Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

27 Film Terbaik untuk Ditonton di Hari Valentine

Rom-com, film favorit yang tidak lazim, dan komedi yang ingin ditonton oleh para lajang, sejoli, dan semua orang di antaranya pada hari besar Cupid.

27 Film Terbaik untuk Ditonton di Hari Valentine
Courtesy of Bazaar US

Hari Valentine memunculkan semua jenis emosi. Mulai dari rasa syukur, sukacita, dan cinta, hingga ketidakpedulian, penghinaan, dan rasa jijik. Untungnya, ada film yang sempurna untuk setiap perasaan dalam spektrum tersebut.

BACA JUGA: Jennifer Lopez Mengenakan Gaun dari The White Lotus di Hari Valentine

Di bawah ini, kami telah mengumpulkan daftar film terbaik untuk ditonton saat liburan, baik jika Anda menginginkan kotak berbentuk hati dan boneka beruang kolosal pada tanggal 14 Februari, atau jika Anda menganggapnya sebagai film yang dibuat-buat dan dikomersialkan.

Peringatan: Jika Anda mencari film yang menampilkan romantisme yang akan membuat Anda lemas di lutut, seperti yang ditampilkan dalam The Notebook dan Titanic, lihat daftar film paling romantis yang sebelumnya. Dan bagi Anda yang lebih suka melewatkan romansa dan langsung ke hal-hal yang menyenangkan-misalnya, Kamar Merah di 50 Shades of Grey, telusuri daftar film terseksi sepanjang masa, film terbaik tentang seks, dan adegan seks paling panas sepanjang masa.

500 Days of Summer (2009)

Courtesy of Bazaar US

Film tragedi-komedi yang menawan ini tidak hanya cocok untuk Hari Valentine yang dihabiskan dengan baik di sofa, tapi Tom Hansen yang diperankan Joseph Gordon-Levitt, pria romantis berambut berantakan yang merindukan wanita yang telah mematahkan hatinya, Summer yang diperankan Zooey Deschanel. Sehingga cocok untuk menjadi salah satu penulis kartu ucapan yang sentimental. Tidak ada yang lebih sempurna dari itu!

Barbie (2023)

Courtesy of Bazaar US

Tambahan baru yang juga tak kalah menarik untuk pesta merah muda dan ungu V-Day adalah film hit Greta Gerwig di tahun 2023. Lebih dari sekadar penghormatan kepada boneka Mattel yang telah membangun sebuah generasi, film yang dibintangi Margot Robbie, Ryan Gosling, Issa Rae, Hari Nef, dan masih banyak lagi bintang lainnya ini merupakan film yang mengisahkan Barbie yang keluar dari dunia plastiknya yang sempurna menuju dunia nyata yang berantakan.

Be My Valentine, Charlie Brown (1975)

Courtesy of Bazaar US

Jika itu adalah hari libur kalender, maka akan ada film Peanuts. Kawan-kawan komik strip Charles M. Schulz ini identik dengan perayaan tahunan, tidak terkecuali Hari Valentine. Dalam film pendek tahun 1975 ini, geng ini bersiap untuk mendapatkan Hari Valentine terbaik yang pernah ada, dengan si lugu yang penuh kasih sayang yang berharap untuk menerima setidaknya satu valentine dari siapa pun. Lanjutkan dengan A Charlie Brown Valentine pada tahun 2002.

Bed of Roses (1996)

Courtesy of Bazaar US

Semua orang membutuhkan mawar di Hari Valentine, tapi bukan mawar yang menjadi pekerjaan rumah yang harus dijaga agar tetap hidup, melainkan mawar yang dibungkus dengan kisah cinta tahun 90-an yang murahan dari Christian Slater dan Mary Stuart Masterson. Keduanya membintangi roman yang sangat buruk tapi bagus tentang seorang penjual bunga yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan seorang wanita yang hanya mengejar karier dan tidak bersenang-senang. Dan tak peduli seberapa kritisnya Anda, selingan "Independent Love Song" akan membuat Anda terpukau.

Blue Valentine (2010)

Courtesy of Bazaar US

Untuk setiap orang yang mencintai cinta, ada gerombolan penentang romansa di luar sana. Bagi mereka yang berada di kubu yang terakhir, kami katakan bahwa satu-satunya hal yang kurang dari minuman keras Anda adalah film indie yang pahit dari Derek Cianfrance ini. Dibintangi oleh Michelle Williams dan Ryan Gosling sebagai Cindy dan Dean, film ini mengeksplorasi evolusi hubungan pasangan suami istri. Anggap saja ini sebagai penangkal kisah cinta yang manis.

Bones and All (2022)

Courtesy of Bazaar US

Rekan artistik Timothée Chalamet dan Luca Guadagnino menjadi pasangan yang serasi. Setelah kolaborasi mereka dalam Call Me by Your Name, aktor dan sutradara ini menambahkan lebih banyak lagi kegilaan pada histeria para Chalamania dengan kisah cinta penuh daging yang dibintangi oleh muse busana Taylor Russell. Film ini berkisah tentang dua orang asing yang terikat oleh hasrat mereka akan daging manusia, penuh darah, penuh mimpi, dan pasti akan meninggalkan bekas.

Cat Person (2023)

Courtesy of Bazaar US

Anda dan Chewpawca punya jadwal menonton film hit Sundance 2023 ini pada 14 Februari. Diadaptasi dari cerita pendek New Yorker yang terkenal dengan nama yang sama, film yang memadukan genre Susanna Fogle ini dimulai sebagai rom-com tentang seorang pria dan seorang wanita yang pertemuan IRL (in real life)-nya tidak sesuai dengan hubungan mereka melalui pesan singkat, dan kemudian berubah menjadi film thriller gila yang akan disukai semua orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai wanita.

Cyrano (2021)

Courtesy of Bazaar US

Cyrano de Bergerac seorang penulis Prancis yang karyanya yang inovatif membantu mendefinisikan sastra libertine abad ke-17, menjadi inspirasi bagi drama Edmond Rostand tahun 1897 yang diberi nama sesuai nama penyair tersebut. Ada banyak sekali adaptasi dari karya ini, termasuk novel klasik Roxanne karya Steve Martin tahun 1987 dan film fantastis The Half of It yang dirilis tahun 2020 dari Netflix. Tonton keduanya, tetapi jangan sampai Anda melewatkan kisah ulangnya yang sangat indah dari Joe Wright, yang dibintangi oleh Peter Dinklage sebagai pemeran utama dan Haley Bennett sebagai wanita cantik yang menurutnya terlalu mengerikan untuk dirayu.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Courtesy of Bazaar US

Eternal Sunshine karya Michel Gondry mengajak Jim Carrey dan Kate Winslet untuk menghidupkan sebuah skenario yang disusun dalam lanskap pikiran Charlie Kaufman. Sebuah tugas yang nyaris mustahil, namun berhasil mereka selesaikan dengan cemerlang sebagai Joel dan Clementine, mantan kekasih yang perpisahannya begitu menyakitkan, sehingga mereka memilih untuk menghapus semua kenangan tentang hubungan mereka-yang dimulai (lagi) pada Hari Valentine.

Fire of Love (2022)

Courtesy of Bazaar US

Katia dan Maurice Krafft adalah ahli vulkanologi Prancis yang bertemu dalam sebuah kencan buta dan kemudian mengejar kaldera yang meledak di seluruh dunia. Pada tahun 1991, pasangan ini tewas dalam letusan Gunung Unzen di Jepang, tewas dalam aliran piroklastik yang sangat besar. Menenun citra arsip dengan rekaman yang dikumpulkan oleh para peneliti dari puncak kawah gunung berapi yang menggelegak, sutradara Sara Dosa memberikan eksplorasi yang menarik tentang sifat alami cinta.

Fresh (2022)

Courtesy of Bazaar US

Makan malam untuk satu orang di Hari Valentine? Padukan makanan yang Anda bawa dengan film kelas A dari sutradara Mimi Cave, yang dibintangi oleh Daisy Edgar-Jones dan Sebastian Stan sebagai sepasang lajang yang sedang mencari cinta. Setelah bertemu satu sama lain di supermarket, keduanya melakukan beberapa kencan yang sukses, diikuti dengan liburan akhir pekan. Dan kami hanya akan mengatakan ini adalah saat petualangan penuh liku-liku dimulai. Selamat menikmati!

Joy Ride (2023)

Courtesy of Bazaar US

Mencari tontonan yang sempurna untuk Hari kasih sayang? Tontonlah Joy Ride. Dibintangi oleh Ashley Park, Stephanie Hsu, Sabrina Wu, dan Sherry Cola, film komedi vulgar ini berangkat ke Cina untuk mencari tahu lebih banyak tentang salah satu ibu kandung wanita. Namun, di situlah sentimentalitas berakhir dan pesta pora dimulai. Semakin banyak teman yang berkumpul di ruang tamu Anda, semakin baik, saat menonton film ini.

My Bloody Valentine (2009)

Courtesy of Bazaar US

Bahkan para penggemar film murni pun akan mengatakan bahwa film remake yang dibintangi oleh Jenson Ackles dan Jaime King dari Supernatural ini lebih unggul daripada film Slasher tahun 80-an, mungkin karena film ini menyajikan banyak aksi, darah, dan keseruan. Ketika sebuah kota diteror oleh seorang penambang dengan kapak, semua orang kecuali Sarah yang diperankan King menuding Tom yang diperankan Ackles. Apakah ia pembunuhnya? Atau hanya sebuah berlian yang disalahpahami?

Obvious Child (2014)

Courtesy of Bazaar US

Jenny Slate berperan sebagai Donna, seorang pelawak yang baru saja diputuskan oleh kekasihnya yang kebetulan hamil setelah melakukan hubungan satu malam. Berujung pada krisis emosional, ia mempertimbangkan untuk melakukan aborsi, yang hanya bisa dilakukan pada Hari Valentine. Komedi romantis yang tidak biasa yang pengaturan, penyampaian, dan punch line-nya ditangani dengan penuh percaya diri, film ini adalah pembersih lidah yang bagus.

Past Lives (2023)

Courtesy of Bazaar US

Salah satu film terbaik tahun 2023, potret yang menyentuh tentang seorang wanita yang merenungkan kehidupan dengan mantan kekasihnya ini adalah kisah pribadi pembuatnya, Celine Song. Namun, melalui pengembangan karakter yang mendalam dan narasi yang mengundang introspeksi yang bijaksana, peristiwa yang didasarkan pada kehidupan Celine menjadi sangat mudah dipahami. Dibintangi oleh Greta Lee yang brilian, Past Lives adalah hadiah yang harus Anda berikan untuk diri Anda sendiri di Hari Valentine.

Priscilla (2023)

Courtesy of Bazaar US

Priscilla karya Sofia Coppola tidak seperti film biografi Elvis yang mewah yang dirilis pada tahun 2022. Iterasi penuh gaya Sofia ini terasa alami dan gelap, hampir mencekik, karena film ini menyelami kehidupan Priscilla Beaulieu yang terisolasi dan kesepian, seorang anak berusia 14 tahun yang berpacaran dengan rocker paling terkenal di dunia. Sofia membalut film ini dengan palet khasnya yang melamun dan memberikan kesempatan kepada Cailee Spaeny. Dan Anda akan terpukau oleh aktor muda ini.

Red, White & Royal Blue (2023)

Courtesy of Bazaar US

Segalanya menjadi nakal dalam film komedi romantis yang melanggar aturan dari Matthew Lopez ini. Ketika Pangeran Harry, seorang bangsawan Inggris, dan Alex Claremont-Diaz, putra presiden Amerika, berseteru di sebuah pesta pernikahan, perseteruan mereka mengancam hubungan internasional. Dibujuk untuk menjalin persahabatan palsu demi penampilan, pasangan ini akhirnya terlibat lebih dari sekadar tipuan. Film yang satu ini penuh dengan kejutan, baik saat para pria mengenakan pakaian maupun tidak.

Rye Lane (2023)

Courtesy of Bazaar US

Sebuah surat cinta untuk London Selatan, komedi romantis karya Raine Allen-Miller ini memberikan kota multikultural ini sebuah pertunjukan yang menarik bagi kedua pemeran utamanya, David Jonsson dan Vivian Oparah. Sebagai Dom dan Yas, pasangan lajang yang saling mengenal setelah pertemuan canggung di kamar mandi umum, lalu berkeliling pasar, museum, dan toko-toko yang penuh warna, mereka saling membuka diri tentang cinta dan kehidupan.

Sitting in Bars With Cake (2023)

Courtesy of Bazaar US

Yara Shahidi dan Odessa A'zion melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam membawa memoar-slash-cookbook karya Audrey Shulman tahun 2016 ke layar kaca. Mereka berperan sebagai Jane dan Corinne, sahabat yang menghabiskan sebagian hidup mereka di bar sambil membagi-bagikan potongan kue surgawi buatan Jane untuk bertemu dengan para pria, atau di rumah sakit tempat Corrine yang kesehatannya menurun dirawat. Layaknya pantai untuk pengamat film abad ke-21, jadi undanglah pasangan terbaik Anda untuk menikmati koktail, kue, dan tangisan di Hari Valentine ini.

Decision to Leave (2022)

Courtesy of Bazaar US

Sutradara Parasite, Park Chan-wook, memiliki film yang ideal bagi mereka yang mencari sesuatu yang romantis namun tidak sakarin, memabukkan namun tidak murahan. Decision to Leave, film thriller penuh gaya dengan klimaks yang memilukan, bercerita tentang seorang detektif yang sudah menikah yang terobsesi dengan istri dari pria yang pembunuhannya sedang ia selidiki. Ada banyak bagian yang menyentuh hati di sini, semuanya menarik.

Somebody I Used to Know (2023)

Courtesy of Bazaar US

Dave Franco menyutradarai istri sungguhannya, Alison Brie, dalam proyek layar lebar lainnya, sebuah komedi romantis tentang seorang wanita yang pulang ke rumah, bertemu dengan mantannya (Jay Ellis), dan kemudian terpaku pada tunangannya (Kiersey Clemons). Film ini seperti versi yang lebih melankolis dan modern dari My Best Friend's Wedding, dan akan menjadi film yang sempurna untuk ditonton bersama Anda yang dulu.

Spider-Man: Across the Spider-Verse (2023)

Courtesy of Bazaar US

Masih ingatkah Anda dengan kotak valentine yang dibundel dengan stiker dan gambar karakter kartun, ikon sereal, atau pahlawan super? Di hari kasih sayang kali ini, anggaplah sekuel animasi Spidey terbaru sebagai dosis nostalgia dalam bentuk sinematik. Melanjutkan alur cerita antara Gwen Stacy dan Miles Morales, film ini menampilkan kisah cinta mereka yang manis sembari menggali lebih dalam tentang beberapa karakter lain yang terperangkap dalam jaring Spider-Verse.

The Color Purple (2023)

Courtesy of Bazaar US

Sebagai penghormatan kepada palet musim ini, mozaik warna merah muda, ungu, dan merah. The Color Purple sangat tepat. Tentu saja, itu bukan satu-satunya alasan untuk melihat mahakarya ini. Iterasi terbaru dari kisah Alice Walker yang telah lama dikenal, musikal baru ini dibintangi oleh Fantasia Barrino sebagai Celie, seorang gadis dari Selatan yang mengalami masa-masa sulit dalam perjalanannya menuju cinta diri, dan wajib ditonton pada Hari Valentine serta hari-hari lainnya sepanjang tahun.

The Disappearance of Shere Hite (2023)

Courtesy of Bazaar US

Shere Hite adalah seorang pendidik dan penulis seks Amerika-Jerman yang membuat gelombang besar pada tahun 1976 dengan buku terlarisnya, The Hite Report. Menghilangkan mitos tentang seks, seperti bahwa orgasme wanita hanya dapat dicapai dengan kehadiran seorang pria, buku ini menawarkan wawasan tentang keajaiban klitoris dan stimulasi diri, di antara topik-topik lainnya. Tak perlu dikatakan lagi, para pria terguncang dan reaksi patriarkis sangat keras. Dalam film dokumenter Nicole Newnham, yang dinarasikan oleh Dakota Johnson, warisan Shere yang terhapus mendapatkan tempatnya.

The Grand Budapest Hotel (2014)

Courtesy of Bazaar US

Anda tidak dapat mengadakan pesta cinta yang tepat tanpa hal-hal yang manis. Jadi, lihatlah mahakarya Wes Anderson tahun 2014 untuk mendapatkannya. Seperti semua karya sang sutradara, film ini mengaitkan beberapa cerita kecil ke dalam satu petualangan yang memukau, menggabungkan banyak karakter yang penuh warna. Favorit kami di sini adalah Agatha (Saoirse Ronan), tokoh utama kue Mendl yang membuat kue au chocolat yang sangat lezat dan membuat air liur kami menetes.

The Menu (2022)

Courtesy of Bazaar US

Ada harga mahal yang harus dibayar untuk makan malam prix fixe yang mewah itu. Namun bagi para tamu dalam film thriller epik kuliner karya Mark Mylod ini, konsekuensinya lebih dari sekadar dompet mereka. Anya Taylor-Joy memimpin para pemeran utama yang menyantap keajaiban kuliner dari seorang koki yang sombong, dengan setiap hidangan menyajikan kejutan yang lebih mengejutkan dari yang sebelumnya. Lupakan reservasi tahun ini, pesanlah burger, dan langsung saja bermain.

Valentine’s Day (2010)

Courtesy of Bazaar US

Julia Roberts, Jamie Foxx, Jessica Alba, Queen Latifah, dan masih banyak lagi wajah-wajah yang sudah tidak asing lagi bergabung dalam film bertema liburan yang esensial dari mendiang raja komedi Garry Marshall. Sebuah kisah menyeluruh tentang cinta-dan segala kerumitan, kekecewaan, dan nuansanya. film ini bahkan menampilkan Taylor Swift yang berambut keriting beradu akting dengan Taylor Lautner dari Twilight dalam debut aktingnya.

Apa yang tidak disukai?

BACA JUGA:
Hailey Bieber Tampil Seperti Kado di Hari Valentine
Kecupan Kylie Jenner untuk Sahabatnya dalam Unggahan Manis Perayaan Hari Valentine

(Penulis: Deanna Janes; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)