Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Museum di Singapura yang Wajib Masuk Dalam Daftar Wisata Anda

Mulai dari sejarah kota, seni interaktif, hingga es krim gratis!

5 Museum di Singapura yang Wajib Masuk Dalam Daftar Wisata Anda

Sudah tidak asing lagi bahwa Singapura diketahui untuk destinasi belanjanya, dan mungkin saat ini semua orang sudah menjelajahi sebagian besar tempat shopping di sekitar Singapura. Tetapi negara ini sebenarnya memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pengunjung, seperti berbagai museum bagi yang mencari sesuatu yang baru dan menyenangkan untuk dilakukan, baik sendiri atau bersama teman. 

Berikut adalah 5 rekomendasi museum yang bisa dikunjungi di waktu luang Anda saat di Singapura:

 

1. National Museum of Singapore

Courtesy of National Heritage Board
Courtesy of National Heritage Board

National Museum of Singapore adalah museum tertua negara ini dengan sejarah sejak tahun 1887. Museum ini terletak di Stamford Road dekat Singapore Management University (SMU), dekat juga dengan Stasiun MRT Bras Basah. Di belakang eksterior colonial abad ke-19 ini, museum tersebut menggunakan teknologi canggih untuk mempersembahkan warisan dan pembangunan bangsa, menyoroti berbagai macam kisah Singapura. 

2. ArtScience Museum

Courtesy of Marina Bay Sands
Courtesy of Marina Bay Sands

Museum berikutnya pasti sudah tidak asing bagi yang sering berkunjung ke Marina Bay Sands, ArtScience Museum terletak di area outdoor mall Marina Bay Sands, duduk tepat di seberang Merlion Park. Dengan konsep yang sangatlah unik seperti yang terlihat dari namanya, museum tersebut merupakan kombinasi dari Art dan Science. Menariknya, museum interaktif ini merupakan tempat yang aman untuk menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai, berapa pun usianya karena semua orang bisa bersenang-senang disini. Dengan spot-spot fotogeniknya yang indah, museum ini juga menawarkan berbagai aktivitas interaktif untuk Anda bersenang-senang dengan anak-anak. 

3. National Gallery Singapore

Courtesy of National Gallery Singapore
Courtesy of National Gallery Singapore

Institusi visual arts ini menghormati seni dan budaya Singapura, yang mengawasi koleksi publik seni modern terbesar di Singapura dan Asia Tenggara. Galeri ini didedikasikan untuk penelitian kolaboratif, edukasi dan pameran, menyoroti pentingnya seni modern di Asia Tenggara. Terletak di The Civic District, galeri ini menawarkan pemandangan arsitektur yang luar biasa di sekitarnya. 

Courtesy of National Gallery Singapore
Courtesy of National Gallery Singapore

4. Museum of Ice Cream

Courtesy of Museum of Ice Cream
Courtesy of Museum of Ice Cream

Dari lokasi di sekitar Amerika Serikat, Museum of Ice Cream baru saja dibuka di Singapura di daerah Dempsey. Museum berwarna merah muda ini merupakan pengalaman multi-indera dengan instalasi imersif yang membayangkan kembali cara kita menikmati es krim, dengan tujuan utama untuk pengunjung menemukan kembali sisi kekanak-kanakannya. Terkenal sebagai museum yang insta-worthy, Museum of Ice Cream menawarkan banyak spot foto estetis dari awal hingga akhir, sambil membagikan berbagai jenis es krim untuk Anda nikmati. 

5. MINT Museum of Toys

Courtesy of Visit Singapore
Courtesy of Visit Singapore

Museum ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak kecil maupun dewasa untuk mengenang perkembangan berbagai macam mainan sejak dini. MINT Museum of Toys, terletak di Seah St. membelakangi Raffles Hotel, menyimpan koleksi mainan antik dan barang koleksi elite, termasuk poster-poster vintage, kaleng permen, papan iklan dan banyak lagi. Mainan dan barang-barang yang berada di museum ini berasal dari 40 negara dari tahun 1840-an hingga 1980-an, dan terbagi pada empat tingkat tematik di museum (Outerspace, Characters, Childhood Favourites dan Collectibles).

Courtesy of Visit Singapore
Courtesy of Visit Singapore

Penulis: Gefanya Soeharsono