yang bertanggung jawab dari The Costume Institute, mengatakan tentang pameran itu ketika itu pertama kali diumumkan. "Untuk mode Amerika, ini berarti peningkatan penekanan pada sentimen daripada kepraktisan."


Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

“Menanggapi perubahan ini, bagian pertama dari pameran akan membentuk kosakata modern mode Amerika berdasarkan kualitas ekspresif pakaian serta asosiasi yang lebih dalam dengan masalah kesetaraan, keragaman, dan penyertaan. Bagian kedua akan menyelidiki lebih lanjut bahasa yang berkembang dari Fashion Amerika melalui serangkaian kolaborasi dengan sutradara film Amerika yang akan memvisualisasikan cerita yang belum selesai yang melekat di ruang periode The Met."

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Selalu sulit untuk mengatakan bagaimana para desainer akan menafsirkan tema tersebut, tetapi kita dapat mengharapkan mereka untuk membangun apa yang kita lihat pada tahun 2021, sementara kita membayangkan penekanannya mungkin lebih kuat pada film Amerika dan Hollywood.

Siapa yang menjadi tuan rumah Met Gala 2022?

Meskipun daftar tamu akan dirahasiakan untuk sementara waktu, penyelenggara Met Gala telah mengungkapkan siapa yang akan menjadi tuan rumah acara tersebut, yang berarti kita pasti dapat mengharapkan bintang-bintang ini berjalan di karpet merah itu.

Regina King, Blake Lively, Ryan Reynolds dan Lin-Manuel Miranda telah ditunjuk sebagai co-chair resmi acara tersebut, sementara Tom Ford, Adam Mosseri dan Anna Wintour akan bertindak sebagai co-chair kehormatan.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Sekarang, mari saat kita menunggu acara karpet merah paling gemilang tahun ini, luangkan waktu sejenak untuk melihat kembali gaun Met Gala terbaik sepanjang masa di sini.

Baca juga:
14 Momen Fashion Tak Terlupakan di Tahun 2021

Bagaimana Agar Anda Dapat Diundang ke Met Gala?

Penulis: Amy De Klerk; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK