Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Wajah Asia dalam Dunia Mode Membagikan Pengertian Di Balik Tahun Macan bagi Mereka 

Perancang, pengarah gaya, dan influencer menjelaskan dengan penuh energi apa yang diharapkan di tahun ini.

12 Wajah Asia dalam Dunia Mode Membagikan Pengertian Di Balik Tahun Macan bagi Mereka 
Courtesy of BAZAAR US

Tahun Baru Imlek selalu menjadi waktu yang menyenangkan yang diisi dengan makanan keberuntungan dan amplop merah berisi uang tunai. Tetapi bagi banyak orang Asia, liburan tahun ini memiliki makna khusus setelah tahun 2021 yang dikacaukan oleh rasisme anti-Asia yang dipicu pandemi.

“Kita harus, tanpa malu-malu, merayakan warisan kita, karena kegembiraan adalah bentuk pemberontakan yang paling tangguh dan radikal,” pungkas aktivis Amanda Nguyen, pendiri Rise, yang telah blak-blakan tentang menarik kesadaran akan serentetan kekerasan baru-baru ini dan menyoroti keberhasilan masyarakat.

Baca lagi: Peruntungan Karier dan Bisnis Sesuai Shio Anda di Tahun 2022 dari Ahli Feng Shui

Hari raya ini dirayakan oleh negara-negara di Asia Timur seperti China dan Korea serta negara-negara Asia Tenggara termasuk Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Setiap tahun diwakili oleh hewan (ada 12) dan elemen alam (total lima), dengan siklus berulang dari waktu ke waktu. Tahun 2021 adalah tepat, Kerbau Logam—saat untuk kerja keras dan tantangan yang bertahan lama. 2022 mengantar Macan Air, hewan yang melambangkan vitalitas, kekuatan, dan agresivitas yang pemarah. (Elemen air menjinakkan keganasan alami dari kucing besar.)

Kami bertemu dengan 12 desainer, pembeli, influencer, dan orang-orang fashion keturunan Asia lainnya untuk menanyakan apa arti Tahun Macan Air bagi mereka, dan apa yang mereka harapkan untuk 12 bulan ke depan.

Baca terus untuk jawaban mereka.


1. Phillip Lim, desainer 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Macan melambangkan perubahan lewat keberanian dan ketangguhan. Ini adalah rasa pelindung dari kemanusiaan kita. Itu mengingatkan kita untuk melindungi apa yang paling berharga dalam hidup, yaitu satu sama lain.

Kita perlu menyatukan komunitas dengan menggunakan setiap kesempatan yang kita bisa untuk menciptakan pemahaman tentang warisan dan pengalaman satu sama lain. Melalui proses inklusif-lah kita dapat benar-benar menghargai apa yang membuat keluarga manusia kita begitu istimewa.


2. Tina Leung, pengarah gaya dan influencer 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Saya ingin Tahun Macan menjadi waktu di mana kita tidak bersembunyi dari siapa kita sebenarnya, di mana kita bisa berkembang sebagai sebuah komunitas. Kami telah melalui begitu banyak pada tahun 2021 sehingga kami merasa seperti kami pantas mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan yang lebih baik.

Saya menantikan peluang baru dan juga menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga terdekat saya, yang merupakan sesuatu yang didambakan semua orang setelah dua tahun terisolasi di masa pandemi.


3. Gia Kuan, publisis 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Tahun Macan merupakan tahun yang penting bagi saya, karena saya lahir di Tahun Macan Api. Saya baru bisa melihat orang tua saya untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, dan sangat istimewa menghabiskan waktu bersama mereka di New York selama beberapa bulan terakhir.

Itu membuat saya berpikir tentang orang-orang terkasih dan betapa cepatnya waktu berlalu. Anda harus mengomunikasikan bahwa Anda mencintai mereka apa pun yang terjadi! Saya akan melakukan lebih dari itu di tahun mendatang, dan saya juga akan mencoba meluangkan waktu untuk diri saya sendiri.

Terakhir, saya berharap untuk terus hidup tanpa rasa takut. Tidak peduli tahun berapa, itu menjadi prioritas nomor satu saya.


4. Joe Zoe, fashion personality

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Jika kita dapat menghentikan mentalitas “pekerja keras, bekerja keras di ladang” Tahun Kerbau, saya siap untuk apa yang dilambangkan tahun ini: keganasan, keuletan, ketangguhan, keberanian, dan kekuatan. Itu yang kita semua butuhkan saat kita memasuki tahun 2022.

Komunitas saya telah melalui masa-masa sulit baru-baru ini dengan kebencian dan kekerasan keji yang ditargetkan pada kami tanpa alasan selain menjadi diri kami sendiri. Saya sangat bangga melihat kami bersatu dan berdiri untuk melawan ini, tapi itu baru permulaan. Saya berharap bahwa sifat-sifat yang berapi-api, bersemangat, memberontak yang telah datang untuk menandai Macan akan membawa kita ke tahun baru ini dengan kepercayaan diri yang lebih kuat untuk membuat wajah kita terwakili, ketidakadilan kita diluruskan, dan suara kita didengar. Sebagai pemimpin hutan yang emosional dan tenang, Macan milik kami sudah siap.


5. Sandy Liang, desainer 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Saya dan keluarga saya akan memasang macan lucu di pintu depan kami. Tahun Macan juga berarti saudara perempuan saya harus memakai gelang jimat keberuntungan merah selama beberapa bulan, karena dia lahir di bawah hewan yang sama, yang dianggap kurang menguntungkan.

Saya berharap untuk hal yang sama setiap saat: bahwa kita terus memiliki keluarga yang sehat dan bahagia.


6. CeCe Vu, TikTok lead, fashion dan kecantikan

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Tahun Baru Imlek ini, atau Tết (sebagaimana kami menyebutnya di Vietnam), saya menghormati simbol tradisional kami tentang awal yang baru: bunga sakura yang bermekaran, pakaian baru, dan rumah yang bersih.

Saya menghabiskan pagi hari tanggal 31 Januari denga FaceTiming orang tua saya di Vietnam, karena Tahun Baru mereka terjadi 15 jam sebelum saya. Kami bertukar doa untuk kesehatan, keberuntungan, dan, yang paling penting, reuni keluarga segera pada tahun 2022. Konteks trauma kolektif kami telah mendekatkan kami, dan kami telah tumbuh untuk menghargai waktu kami bersama sebagai sebuah keluarga, terutama selama masa-masa sulit, liburan penting seperti Tết.


7. Prabal Gurung, desainer 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Saya berharap Tahun Macan memberi kita kekuatan, keberanian, dan kebijaksanaan untuk memahami ketidakkekalan kebebasan kita sehari-hari. Bagi saya, tahun baru menandakan waktu untuk merenung dan bersukacita dalam momen-momen sederhana, untuk merayakan komunitas kita, dan untuk menghormati keluarga.


8. Siying Qu, Creative Director di Private Policy 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Saya ingin menyalurkan semangat Macan dan menjadi berani dan percaya diri, namun melakukannya dengan anggun, yang menurut saya adalah cara orang Asia untuk menjadi "garang". Energi ini sangat dibutuhkan setelah dua tahun yang panjang perjuangan mental dan fisik dengan pandemi. Saya telah menyaksikan kebencian, tetapi juga persatuan yang luar biasa, jadi saya ingin memasuki tahun baru ini dengan energi seperti Macan.


9. Christine Chiru, sosok ternama sekaligus produser Bling Empire 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Saat kita menutup tahun 2021, tahun ketika banyak orang mengalami kebencian, kekerasan, kematian, dan kesengsaraan pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya, kita harus mengambil dorongan dari hal-hal positif yang dibawa oleh Tahun Macan. Dalam tradisi dan mitologi Tionghoa, Macan adalah raja hutan. Dia tangguh menghadapi kesulitan dan kesulitan. Dengan keberanian yang tak tertandingi, dia melawan.

Mengingat kekuatan dan daya tahan tidak hanya nenek moyang saya, tetapi komunitas saya, menginspirasi saya untuk berjuang melalui apa yang saya harap akan menjadi akhir dari pandemi ini. Ini memberdayakan saya untuk berdiri melawan kebencian dan ketidaktahuan yang masih membayangi, dan memaksa saya untuk mencontohkan karakteristik Tiger tentang keuletan, ketabahan, dan keberanian untuk ditiru oleh putra saya. Ayah saya adalah Harimau, dan meskipun saya lahir di Tahun Anjing, saya berharap menjadi ibu Macam untuk Bayi G dalam arti kata yang terbaik. 


10. Humberto Leon, pendiri Opening Ceremony 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Kita hidup di saat di mana kita perlu membuat jalan kita sendiri dalam hidup, dan saya pikir Tahun Macan adalah waktu untuk melakukannya, terutama dengan hewan yang mewakili kekuatan, keberanian, dan ketahanan. Kita tidak perlu mengasimilasi, tetapi membawa budaya kita ke dalam narasi yang lebih besar.


11. Caroline Maguire, Fashion Director di Shopbop 

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Saya sangat bersemangat untuk merayakan Tahun Macan, hewan yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan keberanian—semua hal yang akan disetujui oleh ibu Macan seperti saya! Saya dan keluarga saya akan merayakan di rumah dengan gaya Maguire sejati dengan berpakaian merah untuk menarik energi yang baik dan memesan takeout dari restoran China NYC kami.

Kami menyukai Dim Sum Go Go untuk pangsitnya, karena memakannya melambangkan kekayaan dan keberuntungan. Kami juga akan memesan dari Joe's Shanghai, khususnya pangsit sup ikonik mereka dan Chilean ikan bas, karena makan ikan utuh membawa kemakmuran. Mie dari sana juga wajib, karena mewakili umur panjang dan kebahagiaan.


12. Elizabeth von der Goltz, Chief Commercial Officer di Matchesfashion

Courtesy of BAZAAR US
Courtesy of BAZAAR US

Tahun lalu adalah tahun yang sulit untuk semua orang, dan saya tidak terkecuali. Saya membuat perubahan besar secara profesional, dan baik suami saya maupun saya memiliki tantangan nyata dengan keluarga kami masing-masing dari segi kesehatan. Saya berharap Tahun Macan akan dimulai dengan raungan dan membawa kita semua kembali ke kehidupan yang lebih baik, selain memberi saya stabilitas pada tingkat pribadi. Tahun ini seharusnya sangat luar biasa bagi mereka yang lahir di Tahun Kerbau, yaitu saya, jadi saya tetap positif dan menantikan semua cinta, kesehatan, dan kemakmuran yang dijanjikan tahun ini.

Baca lagi:
15 Produk Kecantikan Special Edition untuk Rayakan Tahun Baru Imlek 2022
Rayakan Tahun Baru Imlek di 10 Restoran Hotel Bintang Lima Jakarta Ini

(Penulis: Diana Tsui; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Sabrina Sulaiman, Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of Bazaar US)