Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

14 Momen Fashion Tak Terlupakan di Tahun 2021

Termasuk film House of Gucci yang menakjubkan.

14 Momen Fashion Tak Terlupakan di Tahun 2021
Layout by Tevia Andriani

Setiap tahun, seluruh dunia pasti akan ditinggalkan dengan memori atas momen spesial yang telah dilalui. Dan penghujung tahun adalah waktu yang tepat untuk kita semua melihat kembali momen spesial yang telah terjadi di dunia, khususnya fashion.

Baca juga: Kumpulan Momen-Momen Terbaik di Dunia Hiburan Tanah Air dan Hollywood Selama Pandemi

Tak dapat dipungkiri, tahun ini dunia fashion dipenuhi dengan momen-momen yang spesial serta tak terduga mulai dari busana naked look yang dikenakan oleh Megan Fox, tampilan Met Gala Kim Kardashian, Dua Lipa melakukan debutnya di Varsace, Virgil Abloh meninggal, hingga banyaknya kolaborasi yang dilakukan oleh perancang dunia, yang membuat dunia gempar. 

Semuanya itu telah kita lewati dengan sangat baik dan sekarang waktunya Bazaar membagikan lebih banyak lagi momen fashion tak terlupakan di bawah ini!

1. Busana Naked Look Megan Fox

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Kami akan memulai dari yang satu ini yaitu tampilan busana naked look oleh Megan Fox yang juga memamerkan siluetnya. Ia kenakannya saat menghadiri acara penghargaan musik MTV Video Music Awards 2021, bersama sang kekasih Machine Gun Kelly. Gaun Mugler tipis yang hanya memperlihatkan thong perak dirinya dan menampilkan bordiran kilau serta ilusi optik jaring, dipasangkan dengan sepatu pump emas. 

2. Tampilan Met Gala Kim Kardashian

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Siapa yang tidak tahu penampilan Kim Kardashian saat hadir di Met Gala 2021? Jika Anda tidak tahu, kemana saja? Bintang reality show ini membuat pernyataan dengan ansambel paling diperbincangkan dari acara tahun ini. Mengenakan busana tertutup dari kepala hingga ujung kaki, termasuk balaclava yang menutupi wajah oleh Balenciaga. Banyak sekali tanggapan positif maupun negatif yang beredar di media sosial, terlebih saat harga ikat rambutnya yang mencapai harga 10.000 US Dolar (142.359.000 rupiah), dibocorkan oleh sang penata rambut, Chris Appleton.

3. Victoria's Secret Akhiri Era “Angels

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bagi Anda yang mengikuti peragaan merek pakaian dalam, pasti mengetahui siapa yang disebut angels, seluruh model yang sudah dikontrak untuk berjalan di runway Victoria's Secret setiap tahun. Namun, tahun ini, semuanya telah berubah. Karena, perusahaan  mengumumkan peluncuran The VS Collective, program kemitraan baru yang akan membantu "membentuk masa depan Victoria's Secret." Di mana mereka mempersatukan seluruh perempuan dengan berbagai perbedaan. Para wanita yang terlibat dalam VS Collective termasuk aktris Priyanka Chopra Jonas, bintang sepak bola Megan Rapinoe, pendukung kesehatan mental Adut Akech, aktivis kesetaraan Amanda de Cadenet, pemain ski serta advokat olahraga pemuda dan wanita Eileen Gu, advokat tubuh Paloma Elsesser, serta aktivis LGBTQ dan model Valentina Sampaio.

4. Putri Angelina Jolie, Zahara Jolie-Pitt, Pakai Ulang Baju Sang Ibu di Red Carpet Eternals 

Courtesy of Entertainment Weekly
Courtesy of Entertainment Weekly

Film Eternals baru saja rilis akhir tahun ini, dan putri Angelina Jolie, Zahara Jolie-Pitt terlihat mengenakan gaun emas berkilauan Elie Saab Couture yang pernah dikenakan Angelina saat menghadiri Academy Awards 2014. 

5. Dua Lipa Debut di Versace

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Apakah Dua Lipa akan meneruskan perjalanan keluarga sang kekasih Anwar Hadid? Pada bulan September lalu ia melakukan debut runway-nya di acara Versace Semi/Panas 2022 Milan Fashion Week. Membuka pertunjukan dengan setelan rok hitam yang edgy, menampilkan potongan yang disatukan oleh peniti warna neon. Penampilannya termasuk sandal platform hitam dan outliner grafis teal cerah serta anting yang serasi. Sepertinya, jelas, Dua akan mengikuti tradisi modeling keluarga Hadid.

6. Tampilan Vintage Roberto Cavalli Zendaya

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Satu tahun ini, pemeran MJ (di Spider-Man) menjadi salah satu bintang paling menarik untuk ditonton di karpet merah. Dari mulai beberapa tampilannya di premier Dune, Women in Film Awards, hingga gaun vintage koleksi musim gugur/dingin tahun 2000 Roberto Cavalli untuk upacara Ballon D'Or di Paris. Gaun berwarna hitam panjang itu menampilkan struktur sumsum tulang belakang yang terinspirasi dari emas. Beberapa komentar di media sosial mengatakan bahwa kerangka tersebut tampaknya merujuk pada Doctor Octopus, seorang penjahat dari alam Spider-Man yang dikenali oleh tentakel logam yang menonjol dari bagian belakangnya.

7. Meninggalnya Sosok Fashion Ternama: Virgil Abloh dan Alber Elbaz

Courtesy of Louis Vuitton and Bazaar US
Courtesy of Louis Vuitton and Bazaar US

Mungkin ini merupakan berita paling menyedihkan yang terjadi di tahun 2021 yakni wafatnya dua tokoh fashion ternama, direktur artistik Louis Vuitton untuk lini pria dan orang Afrika-Amerika pertama yang sukses di rumah mode mewah Prancis, Virgil Abloh dan mantan direktur kreatif untuk rumah mode Lanvin dan pendiri AZ Factory, Alber Elbaz.

Virgil meninggal pada usia 41 tahun setelah berjuang melawan kanker langka dan agresif, cardiac angiosarcoma, selama lebih dari dua tahun. Untuk memberikan penghormatan terakhir, Louis Vuitton menyelenggarakan apa yang semula direncanakan sebagai pertunjukan ulang dengan atraksi lampu merah tebal melesat ke langit, ditulis oleh pesawat kertas animasi "Virgil Was Here".

Sedangkan Alber, menutup usianya setelah pertempuran selama berminggu-minggu dengan Covid-19 di usia 59 tahun. Beberapa bulan kemudian, 45 merek fashion internasional, termasuk Louis Vuitton, Giorgio Armani, Alexander McQueen, Comme des Garçons, dan Ralph Lauren, berkumpul untuk mempersembahkan pertunjukan penghormatan bertajuk Love Brings Love.

8. Bottega Veneta Menghilang dari Media Sosial 

Courtesy of Instagram @newbottega
Courtesy of Instagram @newbottega

Saat sebagian besar dunia menerapkan lockdown dalam beberapa kapasitas, dan dengan semua acara mode dalam kalender fashion ditunda atau diubah menjadi presentasi digital, Bottega Veneta justru hilang dari media sosial. Tidak ketahui alasan dibalik keputusan tersebut, tetapi beberpa pihak berspekulasi bahwa hal tersebut disebabkan sebagai aksi untuk menaikan publisitas. Namun, sekarang sepertinya hal tersebut tidak lagi dikhawatirkan oleh banyak orang, karena sepertinya akun Instagram bernama @newbottega, menggantikan peran merek di dunia digital.

9. BTS Menjadi Global Ambassador Louis Vuitton 

Courtesy of Instagram @louisvuitton
Courtesy of Instagram @louisvuitton

Berhasil menarik perhatian dan mengumpulkan banyak prestasi baru, grup musik Korea Bangtan Sonyeondan atau yang lebih akrab disapa BTS resmi diumumkan sebagai global ambassador Louis Vuitton pada bulan April 2021. Mendiang Virgil Abloh sendiri yang mengumumkan kerja sama ini, mengatakan, “Saya senang BTS bergabung dengan Louis Vuitton hari ini. Saya menantikan kemitraan luar biasa ini yang akan menambahkan babak modern ke dalam Louis Vuitton dengan menggabungkan kemewahan dan budaya kontemporer. Saya tidak sabar untuk membagikan semua proyek menarik yang sedang kami kerjakan," ucapnya.

10. Gaun Schiaparelli Haute Couture Lady Gaga dan Bella Hadid

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Schiaparelli Haute Couture sepertinya membuat dunia fashion tercengang di awal dan pertengahan tahun, dengan busana yang dikenakan oleh Lady Gaga dan Bella Hadid. Pelantun Poker Face itu hadir kenakan jaket kamsir biru yang dipasukan dengan rok merah berbahan kain sutera merah lengkap dengan aksesori bros burung merpati berwarna emas, untuk membawakan lagu kebangsaan pada upacara pelantikan Joe-Kamala. Sedangkan, sang supermodel kembali membawa drama ke karpet merah dalam gaun berbahan wol hitam yang membentuk badan dengan neckline memotong ke bagian bawah dada yang ditutupi oleh kalung berwarna emas dalam bentuk paru-paru, dihiasi dengan rhinestones

11. Gaun Pengantin Paris Hilton

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Paris Hilton akhirnya menikah! Hari spesialnya yang sangat ia impikan ini dilengkapi dengan gaun pengantin yang elegan menampilkan garis leher tinggi, lengan renda, bunga cascading, dan rok ballgown penuh, terdiri dari 20 lapis tule di atas rok crinoline, ditata dengan veil sepanjang katedral yang ditutupi bunga bordir. Dan ternyata, Oscar de la Renta merancangnya secara custom dan terinspirasi oleh Grace Kelly. 

12. Gucci Pertama Kalinya ke Hollywood dan Film House of Gucci

Courtesy of Bazaar US and Bazaar UK
Courtesy of Bazaar US and Bazaar UK

Pertunjukan Gucci karya Alessandro Michele dikenal karena proporsi sinematiknya, dan ini tidak pernah lebih benar daripada pertunjukan Love Parade merek Italia yang dipentaskan tadi malam di Los Angeles dengan latar belakang Hollywood dan bintang film termasuk Jared Leto, Macaulay Culkin, Miranda July, dan Jodie Turner-Smith, pada panggung runway. Beberapa minggu kemudian, Gucci kembali mengambil perhatian dengan perilisan film House of Gucci yang menceritakan tragedi pembunuhan Murizio Gucci (Adam Driver), pewaris rumah mode pada tahun 1995, oleh sang istri Patrizia Reggiani (Lady Gaga), yang akhirnya dijatuhi hukuman 29 tahun penjara.

13. Phoebe Philo Ciptakan Brand Miliknya

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Para pencinta fashion pasti tahu bahwa Phoebe Philo telah sukses di dunia mode pada era Céline yang ikonis tepatnya antara tahun 2008 dan 2018. Sekarang, setelah tiga tahun istirahat dari industri, mantan direktur kreatif itu kembali, namun kali ini dengan labelnya sendiri. Meski belum diketahui secara pasti mengenai nama brand-nya, ia telah diam-diam mengerjakan comeback selanjutnya yang sangat dinanti sejak awal tahun 2020. Ia kini siap untuk secara resmi memulai debut merek eponimnya dengan sedikit bantuan dari perusahaan konglomerat mewah LVMH, sebuah investor minoritas untuk lini tersebut, dengan rincian lebih lanjut dikabarkan akan terungkap pada Januari 2022.

14. Era Kolaborasi Fashion

Untuk menutup daftar, kami akan membahas tiga kolaborasi yang tak terduga yakni Balenciaga x Crocs, Gucci x Balenciaga, dan Versace x Fendi. 

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Balenciaga menyebabkan perbincangan di media sosial akibat kolaborasinya bersama label Crocs yang dinilai eksentrik. Sepatu Crocs yang dikenal tidak memiliki hak, menjadi kesempatan yang diambil oleh Demna Gvasalia selaku direktur kreatif rumah mode Balenciaga untuk merancang sepatu Crocs versi stiletto. Tak tertinggal, aksentuasi lubang, strap bagian belakang kaki, dan finishing karet turut dilibatkan pada sepatu.

Courtesy of Gucci
Courtesy of Gucci

Selanjutnya Gucci, dengan mengusung tajuk Gucci Aria, perancang busana Alessandro Michelle, mendaulat rumah mode Balenciaga yang saat ini dipimpin Demna Gvasalia untuk berkolaborasi bersama. Alih-alih menciptakan hal baru yang dibuat dari ide keduanya, Alessandro justru "mencuri" karya Demna Gvasalia dengan menyadurkan model desain dan logo Balenciaga di atas barang-barang Gucci. 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Sedangkan untuk Versace x Fendi, dua merek warisan Italia berkumpul dalam satu acara catwalk yang membuat sejarah, untuk menutup Milan Fashion Week dengan gaya yang luar biasa. Dua rumah mode ini berkolaborasi dalam sebuah pertunjukan bernama "Fendace", yang menampilkan Donatella Versace bertukar tempat dengan pemimpin kreatif Fendi, Kim Jones dan Silvia Venturini Fendi, sehingga masing-masing dapat mendesain dan berinovasi atas nama merek yang lainnya. Tak lupa juga, runway tersebut menghadirkan Lila Moss, putri dari Kate Moss, yang dengan percaya diri menampilkan "aksesori" pentingnya yaitu pompa insulin.

Baca juga:

40 Momen Perhiasan Paling Ikonis dari Film Sepanjang Masa, Salah Satunya Kalung di Titanic

Momen-Momen Penting dalam Kehidupan Putri Diana

35 Skandal & Momen Aneh yang Tak Terlupakan di Royal Wedding

Kristen Stewart Miliki Momen Ikonis Putri Diana di Festival Film Venesia

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Bazaar US, Bazaar UK, Entertainment Weekly, Gucci, Louis Vuitton, Instagram @newbottega, @louisvuitton)