Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Menurut Penelitian & Kata Ahli, Ini 7 Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik Dan Mental Anda

Bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, hingga mencegah kehilangan memori.

Menurut Penelitian & Kata Ahli, Ini 7 Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik Dan Mental Anda

Tahukah Anda, menari bukanlah sekadar aktivitas yang dilakukan untuk bersenang-senang, mengekspresikan diri, atau sebagai representasi seni dan budaya saja. Menari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan mental dan kesejahteraan emosional dan sosial Anda. 


Selengkapnya mengenai manfaat menari untuk kesehatan Anda secara keseluruhan yang didukung penelitian dan para ahli. 


1. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu manfaat utama yang didapatkan dari menari adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine tahun 2016, menemukan bahwa orang-orang yang menari setidaknya dengan intensitas sedang dinilai sudah cukup efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya. 


Penelitian ini juga mencatat bahwa, aspek sosial dari menari dan efek relaksasi yang menyertainya ikut ambil peran dalam meningkatkan kesehatan jantung. 


Dikutip dari laman Healthline, menurut Leon Turetsky, seorang penari ballroom profesional, mengatakan bahwa semua jenis tarian adalah olahraga yang bisa memberikan efek yang sama seperti latihan kardio. 


2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan otot inti tubuh 

Menurut Jonathan Tylicki, penari profesional, mengatakan bahwa salah satu alasan menari adalah bentuk latihan fisik yang hebat adalah karena tarian menggabungkan semua gerakan dari segala arah, ini tidak hanya meningkatkan kekuatan, tetapi juga meningkatkan keseimbangan.


Hal yang serupa juga dikemukakan oleh profesor di Yale School of Medicine in New Haven dan ahli bedah ortopedi olahraga, Elizabeth C Gardner, MD., mengatakan bahwa tarian melibatkan banyak pelatihan fleksibilitas dan pelatihan yang membangun kekuatan otot-otot inti tubuh. Itu artinya, menari bisa membantu meningkatkan postur tubuh yang lebih baik, meningkatkan keseimbangan, membantu menghindari jatuh, dan mengurangi risiko cedera dan sakit punggung. 


3. Meningkatkan kesehatan tulang 

Jenis tarian tertentu, seperti balet, telah terbukti dapat menjaga kesehatan tulang, menurut penelitian dalam jurnal Osteoporosis International.

National Osteoporosis Foundation setuju dengan temuan tersebut, beberapa jenis tarian tertentu memang secara efektif dapat membantu mempertahankan dan bahkan membangun massa tulang baru. 


4. Membantu menurunkan berat badan

Menurut seorang personal trainer, Julie Granger, mengatakan bahwa “Menari merupakan aktivitas pembakar kalori yang terbaik, karena semakin up-tempo tarian, maka semakin banyak kalori yang akan terbakar.” 


Tergantung pada gerakan tarian dan berat badan, sekitar 30 menit menari terbukti dapat membakar sekitar 90 hingga 252 kalori, menurut Harvard Medical School. Dengan alasan inilah, menari dapat membantu menurunkan berat badan. 


Untuk memaksimalkan pembakaran kalori, Julie menyarankan untuk mengikuti kelas dance cardio, yang memang dirancang untuk membakar kalori sekaligus meningkatkan kebugaran fisik Anda. 


5. Membantu mengurangi stres

Bergerak mengikuti irama musik memungkinkan Anda untuk mengalihkan  dari pikiran yang mengganggu. Faktanya, satu penelitian tahun 2019 dalam jurnal Frontiers in Psychology, menunjukan bahwa dance movement therapy dapat memengaruhi peningkatan kortisol, sehingga bisa membantu mengurangi stres. Bahkan, itu juga telah digunakan sebagai salah satu pengobatan untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatkan self-esteem, sekaligus kesehatan dan kesejahteraan mental secara keseluruhan. 


6. Membantu merasa lebih terhubung secara sosial

Keterhubungan dan interaksi sosial adalah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Pasalnya, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa perasaan kesepian atau terisolasi secara sosial dapat memberikan efek negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi, menari dapat memberikan aspek interaksi sosial dan keterhubungan sehingga dapat menghindari dari perasaan kesepian dan terisolasi, kata Julie. Pada gilirannya, ini juga berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan. 


7. Mencegah kehilangan memori

Dari satu penelitian tahun 2003 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, menyimpulkan bahwa dari semua aktivitas fisik, menari adalah satu-satunya aktivitas fisik yang dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Pasalnya, menari membutuhkan pembelajaran gerakan atau koreografi, yang bisa menjaga otak agar tetap aktif dan tidak kehilangan kemampuannya. 


Selain itu, aspek sosial dari menari juga terbukti dapat menjaga otak tetap bekerja aktif sehingga bisa mencegah kehilangan memori. Ini juga baik untuk menjaga kesehatan emosional Anda. 


Oleh karena itu, Carolyn Fredericks, MD., seorang ahli saraf di Yale Medicine, merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik yang tak hanya baik untuk kebugaran fisik, tetapi juga memiliki aspek sosial dan meningkatkan kemampuan kognitif; Menari memberikan ketiganya. 

(Teaser photo by David Hofmann on Unsplash)