Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perayaan 10 Tahun Minang Heritage Pada Presentasi Busana RiaMiranda Annual Show 2022

Tema Minang Heritage memiliki makna dan menjadi kekuatan tersendiri bagi brand RiaMiranda.

Perayaan 10 Tahun Minang Heritage Pada Presentasi Busana RiaMiranda Annual Show 2022
Courtesy of Instagram @inforiamiranda

Ria Miranda telah menghelat Annual Show 2022 pada kamis (2/12) lalu, yang khusus ditujukan untuk merayakan 10 tahun Minang Heritage. 

Acara yang dikemas dalam bentuk Hybrid Presentation ini, mempersembahkan koleksi RiaMiranda ready-to-wear 2021 dan Raya Collection 2022. Tema Minang Heritage dipilih karena memiliki makna dan menjadi kekuatan tersendiri bagi merek. Penampilan
perdananya adalah saat Jakarta Fashion Week tahun 2012, yang langsung memikat hati melalui busana yang memancarkan keindahan ornamen Songket Silungkang Padang. Kini, eksplorasinya semakin istimewa dengan teknik cetak, warna pastel, dan earth tone yang khas dalam sentuhan Minang. Sehingga menjadi ciri khas merek yang telah beranjak 12 tahun.

Pagelaran fashion show RiaMiranda kali ini hadir melalui lini RiaMiranda dan RiaMiranda Signature. Sebanyak 25 looks penggabungan koleksi ready-to-wear dan preview Raya Collection 2022 dipresentasikan dalam bentuk video campaign, yang diambil langsung dari daerah Tulang Bawang Barat, Kabupaten Lampung, dilengkapi dengan sinematografi dan narasi yang menggambarkan perjalanan hidup sosok wanita Minang. Hal tersebut akan terlihat melalui permainan siluet loose cutting, hingga drapery dengan pilihan warna hangat pastel. Variasi cutting yang oversized, raglan sleeve cutting, dan flare menjadi ciri khas feminin koleksi. Tak hanya itu, rincian craftsmanship, embroidery pada lini RiaMiranda Signature dengan motif songket Minang juga dapat memukau penampilan.

Courtesy of RiaMiranda

Courtesy of RiaMiranda

Ria sendiri juga menjelaskan bahwa presentasi mereknya dilakukan dengan upaya ketat untuk menghindari penularan Covid-19 yang masih berada di tengah kita. “Tahun ini, banyak hal baru yang dicoba lakukan. Kita perbaiki lagi dari mulai visual, branding, dan proses kreatif desain. RiaMiranda Annual Show kali ini hadir dengan konsep hybrid presentation yang sudah dipersiapkan cukup lama. Melihat kondisi pandemi yang semakin membaik, sekaligus bertepatan dengan perayaan 10 tahun karya
Minang Heritage, rasanya momentum ini tidak mau saya sia-siakan. Alhamdulillah, banyak kolaborator hebat yang membantu saya untuk mempersiapkan ini semua,” ungkap desainer.

Lihat video lengkapnya di sini.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of RiaMiranda, Instagram @inforiamiranda)