Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapa Berlibur Bersama Sahabat Perempuan itu Penting

Terkadang, ada baiknya meninggalkan pasangan dan anak-anak Anda di rumah.

Mengapa Berlibur Bersama Sahabat Perempuan itu Penting
COURTESY OF BAZAAR UK

Ide berlibur bersama teman-teman wanita Anda dipandang sebagai sebuah ritual istirahat sejenak. Perjalanan “bermandikan sinar matahari dan alkohol” merupakan andalan bagi para remaja dan yang berusia dua puluhan. Kenangan yang tercatat dalam mitologi pertemanan Anda, yang menjaga bara api tetap menyala saat kehidupan menghalangi, dan setidaknya untuk sementara, menciptakan pengalaman baru bersama.

BACA JUGA: Apa Dampak yang Pandemi Berikan Terhadap Hubungan Persahabatan Anda?

Ketika saya pertama kali menulis artikel ini di tahun 2019, saya menemukan sebuah riset statistik yang berkata bahwa semakin banyak wanita yang memilih untuk pergi berlibur bersama teman daripada pasangannya. Namun saya bertolak belakang, liburan khusus wanita semakin memudar. Seiring bertambahnya usia dan kehidupan kami yang dipenuhi oleh pasangan dan anak-anak, secara natural prioritas pun bergeser dan waktu menjadi lebih langka. Bahkan jika anggaran yang dimiliki cukup untuk berlibur bersama keluarga dan teman, rasanya memanjakan diri sendiri. Untuk sejuta alasan, berlibur dengan sahabat terlalu tidak praktis.

“Sangat mungkin untuk “mabuk” akan keberadaan sahabat-sahabat Anda.”

Seiring berjalannya waktu, banyak rintangan yang menghadang persahabatan antara wanita seperti selimut yang lembap dan dingin, hubungan, pekerjaan, anak-anak. Tidak semua persahabatan dapat bertahan melewati tahap-tahap ini, tetapi yang terbaik bisa. Jika ide berkunjung ke tempat eksotis bersama teman-teman terdekat Anda tidak memungkinkan untuk sekarang, tidak akan selalu demikian. Tidak ada titik dalam hidup kita di mana persahabatan menjadi tidak penting atau tidak dibutuhkan. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mendukung kita adalah salah satu hal yang paling sehat. Terkadang, ada baiknya kita meninggalkan pasangan atau anak-anak kita di rumah dan mengingat siapa diri kita saat jauh dari mereka.

GIRLS VACATION
COURTESY OF BAZAAR UK

Namun, meskipun kelihatannya tidak praktis, jumlah wanita yang pergi berlibur dengan teman-teman nya, bukan dengan pasangan mereka, telah mengalami pertumbuhan yang nyata. Pariwisata khusus wanita telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, dilaporkan bahwa jumlah perusahaan perjalanan khusus wanita telah meningkat 230 persen, mungkin karena permintaan. Arena liburan khusus wanita adalah pasar yang menguntungkan, menyumbang empat persen dari seluruh pengeluaran perjalanan di Amerika Serikat (AS) (sekitar 200 juta Dolar Amerika per tahun). Universitas Harvard telah memuji manfaat kesehatan dari hubungan sosial, seperti pergi berlibur bersama teman-teman, selama lebih dari satu dekade. Pada tahun 2011, institusi yang dihormati ini mengatakan bahwa hubungan sosial yang kuat "memberi kita kesenangan... mereka juga memengaruhi kesehatan jangka panjang manusia dengan cara yang sama kuatnya seperti tidur yang cukup, pola makan yang baik, dan tidak merokok. Puluhan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki hubungan yang memuaskan dengan keluarga, teman, dan komunitas mereka lebih bahagia, memiliki lebih sedikit masalah kesehatan, dan hidup lebih panjang."

“Terkadang ada baiknya meninggalkan pasangan atau anak-anak kita di rumah dan mengingat siapa diri kita saat jauh dari mereka.”

Sekarang di usia pertengahan tiga puluhan, dengan banyak teman yang memiliki anak, saya melihat lebih banyak lagi alasan untuk melarikan diri selama beberapa hari dengan teman-teman terdekat saya. Semakin tua, semakin banyak tanggung jawab yang kita dapatkan dan, sebagai wanita, kita tidak selalu pandai dalam mempertimbangkan kesejahteraan diri sendiri. Kita perlu istirahat dari kerja keras emosional, bebas dari ekspektasi dan tugas sehari-hari, bersenda gurau, dan menghibur satu sama lain dengan cara yang lebih dari sekadar menghabiskan waktu di restoran atau bar. Meskipun perjalanan yang diisi dengan pesta pora dan dihabiskan di penginapan murah mungkin tidak semenarik dulu, liburan yang baik untuk semua wanita masih berbentuk pengalaman yang memperkaya. Karena, sejujurnya, ikatan antar wanita tidak menua. Anda mungkin tidak akan minum-minum dengan sembrono, tetapi sangat mungkin untuk “mabuk” ditemani sahabat-sahabat Anda. Petualangan perjalanan kami mungkin terlihat berbeda, skinny dipping yang tidak terlalu spontan, waktu keluar malam yang lebih singkat, dan toleransi terhadap lothario yang jauh lebih rendah, namun tetap menyenangkan. Jika ada, itu hanya lebih nyaman dengan melibatkan makanan lezat dan bergizi.

Tidak ada pertunangan atau pernikahan yang mampu membuktikan betapa memuaskan atau pentingnya persahabatan kita. Jadi, mungkin berlibur adalah momen yang berharga dan langka, merupakan bentuk pengakuan terbesar. Semakin banyak tanggung jawab yang kita pikul, semakin penting untuk dapat “mencuri” waktu beberapa hari bersama para wanita yang telah membantu membentuk diri kita. Bersama mereka yang mengingatkan kita akan jati diri sendiri, yang tidak tergantung pada orang-orang rumah, entah itu pasangan, orang tua, atau anak-anak. Mungkin saya menemukan cara yang muluk untuk membenarkan liburan, tetapi mengambil ruang mental dan fisik dari keseharian untuk mengisi “bahan bakar” dan mengisi ulang tenaga hanya akan bermanfaat bagi semua orang, termasuk mereka yang kita tinggalkan. Tidak masalah jika kita mendambakan waktu tanpa gangguan dengan teman-teman terdekat di suatu tempat yang indah.

Dengan pemikiran tersebut, kami menulis sebuah artikel tentang liburan untuk wanita. Inilah alasan mengapa Anda harus melakukannya:

  1. Anda akan memperkuat persahabatan Anda.
    Tidak ada yang bisa menandingi keintiman selama seminggu atau akhir pekan dengan seorang teman untuk mempererat hubungan Anda. Seiring bertambahnya usia dan berkurangnya kegiatan menginap, dan keluar malam, mudah sekali untuk jatuh ke dalam kebiasaan hanya bertemu dengan teman-teman Anda sejenak. Seperti makan malam atau minum-minum, untuk mendedikasikan sebagian besar waktu di malam hari guna mengejar pembicaraan yang tertunda. Tetapi persahabatan didasarkan pada pengalaman, kenangan, dan jenis obrolan yang mencakup hal-hal konyol, mendalam, hingga yang membuat frustrasi. Anda tidak akan mendapatkan semua itu hanya dengan beberapa jam di pub, tetapi Anda akan mendapatkannya dengan berlibur. Bernostalgia memang bagus, tapi Anda butuh lebih banyak hal untuk mengobarkan api persahabatan daripada saat-saat di masa remaja Anda mabuk dan menari di atas meja. 

    Courtesy of Selena Gomez

  2. Very freeing.
    Tidak ada yang terasa lebih membebaskan daripada naik pesawat dengan satu atau dua sahabat, dan melepaskan diri Anda dari kehidupan rumah tangga. Tidak peduli seberapa bahagianya hubungan Anda, sangat penting untuk menghabiskan waktu berkualitas di lokasi yang asing, baik di pantai Sisilia atau di kastil yang indah di Wales. Hal tersebut membuat kita semua merasa lebih muda dan mengingatkan kita akan kegembiraan tanpa batas di sekolah dan universitas. Yang perlu dikhawatirkan hanyalah memastikan Anda memakai krim tabir surya yang cukup dan ke mana Anda akan pergi untuk makan malam malam itu. Meskipun Anda mungkin sudah melupakan hari-hari Anda yang penuh dengan alkohol, sikap "tidak peduli, kita sedang berlibur" masih berlaku.

  3. Anda kemungkinan bertemu dengan orang baru.
    Saat Anda bersama teman-teman, Anda lebih terbuka untuk mengobrol dengan orang baru, dan itu tidak selalu berarti potensi romantis (meskipun bisa saja). Pasangan cenderung lebih tertutup dan kurang mau bertemu dengan orang lain di luar lingkungan mereka. Dengan ditemani oleh semua teman wanita, Anda akan eksplorasi lebih jauh. Anda akan melihat lebih banyak kehidupan malam karena pergi dengan pacar Anda tidaklah sama. Ada kesempatan yang jauh lebih besar bagi Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda duga, seperti mengendarai moped melintasi pulau tanpa SIM atau berdansa sampai matahari terbit.

    GIRLS TALK
    COURTESY OF BAZAAR UK

  4. Anda akan lebih sering berpesta.
    Meskipun menghabiskan waktu seharian untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lokal memang memuaskan, sejujurnya Anda baru melihat setengah dari sebuah kota atau destinasi hingga Anda mengalaminya di malam hari. Setiap tempat memiliki kepribadian yang berbeda di balik selubung kegelapan, dan Anda pasti akan lebih berusaha untuk menjelajahi kehidupan malam apabila Anda bersama teman-teman, daripada dengan pacar. Hari-hari terasa lebih panjang bersama teman-teman: di mana Anda mungkin pergi makan malam dan minum-minum dengan pacar Anda sebelum kembali ke hotel, malam hari bersama teman cenderung berlangsung lebih lama seperti Anda pergi ke klub atau hanya menghabiskan malam dengan menikmati makan malam yang panjang.

  5. Anda akan ingat mengapa Anda menjadi teman baik.
    Sama halnya dengan liburan romantis yang dapat merevitalisasi sebuah hubungan. Berlibur bersama teman dapat membantu mengingat mengapa pertama itu terjadi. Anda akan melihat teman-teman terdekat Anda dalam keadaan yang paling santai, jauh dari tekanan kehidupan sehari-hari. Ini adalah rehat untuk semua orang dari kesibukan sehari-hari, sehingga Anda cenderung berada dalam kondisi yang baik.

  6. Anda akan membicarakan masalah hidup satu sama lain.
    Wanita memiliki kemampuan yang tak tertandingi untuk membicarakan segala hal. Tapi terkadang ketika kita bertemu untuk sekadar mengobrol, tidak ada waktu untuk membahas kekhawatiran atau masalah terdalam kita, dan tentu saja tidak ada waktu untuk menyelesaikannya. Dengan waktu yang tidak terbatas, Anda bisa memikirkan bagaimana cara teman Anda keluar dari pekerjaan yang ia benci, atau masalah kecil yang Anda miliki tentang pacar Anda. Ada waktu untuk saling mendukung sepenuhnya.

    GIRLS VACATION
    COURTESY OF BAZAAR UK

  7. Tidak semua "integrasi" plus-one akan berhasil.
    Banyak dari kita, pada saat tertentu, memiliki fantasi tentang bagaimana pasangan dan anak-anak kita akan berbaur. Pasangan kita akan menjadi teman baik, terikat oleh minat dan humor yang sama. Anak-anak kita akan saling mengagumi satu sama lain, mungkin suatu hari nanti mereka akan menikah. Kenyataan yang sering terjadi adalah kita sering memaksa orang yang kita cintai untuk bersosialisasi biasanya canggung. Pasangan kehabisan bahan pembicaraan, mungkin anak-anak tidak saling bertatap muka. Semua ini tidak apa-apa. Jika kru Anda adalah kelompok yang ceria, maka sempurna. Jika tidak, jangan coba-coba memaksanya. Liburan seharusnya santai. Pergilah bersama para gadis saja.

  8. Anda akan memiliki lagu liburan yang akan membuat Anda tersenyum selamanya.
    Akan ada satu lagu yang Anda mainkan berulang kali. Baik di kolam renang, di lantai dansa atau di dalam mobil. Dan setiap kali mendengar lagu tersebut, anda akan tersenyum dan mengingat kembali mengapa pertemanan dalam hidup sama pentingnya dengan keluarga.

BACA JUGA:
5 Museum di Singapura yang Wajib Masuk Dalam Daftar Wisata Anda
7 Tips Agar Liburan Aman dan Nyaman

(Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)