Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapa Anda Begitu Peduli dengan Hubungan Selebriti yang Kandas?

Apakah semua ini hanya sekadar hubungan parasocial atau memiliki arti yang lebih dalam? Allie Jones menyelidiki.

Mengapa Anda Begitu Peduli dengan Hubungan Selebriti yang Kandas?
Courtesy of BAZAAR US

Awal bulan ini, hal yang tak terpikirkan terjadi: pasangan selebriti yang menarik dan tak tergoyahkan mengumumkan bahwa mereka akan bercerai setelah 5 tahun menikah dan 16 tahun bersama. Bintang film Aquaman, Jason Momoa, mengunggah di Instagram bahwa dia dan istri tercintanya, Lisa Bonet, telah "berpisah."

Dalam pengumuman itu dia menulis, “Kita semua telah merasakan tekanan dan perubahan dari masa-masa transformasional ini. Sebuah revolusi sedang berlangsung, kita merasakan dan tumbuh dari pergeseran seismik yang terjadi, dan keluarga kami tidak terkecuali. Jadi kami mengumumkan berita keluarga kami bahwa saya dan Lisa akan berpisah. Kami mengumumkan ini bukan karena kami pikir layak untuk diberitakan tetapi agar ketika menjalani hidup kami masing-masing, kami dapat melakukannya dengan bermartabat dan jujur. Cinta di antara kami akan terus berlanjut, berkembang dengan cara yang ingin kami ketahui kedepannya. Kami membebaskan satu sama lain untuk menjadi seperti yang kami pelajari.”

Baca juga: Lisa Bonet dan Jason Momoa Mengakhiri Pernikahan Mereka

Curahan kesedihan dari para penggemar sangat cepat, dan mungkin pasangan itu tidak sanggup sehingga Jason akhirnya menghapus postingan-nya dan semua komentar sedih dari para penggemar di bawahnya.

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Reaksi terhadap perpisahan ini mengejutkan, setidaknya bagi saya, mengingat bahwa semua orang di Amerika baru mempelajari definisi kata parasocial tahun lalu, ketika komedian John Mulaney mengumumkan bahwa dia menceraikan istrinya, Anna Marie Tendler, memicu kesedihan dari pihak penggemar yang menganggap pernikahannya sebagai sesuatu yang sempurna dan tak tergoyahkan.

Lalu kemudian, mereka mempelajari definisi kata itu lagi beberapa bulan kemudian, ketika John membuat pengumuman kedua bahwa dia dan aktris Olivia Munn sedang mengharapkan bayi bersama.

Psikolog amatir di TikTok memperingatkan kami bahwa mungkin tidak bijaksana untuk merasa terlibat dalam hubungan cinta selebriti yang belum pernah Anda temui, tetapi peringatan itu dihiraukan secara menyeluruh. Jika dengan mengikuti proses hubungan pribadi John pada tahun 2021 yang bagaikan menaiki rollercoaster secara emosional tidak menghentikan para penggemar untuk berhenti merasa terikat pada hubungan pribadi selebriti, maka tidak akan ada satu pun yang bisa.

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Mengapa kita seperti ini? Nah, salah satu alasannya adalah beberapa perceraian selebriti menjadi begitu "dekat" di depan umum sehingga sulit bagi penggemar untuk memahami mengapa pasangan itu bercerai dari awal. Saat para selebriti papan atas membiarkan drama mereka diputar di pers (seperti Brad Pitt dan Jennifer Aniston, Nick Lachey dan Jessica Simpson, Nicole Kidman dan Tom Cruise), rasa ketenangan baru muncul lagi setelah pengumuman perceraian sejak Gwyneth Paltrow mengatur tren dengan "conscious uncoupling" dari Chris Martin pada tahun 2014.

Sekarang, para sosok ternama bersaing untuk mengatakan hal-hal yang lebih baik tentang orang-orang yang tampaknya tidak tahan lagi mereka temui setiap hari. Seperti Jason Momoa dan Lisa Bonet, beberapa pasangan memutuskan untuk berpisah selama pandemi ini, dan banyak dari mereka mengumumkan keputusan tersebut dengan menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang yang mungkin juga cukup mengherankan.

Ketika aktris Kate Bosworth mengungkapkan bahwa dia telah berpisah dengan suaminya, sutradara Michael Polish, dia melakukannya dengan menulis puisi tentang betapa mereka masih saling mencintai melalui Instagram. Di samping foto hitam-putih pasangan itu yang berciuman sambil tersenyum, ia menulis, “Hati kami dipenuhi rasa cinta, karena kami tidak pernah begitu terpikat dan merasa bersyukur atas satu sama lain seperti yang kami lakukan dalam keputusan untuk berpisah ini… Kami berpegangan tangan erat-erat hari ini seperti saat kami berpegangan di hari pernikahan kami. Mata kami saling menatap lebih dalam, dan lebih berani sekarang. Dalam proses melepaskan, kami telah mengakui bahwa cinta kami tidak akan pernah berakhir.”

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Membaca ini, saya bingung sejenak tentang apa yang sebenarnya ingin dikatakan Kate: Apakah mereka masih bersama? Atau dalam proses memperbaiki hubungan mereka? Ternyata, jawabannya tidak. Tak lama kemudian kabar beredar bahwa Kate Bosworth berkencan dengan sesama pemain film, Justin Long. Tetapi mereka yang terjebak dalam kisah cinta epik Kate Bosworth dan Michael Polish harus dimaafkan karena Kate mengulurkan harapan berlebih untuk rekonsiliasi.

Menurut Sally Theran, Ph.D., seorang profesor psikologi di Wellesley College yang meneliti keterikatan parasocial, wajar bagi kami untuk berharap para pasangan selebriti bersatu kembali setelah putus cinta (atau tetap bersama dan tidak berpisah). "Ketika Anda memiliki hubungan parasosial dengan seseorang, Anda memandang mereka dan mengidealisasikan mereka dalam beberapa cara," ujar Sally. “Hasilnya, Anda benar-benar ingin orang itu bahagia dan sukses dalam segala hal… Harapan Anda agar hubungan mereka berhasil adalah manifestasi dari semacam pemenuhan keinginan untuk diri Anda sendiri.”

Sally mengutip fakta bahwa beberapa penggemar masih mengharapkan Brad Pitt dan Jennifer Aniston untuk menemukan jalan agar kembali bersama, serta kegembiraan luar biasa oleh publik setelah mengetahui bahwa Ben Affleck dan Jennifer Lopez memutuskan untuk berusaha memperbaiki hubungannya lagi tahun lalu. "Jika Anda tidak bahagia dalam beberapa aspek kehidupan," maka kisah sukses sebuah hubungan dapat membantu Anda menemukan harapan untuk diri sendiri, ucap Sally. “Setidaknya Anda bisa melihat sosok-sosok ternama yang berkembang dengan pesat dalam aspek ini di hidupnya.”

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Media sosial hanya meningkatkan keterikatan penggemar dengan para selebriti dan memungkinkan mereka untuk merasa lebih terlibat dengan kehidupan pribadi mereka. Saat ini, pasangan selebriti papan atas (dan lebih lagi, selebriti yang tak begitu terkenal) menghabiskan berjam-jam mengunggah konten setiap minggu untuk membuat pengikut Instagram mereka merasa ketagihan. Sebagai contoh, aktris Kristen Bell dan aktor Dax Shepard: selama hubungan romantis mereka, mereka berbagi detail intim yang tak terhitung jumlahnya tentang satu sama lain di Instagram dan dalam wawancara, dari seberapa sering mereka berhubungan intim, bagaimana mereka menjadi orang tua, hingga apa yang mereka teriak kepada satu sama lain ketika sedang berkelahi - membuat para penggemar peduli pada mereka sebagai pasangan dan tidak memandang mereka sebagai dua jutawan yang berbagi tentang kehidupan pribadi yang terlalu detail di media sosial. “Media sosial tampaknya telah membuat penggemar lebih terlibat dalam kehidupan idola mereka, hanya karena kami merasa telah meningkatkan akses ke kehidupan mereka,” ujar Sally. 

Sebagai seseorang yang telah menulis tentang kabar selebriti dan media tabloid selama beberapa tahun, saya pikir saya kebal dari benar-benar merasa terikat secara pribadi dalam hubungan selebriti apapun. Akan tetapi kemudian saya ingat malam di tahun 2016 ketika saya menjatuhkan ponsel saya di sebuah restoran, memecahkan layar, setelah membaca judul besar pada sebuah media bahwa Drew Barrymore menceraikan suami ketiganya, konsultan seni Will Kopelman. Mereka tampak begitu serasi! Saya pikir Drew akhirnya memiliki keluarga yang selalu dia inginkan! Namun, seperti penggemar lainnya, saya salah.

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Ini adalah jebakan yang terlalu umum, ungkap Sally. Informasi yang dibagikan selebriti mengenai hubungan mereka di media sosial atau melalui "sumber" yang berbicara di tabloid, tentu saja, hanya satu bagian dari cerita. Bagi beberapa pasangan, putus hubungan adalah tindakan terbaik, tidak peduli seberapa terpikatnya mereka satu sama lain di Instagram. Namun dalam waktu yang tidak pasti, masih sangat menggoda untuk mengharapkan akhir yang bahagia. Jadi, Bazaar mengalihkan perhatian ke Bennifer.

Baca juga:

10 Pasangan Selebriti Paling Serasi Tahun 2021

Resmi! Jennifer Lopez dan Alex Rodriguez Telah Mengakhiri Pertunangan Mereka

Penulis: Allie Jones; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR US