Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ria Miranda Mengadakan Ekshibisi Minang Dekade Legacy Onward di PIM 2

Menampilkan perjalanan satu dekade lebih Ria Miranda sebagai desainer dan perayaan sepuluh tahun koleksi Minang Heritage.

Ria Miranda Mengadakan Ekshibisi Minang Dekade Legacy Onward di PIM 2
RiaMiranda Minang Dekade

Sudah 10 tahun berlalu sejak Ria Miranda meluncurkan koleksi Minang Heritage yang terinspirasi dari tanah Minang melalui ajang Jakarta Fashion Week. Inspirasi yang didapatkan oleh Ria dalam eksplorasi karyanya adalah songket ibunya yang memiliki warna berbeda dari kebanyakan songket yang ia temui. 
 
Eksplorasi karya Ria dari awal perjalanan kariernya dapat ditemukan dalam ekshibisi mini yang bertajuk Ria Miranda Minang Dekade Legacy Onward. Melalui kesempatan ini, Ria juga meluncurkan special scarf dengan desain yang merangkum sepuluh tahun karyanya mengangkat budaya Minang. Koleksi spesial tahun ini juga terinspirasi dari ukiran Rumah Gadang, dengan pembeda lainnya yang dihadirkan dalam potongan, proporsi, dan warna yang berbeda dari koleksi-koleksi sebelumnya. 

BACA JUGA: Perayaan 10 Tahun Minang Heritage Pada Presentasi Busana Ria Miranda Annual Show 2022

Ria Miranda
Ria Miranda Minang Dekade

Sang desainer mengatakan bahwa siluet A-Line dan H-Line yang dihadirkan dalam koleksi spesial tahun ini merupakan sebuah bentuk filosofi bahwa agama adalah dasar kehidupan masyarakat Minang. Narasi filosofi tanah Minang hadir lewat palet netral earth tone dengan teknik lipit, ornamentasi payet, serta teknologi printing. Karya ini dapat ditemukan dalam koleksi Ria Miranda Reguler dan Signature. 

Ria Miranda
Ria Miranda Minang Dekade

Ria Miranda
Ria Miranda Minang Dekade

Ria menjelaskan mengenai ukiran Rumah Gadang yang dituangkan dalam koleksinya, “Terinspirasi dari detail ukiran kayu Rumah Gadang pada saat kunjungan ke Museum Adityawarman di Padang. Ukiran itu memiliki konsep seperti peribahasa ‘Alam Takambang Jadi Guru’ yang bermakna segala sesuatu yang tersaji di semesta merupakan anugerah dari Sang Pencipta. Harapan saya momen ini memberi semangat untuk konsisten memperkenalkan ragam budaya Sumatra Barat melalui kampanye Minang Heritage”. 

Ekshibisi mini Minang Dekade yang berlangsung pada tanggal 15-19 Februari 2023 di Atrium Mall Pondok Indah 2 memiliki beberapa aktivitas seperti workshop yang disediakan oleh Ngebenang dan Rumah Atsiri, beauty demo oleh Somethinc, styling session bersama Sarah Sofyan, dan terakhir creating creative content bersama Hijabers Community dan fashion show

BACA JUGA:

Modest Wear: Perkembangannya di Mata Dunia dan Indonesia

Koleksi Modest Wear Terbaru Ria Miranda untuk Dua Musim Sekaligus, Termasuk Koleksi untuk Anak

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Ria Miranda Team)