Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Tips Agar Liburan Aman dan Nyaman

Terlebih sebagai nasabah prioritas BRI, liburan Anda akan semakin sempurna dengan privilege yang ditawarkan

7 Tips Agar Liburan Aman dan Nyaman
Courtesy of 123RF

Berlibur bukan hanya soal menyegarkan pikiran. Rasa aman dan nyaman  serta kemudahan dalam mengakses segala keperluan dan fasilitas saat bepergian juga menjadi poin yang tak kalah pentingnya. Sebagai contoh adalah saat berlibur di peak season atau musim liburan. Mencari penginapan dengan lokasi dan harga yang pas terkadang menjadi kendala yang memaksa kita untuk berpikir ekstra. Kita sering menemui situasi ketika kamar hotel yang berlokasi strategis sudah penuh sehingga tidak dapat dipesan. Di situasi lainnya, Anda sudah menemukan hotel pilihan yang dirasa tepat tetapi sayangnya harga yang ditawarkan sudah terlalu tinggi. Bahkan, tidak jarang promo liburan akhirnya melayang begitu saja karena blackout dates di momen-momen tertentu. 


Namun sejatinya ada banyak cara untuk dapat berlibur secara nyaman. Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk merencanakan liburan selanjutnya

1. Memilih destinasi yang sesuai

Memilih destinasi yang pas bukan berarti harus destinasi yang populer. Terutama di masa pandemi seperti sekarang, hindari tempat wisata yang berpeluang ramai pengunjung. Saat ini pilihan tempat berlibur di ruang terbuka atau yang dekat dengan alam dan staycation sering menjadi prioritas. Sebelum berangkat, alangkah baiknya pula Anda sudah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi yang Anda pilih termasuk tentang akses transportasi dan fasilitas yang ada.

2. Membuat itinerary perjalanan

Meskipun berlibur dengan santai, itinerary perjalanan diperlukan sebagai panduan supaya Anda dapat mengatur waktu secara efektif dan efisien. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan kegiatan apa saja yang menjadi prioritas, biaya perjalanan yang diperlukan, dan lebih mudah mengatur transportasi.

3. Menentukan biaya perjalanan

Mengatur biaya travelling juga menjadi langkah yang penting supaya Anda dapat memperkirakan pengeluaran sehingga tidak melebihi batas anggaran liburan Anda. Oleh karenanya, membuat pos tabungan keuangan khusus untuk berlibur akan sangat membantu agar pos investasi lain tidak terganggu.

4. Tidak memesan tiket dalam waktu yang mepet

Tidak jarang kita butuh usaha ekstra saat membeli tiket pesawat dan hotel saat peak season. Harga yang kurang bersahabat atau tingkat okupansi yang tinggi cukup menjadi kendala. Potongan harga saat blackout date pun biasanya tidak dapat digunakan. Berbeda jika Anda adalah nasabah prioritas BRI, sebab pemesanan akomodasi di blackout date untuk hotel bintang lima tertentu bisa Anda manfaatkan.


5. Bergabung menjadi nasabah prioritas

Bukan rahasia bila Anda bisa memanfaatkan fasilitas dan layanan kelas atas sebagai bagian dari nasabah prioritas. Momen liburan pun akan terasa semakin sempurna mengingat setiap bank tentu menawarkan beragam privilege mulai dari penawaran eksklusif dari berbagai restoran, hotel mewah, lifestyle dan merchant lainnya. Salah satunya adalah BRI yang siap sedia untuk memberikan layanan eksklusif bagi para pribadi terpilih. Soal travel, BRI Prioritas memberikan keistimewaan berupa airport pickup menggunakan Golden Bird dan fasilitas travel lounge yang tersebar di 26 lokasi di seluruh Indonesia.

BRI juga memiliki program khusus bernama Jelajah Indonesia. Ini merupakan aplikasi dan buku program panduan yang akan menemani Anda menjelajah Indonesia dengan keistimewaan tertentu misalnya penawaran promo di lebih dari 340 merchant bagi nasabah pemegang kartu debit dan kartu kredit BRI.

Selain layanan untuk menunjang gaya hidup, BRI Prioritas turut memberikan layanan konsultasi mengenai perencanaan serta proteksi keuangan, market update, asuransi, investasi, serta Wealth Management Service bersama Financial Advisor berkompeten, tersertifikasi, dan berpengalaman dalam memberikan referensi tentang produk keuangan yang sesuai dengan profil risiko nasabah demi mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik.

6. Menyiapkan perlengkapan berlibur

Jangan abaikan dokumen-dokumen penting yang harus selalu tersedia ketika Anda berlibur seperti paspor dan kartu identitas. Perlengkapan berlibur juga dapat disiapkan sesuai destinasi yang Anda tuju, misalnya jangan abaikan sunscreen ketika berlibur ke pantai atau mantel hangat ketika bervakansi ke pegunungan.

7. Mematuhi protokol kesehatan

Meskipun level PPKM di sejumlah daerah menurun, bukan berarti pandemi sudah selesai. Di masa seperti ini Anda justru harus lebih waspada dan tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan yang sudah rutin kita jalani. Tetap memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan merupakan kebiasaan yang tidak bisa kita tinggalkan.


Itulah sejumlah tips berlibur yang dapat Anda terapkan agar liburan terasa aman dan nyaman. Terutama bila Anda adalah pribadi terpilih BRI, manfaatkan segala privilege yang ditawarkan agar liburan Anda semakin sempurna dan bermakna. Untuk bergabung sebagai nasabah prioritas, BRI memiliki program Welcome to BRI Prioritas untuk menerima pribadi terpilih sebagai nasabah prioritas. Ini merupakan program akusisi di mana unit kerja maupun nasabah BRI Prioritas dapat mereferalkan kerabatnya untuk bergabung menjadi nasabah baru BRI Prioritas. Reward yang ditawarkan berupa berbagai pilihan produk keuangan dan direct gift mencapai 25 juta rupiah. Program ini telah dimulai pada 3 Januari 2022 dan akan berlangsung sampai 30 Juni 2022. 

Foto courtesy of 123RF