Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kate Middleton yang Dikenal Atletis Terlihat Bermain Rugby dalam Agenda Kerja Terbarunya

Ia mengambil alih dua patronase milik Pangeran Harry sebelum sang pangeran mundur dari kehidupan kerajaan.

Kate Middleton yang Dikenal Atletis Terlihat Bermain Rugby dalam Agenda Kerja Terbarunya

Dari hari-harinya di tim hoki universitas hingga menghadapi juara tenis Emma Raducanu di lapangan tahun lalu, bukan rahasia lagi bahwa Duchess of Cambridge atau Kate Middleton menyukai olahraga. Sekarang, Istana Kensington telah mengumumkan bahwa Kate menjadikan rugby sebagai bagian dari tugas resminya, mengambil alih dua badan yang sebelumnya dipegang oleh Pangeran Harry sebelum dirinya mundur dari kehidupan kerajaan.

Baca juga: Willam & Kate Mendedikasikan Tamasya Pertama Mereka di tahun 2022 untuk Anak-Anak Inggris

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada tanggal 2 Februari kemarin, seorang juru bicara mengonfirmasi bahwa badan Liga Sepak Bola Rugby dan Serikat Sepak Bola Rugbi telah dialihkan kepada Kate oleh ratu karena “sangat selaras dengan kecintaan lama Yang Mulia untuk olahraga serta manfaat yang dapat diberikannya, baik di dalam komunitas maupun di tingkat individu.”

Saat berita itu tersiar, Kate membagikan pesan pribadi di media sosialnya dengan menulis, “Saya sangat senang menjadi pelindung dari badan Liga Sepak Bola Rugbi dan Serikat Sepak Bola Rugbi. Saya berharap dapat bekerja sama dengan mereka di semua level permainan dan untuk mendukung Inggris dalam apa yang dijanjikan akan menjadi tahun yang menarik untuk kedua olahraga tersebut! C." Keterangan itu disertai klip optimis yang menunjukkan sang bangsawan berpakaian Sweaty Betty dan melempar bola rugby ke arah pemain dari latar belakang yang berbeda.

Kate tidak menyianyiakan waktu untuk langsung terjun ke peran barunya. Ia dilaporkan menghabiskan Rabu pagi di Stadion Twickenham London, salah satu stadion rugby terbesar di dunia. Momen tersebut adalah kesempatan untuk bertemu dengan pemain tim rugby Inggris, pelatih, hingga wasit, serta mengikuti sesi pelatihan yang berlangsung di lapangan.

Kemewahan kerajaan ditinggalkan di ruang ganti untuk kunjungan itu, dengan Kate tiba di atas lapangan rugby Inggris dengan mengenakan legging olahraga hitam dan sepatu kets. "Hadir! Saya sudah memakai perlengkapan saya,” jawabnya ketika ditanya apakah ia siap bermain. “Saya sangat bangga bisa berada di sini,” ujar Kate kepada pemain Inggris. Elliot Daly. “Saya harus banyak belajar.”

Sepertinya Kate sudah melakukan sedikit latihan, memamerkan kemampuannya untuk menjatuhkan bola dan bahkan melakukan scrum rugby dengan para pemain wanita, yang dengan mereka ia kemudian mengobrol tentang bagaimana pandemi telah berdampak pada olahraga di seluruh dunia. 

Ketiga anak Kate, yakni Pangeran George, Pangeran Charlotte, dan Pangeran Louis tentu tidak diragukan lagi akan sangat senang ketika Ibu mereka kembali ke Istana Kensington. Para pemain memberinya mini kit Inggris sebagai hadiah untuk ketiga anak-anaknya. “Sekarang ada tren menuju olahraga kelompok, bukan hanya anak perempuan yang bermain bola jaring, tetapi olahraga lain seperti rugby juga yang sangat bagus. Mereka semua menikmatinya,” katanya tentang antusiasme anak-anaknya terhadap olahraga ini. "Louis adalah kamikaze, yang kami khawatirkan ketika ia bertambah tua, ia akan berada di tengah-tengah segalanya!"

Kate terkenal akan kecintaannya pada dunia olahraga. Pada kunjungan kerja kerajaan di masa lalu, ia kerap kali terlihat bermain tenis dan bola jaring, bersepeda, berlari, dan bahkan menikmati permainan ping-pong. Ia sudah menjadi pendukung untuk badan All England Lawn Tennis & Croquet Club (rumah Wimbledon) dan merupakan pendukung kerajaan dari badan amal SportsAid, yang membantu bintang olahraga masa depan dengan mendanai tahun-tahun awal masa karier mereka.

Berita tentang patronase Kate telah diterima dengan baik di dalam komunitas rugby. Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada Bazaar.com, Ralph Rimmer selaku chief executive officer Rugby Football League mengutarakan bahwa, “Kami benar-benar merasa terhormat dengan penunjukan The Duchess of Cambridge sebagai pendukung dari Kerajaan kepada Liga Sepak Bola Rugby. Kami senang menyambutnya saat kami bersiap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Liga Rugbi Pria, Wanita, Kursi Roda dan Disabilitas Fisik di Inggris pada musim gugur ini. Sejarah olahraga kami telah dibangun di atas komitmen untuk mengatasi ketidaksetaraan dan kami menghormatinya melalui fokus kami untuk memiliki dampak sosial yang positif melampaui lapangan. Kami berharap dapat bekerja sama dengan The Duchess di tahun-tahun mendatang, dan saya tahu semua level olahraga kami akan menyambutnya di keluarga Liga Rugby.”

Bill Sweeney yang merupakan chief executive officer dari Rugby Football Union juga turut menambahkan, “Ketika klub rugby telah dibuka kembali di seluruh negeri, para pemain, staf, dan sukarelawan merayakan kembali momen permainan bersama-sama. Dan kami tahu dukungan The Duchess akan sangat dihargai oleh klub-klub akar rumput kami dan permainan wanita dan putri yang berkembang pesat, hingga tim elit Inggris Pria dan Wanita kami.”

Akhir bulan ini, Kate dijadwalkan akan menghadiri Kejuaraan Enam Negara untuk pertandingan Inggris melawan Wales di Stadion Twickenham. Dan ia tampaknya akan duduk tepat di sebelah saingannya pada pertandingan yang berlangsung pada tanggal 26 Februari (saingannya adalah Pangeran William yang merupakan pendukung untuk badan Welsh Rugby Union!) “Kami sangat kompetitif,” sang bangsawan mengakui kepada para pemain Inggris di hari Rabu kemarin. “Fakta bahwa kami sekarang mendukung dua tim yang berbeda akan membuat segalanya menjadi semakin menarik.”

Baca juga:

Pangeran William Beberkan Bahwa Ketiga Anaknya adalah Penggemar Berat Video Game

Duchess Kate Mengenakan Busana Bernuansa Cokelat Karamel untuk Penampilan Kerajaan Terbarunya

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)